You are on page 1of 13

Mengoperasikan Software Presentasi

A. Mengenal Software Presentasi
Software presentasi yang banyak digunakan adalah
Microsoft PowerPoint.
Aplikasi ini pertama kali dikembangkan oleh Bob
Gaskins dan Dennis Austin sebagai presenter untuk
perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian
mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.

1.Klik Ms.Pilih Ms.PowerPoint : * Keynote * Libre Office * Beamer (Latex) * Google Docs B. Macam-macam Software Presentasi selain Microsoft PowerPoint Berikut macam-macam software presentasi selain Ms. . Cara Mengaktifkan Ms.All Program . PowerPoint 2007.PowerPoint 2007 1.PowerPoint Klik Star . Mengenal Ms.Office .

Tab Home b.PowerPoint 2007 a. Macam-macam Tab pada Ms.2. Tab Design . Tab Insert c.

Tab Slide Show f. Tab Animations e.d. Tab Review .

g.PowerPoint yang masih default. Tab View 3. . Office Button * Tombol Dialog * Quick Access Toolbar * Slide Plane * Title Bar * Status Bar * Size Button * Zoom Level * Ribbon Tabs * Lembar kerja pada Ms. Bagian-bagian Pada Lembar Kerja Ms.PowerPoint 2007 * Ms.

dan posisi kertas orientasi lalu klik tombol OK. Mendesain Presentasi Menggunakan Ms. PowerPoint a. setelah muncul kotak dialog Page Setup tentukan bagian-bagian yang akan diatur seperti ukuran kertas. b. Menambah Slide Baru Klik pada Tab Home pilih New Slide atau tekan Ctrl+M. Mengatur Tampilan Halaman Slide Pilih Tab Design klik Page Setup pada group Page Setup. margin. Membuat Presentasi Ms.Power Point 2007 1.C. .

klik salah satu jenis font yang diinginkan dan setelah mendapatkan jenis font yang diinginkan tinggal klik. . pilih Font yang berada pada Tab Home group Font.c. pilih Tab Home. * Ctrl+R = untuk rata kanan. Pengaturan Bahan Presentasi 1) Perataan Teks * Ctrl+L = untuk rata kiri. blok tulisan yang berada pada slide. * Ctrl+E = untuk rata tengah. pilih ukuran yang diinginkan dan perubahan font akan terlihat setelah di-klik salah satu yang diinginkan. * Ctrl+J = untuk rata kanan kiri. 2) Pengaturan Jenis Font Pilih bahan presentasi yang sudah ada. 3) Pengaturan Ukuran Font Blok teks yang ingin diubah ukurannya. klik Size pada group Font.

pilih warna yang diinginkan pada kotak Themes Colors dan perubahan warna font akan nampak setelah dipilih warna yang diingikann. pilih Tab Home . 5) Pengaturan Bullets and Numbering Blok bagian yang ingin diberi efek Bullets and Numbeing. . pilih Tab Home. pilih Bullets and Numbering pada group Paragraph. untuk pengaturan Numbering pilih pada Tab Home-Paragraph dan tampilan akan berubah setelah di-klik salah satu pengaturan yang diinginkan.group Font .Themes Colors.4) Pengaturan Warna Font Blok teks yang ingin dilakukan perubahan.

setelah memilih salah satu gambar yang dikehendaki klik Insert Gambar dan fambar akan muncul pada slide presentasi.d. . Menyisipkan Berbagai Macam Objek dalam Tampilan Presentasi 1) Menyisipkan Header and Footer Pilih Tab Insert. klik Header and Footer pada group Text. pilih tombol Go untuk mendapatkan gambar yang diinginkan. Picture Pilih Tab Insert. 2) Menyisipkan Objek/Gambar pada Tampilan Presentasi a. muncul kotak dialog Header and Footer dan selesai. klik Ikon Picture. pilih Group Illustrations pilih ClipArt dan akan muncul kotak dialog ClipArt. ClipArt Klik Tab Insert. b.

akan muncul beberapa pilihan jenis tulisan dan klik salah satu kemudian klik pada slide yang sudah tersedia. AutoShapes Pilih Tab Insert-Shapes pada group Illustrations dan akan muncul kotak dialog shapes. SmartArt Pilih Tab Insert-SmartArt. c. e. setelah muncul kotak dialog chart pilih Column dan OK. . 3) Membuat Chart/Grafik Pilih Tab Insert klik Chart. WordArt Pilih Tab Insert-klik WordArt. setelah itu akan tampil beberapa bentuk bagan dan pilih salah satu klik OK. 4) Tabel Pilih Tab Insert klik Tabel pada kotak dialog. d.

klik kanan pada slide dan akan muncul pilihan Apply to All Slide. . 6) Menyisipkan Objek Klik Insert. pilih salah satu untuk menentukan background yang diinginkan. kemudian akan muncul kotak dialog Insert Objek. pilih salah satu lalu pilh OK.Office PowerPoint pilih Automatically pada kotak dialog Insert Sound. 5) Menambahkan Suara Klik Insert pilih Sound. pada group Themes terdapat beberapa pilhan tampilan untuk background serta warna scheme. setelah itu klik OK. Mengelola Slide Presentasi a. 2. akan muncul kotak dialog Ms. ambil file yang berada pada media penyimpanan. Pengaturan Menggunakan Slide Design Untuk pengaturan slide dapat menngunakan Tab Design.

pilih Save (atau bisa gunakan Ctrl+S). klik group Transition to This Slide akan muncul beberapa pilihan yang berkaitan dengan tampilan yang diinginkan dan pilih salah satu yang diinginkan. Mencetak Hasil Presentasi Klik Office Button. pilih Print atau bisa menekan Ctrl+P dan setelah pengaturan selesai klik tombol OK. e. ketik nama file pada kotak File Name dan klik tombol Save. . Efek Transisi pada Setiap Slide Pilih Tab Animations. c. Menampilkan Slide Show Pilih Tab Slide Show klik group Start Slide Show pilih ikon From Beginning atau bisa menggunakan tombol F5.b. setelah muncul kotak dialog tentukan tempat di mana File akan disimpan. d. Menyimpan File/Dokumen Presentasi Pilih dan klik tombol Office Button.

TUGAS MAGANG KKPI .Nama : Syifa Saputri Berlian Kelas : XI Multimedia A.