You are on page 1of 17

MUTU PELAYANAN

RUMAH SAKIT (2)

Materi 9
Manajemen RS
Smt 7 - AKK

pemeliharaan mutu. . KONSEP MANAJEMEN MUTU TERPADU . Konsep manajemen mutu terpadu (Total quality management / TQM) = pendekatan manajemen untuk memadukan upaya-upaya pengembangan mutu. dan peningkatan mutu dari berbagai kelompok dalam organisasi untuk menghasilkan produk-produk yang paling ekonomis serta terpenuhinya kepuasan konsumen.

Terpadu (total) = mutu menjadi bagian integral dari setiap fase atau proses dalam organisasi. Mutu dirancang ke dalam produk dari proses. dengan tumbuhnya saling berkaitan dan ketergantungan satu sama lain 2. mutu mengalir dari proses. jika mengadopsi TQM maka mutu didasarkan pada kebutuhan pelanggan.KONSEP MANAJEMEN MUTU TERPADU . dan membudaya dalam organisasi . bukan atas dasar ukuran atau parameter dari suatu produk. Mutu (quality) = inti dari TQM. ada 3 kunci dalam TQM = 1.

ada 3 kunci dalam TQM = 3.KONSEP MANAJEMEN MUTU TERPADU . Manajemen = bagian yang penting sekali dari konsep TQM. maka dorongan untuk TQM harus dari unsur pimpinan puncak .

Memusatkan perhatian pada upaya untuk memuaskan pelanggan 2. Melakukan perbaikan secara berkelanjutan dalam jangka panjang dan dalam seluruh proses dan output organisasi 3.KONSEP MANAJEMEN MUTU TERPADU . Prinsip dasar TQM = 1. Mengambil langkah-langkah untuk melibatkan seeluruh karyawan dalam upaya memperbaiki mutu .

Trilogi Juran : 1. yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. terdiri = . Perencanaan mutu (quality planning) = kegiatan pengembangan produk dan proses.mengidentifikasi pelanggan . Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian universal.menentukan kebutuhan pelanggan .menetapkan tujuan mutu .KONSEP MANAJEMEN MUTU TERPADU .mengembangkan ciri atau karakteristik produk atau jasa yang memenuhi harapan pelanggan .

Trilogi Juran : 2. Peningkatan mutu (quality improvement) = sarana untuk meningkatkan produk/jasa yang dapat bersaing di pasar dengan mengurangi tingkat kesalahan pada mutu produk/jasa. . Pengendalian Mutu (quality control) = proses pengawasan yang dilakukan oleh karyawan itu sendiri dalam menjalankan proses kegiatan untuk mencapai tujuan produk/jasa pelayanan yang sesuai standar yang ditetapkan 3.KONSEP MANAJEMEN MUTU TERPADU .

sehingga semua kebutuhan pelanggan dan tujuan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal dapat tercapai .MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT . . obat. Sesuai dengan pengertian mutu pelayanan kesehatan (Azrul Azwar) maka dapat disimpulkan mutu pelayanan merupakan kesesuaian pelayanan kesehatan dengan standar profesi dengan memanfaatkan sumber daya secara baik. jenis tenaga yang tersedia. serta proses pemberian pelayanan. Mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit sangat dipengaruhi oleh kualitas fisik. alat kesehatan.

. Standar harus valid = ada kaitan yang kuat antara standar dengan hasil yang diinginkan .STANDAR PELAYANAN KESEHATAN . Bila standar dipatuhi maka hasil yang diinginkan bisa tercapai . Standar harus ditulis dengan jelas. sehingga petugas tidak salah menterjemahkan ke dalam pelayanan . Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah bila pelayanan tersebut dilaksanakan sesuai dengan standar yang ada.

Peran standar dalam penjaminan mutu pelayanan kesehatan sangat penting. . karena untuk dapat melakukan pendekatan penjaminan mutu dalam pelayanan kesehatan perlu dipahami apa yang dimaksud standar.STANDAR PELAYANAN KESEHATAN .

1990) .Standar = rumusan penampilan atau nilai yang diinginkan yang mampu dicapai. berkaitan dengan parameter yang telah ditetapkan (Slee.STANDAR PELAYANAN KESEHATAN . 1974) .Standar = keadaan ideal atau tingkat pencapaian tertinggi dan sempurna yang digunakan sebagai batas penerimaan minimal (Cllinical Practice Guideliness. 1981) .Standar = kisaran variasi yang dapat diterima yang dirancang secara profesional berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan (Donabedian.

kriteria. ukuran. cita-cita. keinginan. 2010) .STANDAR PELAYANAN KESEHATAN . dan pedoman (Elly Erawati. patokan. Standar = pernyataan tertulis yang berisi spesifikasi atau rincian tentang sesuatu hal khusus yang memperlihatkan tujuan.

maka standar harus ditingkatkan dan begitu seterusnya hingga tercapai ketercapaian ideal dapat diwujudkan . Dalam pelayanan standar harus berkembang sesuai dengan konsep Kaize (continous improvement) = jika suatu standar yang sudah ditetapkan tercapai baik.STANDAR PELAYANAN KESEHATAN .

dicapai.Standar ideal harus memenuhi unsur-unsur : A (Audience) = subjek yang harus melakukan sesuatu atau pihak yang harus melaksanakan dan mencapai isi standar B (Behaviour) = apa yang harus dilakukan. atau dibuktikan C (competence) = kompetensi/ kemempuan/spesifikasi/ target atau kriteria yang harus dicapai D (degree) = tingkat/ periode/frekuensi atau waktu yang dibutuhkan . diukur.STANDAR PELAYANAN KESEHATAN .

tahun 2016 = D 3. Harus mencapai target pelayanan BPJS = B 4. Anatomi standar ini adalah : 1. Minimal 85% dari populasi = C . Setiap rumah sakit wilayah Jawa Tengah =A 2. pada era JKN setiap rumah sakit di wilayah Jawa Tengah pada tahun 2016 harus mencapai target pelayanan BPJS sebesar minimal 85% dari populasi.STANDAR PELAYANAN KESEHATAN . Contoh anatomi standar dalam pelayanan kesehatan dasar di rumah sakit wilayah Jawa Tengah.

fasilitas. organisasi. sumber dana. Standar Proses = berfokus pada interaksi profesi dengan pasien/konsumen/ masyarakat dan digunakan untuk menilai pelaksanaan proses pelayanan kesehatan dan merupakan kinerja pelayanan kesehatan . Standar Masukan (input atau struktur) = tenaga. peralatan.STANDAR PELAYANAN KESEHATAN .Jenis standar : 1. 2. bahan.

STANDAR PELAYANAN KESEHATAN .Jenis standar : 3. Standar Keluaran = ketentuan ideal yang menunjukkan pada hasil langsung pelayanan. sering disebut standar penampilan 4. Standar hasil = ukuran hasil intervensi pelayanan kesehatan terhadap konsumen/pasien/masyarakat. bukan pemberi pelayanan atau sarana pelayanan kesehatan . biasanya ditentukan oleh pihak ketiga.