You are on page 1of 25

Kemunculan dan

Kepunahan
Organisme
OLEH :
KELOMPOK 2

A. Kemunculan Kelompok
Organisme

Kehidupan dimulai sejak
kapan?

Diduga 700 juta tahun yang
lalu kehidupan mulai ada
berdasarkan data yang didapat
dari fosil.

Diduga habitat yang mungkin adalah air

Dihuni oleh prokariot dan organisme bersel satu

sedangkan era terbagi dalam periode dan periode terbagi menjadi unit yang lebih kecil disebut zaman.Menurut ahli geologi. dan cenozoik. sejarah bumi dapat dibedakan dalam banyak unit waktu. Unit waktu terbesar disebut era. Pengetahuan akan kehidupan di bumi dikumpulkan dari bukti fosil terutama mulai dari era paleozoik. . mulai 250 juta tahun sampai 150 juta tahun lalu. mesozoik. Era mesozoik atau era kehidupan pertama dikenal sebagai masa reptilia. Era palezoik atau masa kehidupan kuno kira-kira 550 juta tahun sampai 300 juta tahun lalu. sedangkan era cenozoik adalah era kehidupan kera atau masa mamalia dimulai kira-kira 65 juta tahun lalu.

Anggota tertua filum Chordata yang dapat dikenali dari jaman Kambrium adalah makhluk laut yang disebut Pikaia. Namun. pada pandangan pertama. batasnya dipatok pada fosil pertama metazoa. belakangan berhasil diidentifikasi beberapa ratus taksa metazoa Prekambium melalui studi sistematik yang dimulai sejak 1950-an.Kemunculan pertama metazoan Pada abad ke-19. Kemunculan pertama chordate Chordata munculpadajaman kambrium. mengingatkan kita pada cacing Pikaia . yang tubuh panjangnya.

Tulang belakangnya rawan dan tubuhnya terlindung sisik.Bernafasnya melalui insang berkantung di kedua sisi kepala. Vertebrata berahang pertama yakni plakodermata. .Kemunculan pertama ikan Vertebrata pertama muncul pada akhir Zaman Ordovisium (420 juta tahun yang lalu).Siripnya belum seperti ikan sekarang. dan disebut ostrakodermata.5 juta tahun yang lalu) Plakodermata dan ostrakodermata sering digolongkan sebagai ikan. mirip ikan. muncul pada Zaman Silur (1.Vertebrata ini tidak berahang.

Semasa periode Devon.Migrasi ke daratan terus berlanjut. . hewan amfibi mulai berkembang dan beranjak ke daratan.Kemunculan Amfibi Zaman Devon merupakan zaman perkembangan secara besar-besaran jenis ikan berahang dan hiu semakin aktif sebagai pemangsa di lautan. ikan pertama kali berevolusi dan memiliki kaki serta mulai berjalan di darat sebagai tetrapoda sekitar 365 juta tahun yang lalu.

mendekati akhir periode Mississippian. pendengaran. Teori Kemunculan & Kepunahan Reptilia Reptil pertama adalah mahkluk yang menyerupai kadal yang berkembang sekitar 330 juta tahun yang lalu. Reptil adalah perkembang dari binatang amphibi dan bentuknya menyerupai amphibi Kemunculan reptil ditandai dengan :  Terbentuknya telur amniota (berdinding ganda)  Kulit tubuh ditutupi perisai atau sisik  Sistem eksresi yang terpisah  Adanya anggota gerak  Adanya alat indera yang jauh lebih baik (Penglihatan. B. penciuman dan pengecapan) .

Terbentuknya Telur Amniota Asal-usul terbentuknya telur amniota :  Terbentuknya kapan tidak diketahui karena sedikitnya data fosil  Kapur dan selaput amnion mengharuskan fertilisasi internal sebagai satu-satunya alternatif reproduksi  Sel telur berdinding kapur harus dapat menghubungkan embrio dengan dunia luar untuk pertukaran gas  Membran amnion berguna untuk menangkap oksigen yang msuk melalui dinding kapur tsb  Digantikannya insang dengan paru-paru  Adaptasi alat indera ketika reptil naik ke daratan  Mata yang dilindungi membran nictitan digantikan dengan mata yang berkelopak  Alat pendengaran yang sebelumnya ada pada rahang bawah digantikan dengan telinga . C.

000 tahun yang ditandai dengan adanya manusia purba . Zaman kuarter sendiri juga terbagi menjadi zaman Holocen (Holosin) dan zaman pleistocen.Kemunculan Manusia Purba Zaman Kuarter berlangsung sekitar 600. yang ditandai dengan munculnya manusia purba.000 tahun yang lalu.Era Pleitosen (deluvium) atau Zaman Es berlangsung kira-kira 600.

Spesies akan punah bila mereka tidak bisa bertahan saat ada perubahan pada ekologi mereka ataupun ketika persaingan semakin ketat dengan makhluk hidup lain yang lebih kuat.d. para ilmuwan menyepakati lima peristiwa kepunahan missal terbesar atau dikenal dengan sebutan “The Big Five”.Kepunahan Kepunahan dalam biologi berarti hilangnya keberadaan dari sebuah spesies atau sekelompok takson. Dalam perjalanan sejarahnya. •Ordovisum Akhir | ~460 juta tahun lalu •Devon Akhir | ~380 juta tahun lalu •Permo-Trias | ~260 s.d. 250 jutatahunlalu •TriasAkhir | ~236 s. Namun dari semua peristiwa kepunahan missal itu. 202 juta tahun lalu\ •Kapur-Paleogen | ~65 juta tahun lalu . bumi mengalami banyak peristiwa kepunahan.

Lalu. Kepunahan Peristiwa kematian massal pada periode permian merupakan kejadian yang paling buruk dalam sejarah bumi. apa penyebabnya? . D. saat itu sekitar 75% organisme punah.

Teori Penyebab Kepunahan 1. Teori Pergerakan Benua dan Terbentuknya Pangea Jumlah panjang pantai menjadi pendek sehingga menyebabkan sejumlah organisme laut yang hidup di air dangkal punah Adanya satu daratan menyebabkan timbulnya perubahan cuaca yang drastis .

Teori Penyebab Kepunahan 2. Teori Vulkanisme Mempengaruhi sebagian muka bumi Menyebabkan perubahan cuaca yang drastis Menimbulkan penyakit .

Teori Metorit atau Supernova Menimbulkan gempa bumi sehingga cuaca berubah Debu bintang akibat ledakan supernova menimbulkan kegelapan dan magnetik bumi sehingga merubah poros bumi Meteorit atau supernova membawa unsur logam berat (iridium) yang beracun bagi kehidupan bumi . Teori Penyebab Kepunahan 3.

Teori Penyebab Kepunahan 4. Teori Glasiasi Menurunnya suhu bumi menyebabkan kedinginan dan kelaparan Adanya jaman es menimbulkan kematian massal bagi organisme yang tidak mampu beradaptasi dengan suhu yang sangat dingin Menurunnya suhu bumi memperluas lingkaran kutub menjadi beberapa kilometer menyebabkan kematian organisme disekitar daaerah tersebut .

meninggalkan daerah dataran tinggi saja dan menjadikan Indonesia berbentuk kepulauan. Hal ini menyebabkan banyaknya organisme yang punah . Teori Penyebab Kepunahan 5. Adanya Air Bah Ketika glasiasi berkahir maka seluruh daratan sunda dan daratan suhul terendam air.

Teori Epidemi atau Pandemi Ketika glasiasi berakhir selain memusnahkan organisme juga menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh adanya pembusukan besar-besaran dan penyakit berkembang dengan pesat karena sanitasi yang buruk sehingga menimbulkan infeksi pada organisme disekitarnya . Teori Penyebab Kepunahan 6.

Teori Penyebab Kepunahan 7. Teori Naiknya Suhu Muka Bumi Jumlah CO2 yang sangat besar menyebabkan temperatur muka bumi naik. . Sehingga pemanasan pada siang hari akan tetap tertahan pada malam hari dengan demikian udara bertambah panas.

Teori Radiasi Ultraviolet dan Lubang Ozon Masuknya radiasi ultraviolet dan adanya lubang ozon dapat menyebabkan mutasi pada organisme karena kemampuannya menembus dan memotong-motong DNA. Teori Penyebab Kepunahan 8. Sehingga menimbulkan kerugian yang menyebabkan kepunahan. .

Dari kesebelas penyebab terjadinya kepunahan hanya tiga penyebab utama yang tidak memengaruhi perubahan temperatur muka bumi secara umum. Teori Kepunahan Massal . Teori Penyebab Kepunahan 9. penyu dan kura-kura adanya over harvesting dan over exploiting 11. Teori Berkembangnya Mamalia Kecil Setelah Perubahan Temperatur Global Mamalia mulai berkembang tidak lama setelah reptilia 10. Teori Campur Tangan Manusia Pada buaya. Mamalia dan Manusia . kecuali manusia pada zaman modern yaitu Epidemi.

melainkan mengubur didalam tanah  Reptil mempunyai determinasi seks yang bergantung pada suhu  Mamalia adalah ancaman untuk reptil karena kenaikan suhu bumi tidak akan mempengaruhi terjadinya organisme pokiloterm .Lalu mengapa naik turunya temperatur bumi berpengaruh pada kepunahan reptilia? Berikut penyebabnya :  Reptil tidak mnegerami telur.

mamalia dapat aktif pada siang dan malam hari sedangkan reptil terbatas . Sedangkan mamalia dapat mengatur suhu tubuh meski dalam situasi dingin atau panas  Persaingan. Jika suhu bumi naik reptil akan bersembunyi jika tidak mereka akan hiperaktif sehingga membutuhkan lebih banyak energi dan ketersediaan mangsa menjadi pokok permasalahan.

 Telur reptil merupakan mangsa bagi mamalia dan reptil yang lebih besar. Sedangkan mamalia tidak bertelur  Mamalia menjaga anaknya. Sedangkan reptil tidak .

Keberadaan organisme memiliki masanya masing- masing dan kemunculannya dapat terjadi karena adanya relung baru atau relung yang ditinggalkan Proses kemunculan dan kepunahan merupakan pola dari muka bumi karena bumi sebagai suatu benda yang dinamis Bumi yang kita huni sekarang sebelumnya tidak stabil sehingga ada banyak perubahan yang menyebabkan kepunahan massal .