You are on page 1of 19

PENGUKURAN

EKSTERNAL
Kelompok 6 :
Fitha Oratna (160810301175)
Diah Dwi Utami (150810301104)
Priandini (15081030)
Siti Khodijah (15081030)

http://www.free-powerpoint-templates-design.com

pemerintah. demografi da yang sebaiknya dihindari. n lingkungan  Kekuatan politik. Sifat Audit Eksterna l Kekuatan Eksternal Penting Tujuan audit eksternal: Mengembangkan sejumlah Kekuatan eksternal terbagi 5 kategori: kesempatan yang dapat  Kekuatan ekonomi dimanfaatkan oleh perusahaan dan ancaman  Kekuatan budaya. sosial. dan huk um  Kekuatan teknologi  Kekuatan persaingan .

hukum & pemerintahan Serikat pekerja anisasi Kekuatan teknologi Pemerintah Kekuatan bersaing Asosiasi dagang Kelompok khusus Produk Jasa Pasar lingkungan Hubungan antara Kekuatan Eksternal Penting dan Organisasi . Pesaing Pemasok Distributor Kreditur Pelanggan Karyawan Kekuatan ekonomi Komunitas Kekuatan sosial. demografis dan Manajer lingkungan Pemegang saham Kesempatan dan ancaman org Kekuatan politik. budaya.

.Pandangan Industrial Organisasi Pendekatan Industrial Organization untuk keunggulan bersaing menyarankan bahwa faktor-faktor ekster nal (industri) lebih pentig dibandingkan d engan faktor-faktor internal perusahaan dalam meraih keunggulan bersaing.

Kekuatan Politik. dan Hukum Isu politik dan keberpihakan adalah masalah untuk bisnis. . Pemerintahan. Untuk industri-industri dan perusahaan-perusahaan yang sangat bergantung pada kontrak atau subsidi pemerintah. perkiraan politik merupakan bagian yang paling penting dalam audit eksternal.

Serikat Pekerja Sejauh mana suatu negara bagian disatukan dapat menjadi faktor politis yang signifikan dalam perencanaan strategik yang terkait dengan lokasi pabrik dan permasalahan operasional lainnya. .

meningkatkan kecepatan distribusi. Kekuatan teknologi merepresentasikan kesempatan dan ancaman besar yang harus dipertimbangkan dalam memformulasikan strategi.Kekuatan Teknologi Internet telah mengubah sifat kesempatan dan ancaman dengan mengubah daur hidup produk. . menghapus pembatasan pasar tradisional geografis. membuat produk dan jasa baru. serta mengubah sejarah pertukaran antara standardisasi produksi dan fleksibilitas.

Kekuatan Bersaing Mengumpulkan dan mengevaluasi informasi pesaing penting agar berhasil dalam memformulasi strategi. . Mengidentifikasi pesaing utama tidak selalu mudah karena banyak perusahaan yang memiliki divisi yang bersaing di industri yang berbeda.

.Program Inteligen Bersaing Inteligen bersaing adalah proses sistematik dan etis untuk mengumpulkan serta menganalisis informasi mengenai aktivitas persaingan dan tren bisnis umum untuk tujuan bisnis ke depan.

.Keumuman Pasar dan Kesamaan Sumber Daya Keumuman pasar didefinisikan sebagai jumlah dan signifikansi pasar dimana perusahaan bersaing dengan pesaingnya. Kesamaan sumber daya adalah sejauh mana tipe dan jumlah sumber daya internal perusahaan dapat dibandingkan dengan pesaing.

Analisis Bersaing: Model Lima Kekuatan Porter Potensi pengembanga n produk substitusi Kekuatan tawar pem Rivalitas antar Perus Kekuatan tawar kons asok ahaan yang bersaing umen Potensi masuknya p esaing baru .

Mengevaluasi seberapa kuat elemen bagi perusahaan. 3. Menentukan apakah kekuatan kolektif dari elemen tersebut .3 langkah menggunakan model lima kekuatan Porter 1. 2. Mengidentifikasi elemen kunci dari setiap kekuatan bersaing yang mempengaruhi perusahaan.

wawancara. Situs jejaring perusahaan juga bia sanya merupakan tempat yang baik untuk menemukan informasi meng enai perusahaan. khususnya pada situs jejaring sosial Hubungan investor . pembicaraan pada rapat umum pemegang saham dan profesi onal. laporan. buku . Sumber yang dipublikasikan dari informasi strategis misalnya mencakup dokumen periodik. program televisi. dan perbincangan dengan pemangk u kepentingan. . dan buku pedoman. dokumen pemerintah. direktori. koran. jurnal. abstrak. ri set pasar. SUMBER-SUMBER INFORMASI EKSTERNAL Sumber-sumber yang tidak dipublikasikan mencakup survei pelanggan.

Prediksi kuantitatif inovasi teknologi. dan kejadian yang tidak hubungan historis menjadi lebih tidak terduga. seperti teknik kualitatif.PERANGKAT DAN TEKNIK PREDIKSI Prediksi merupakan asumsi mengenai Perangkat prediksi dapat secara luas tren dan kejadian di masa depan. perubahan nilai diharapkan untuk tetap sama di masa sosial. yang paling sesuai ketika data historis produk baru. . kondisi ekonomi yang tidak yang akan datang. stabil. perubahan budaya. prediksi kuantitatif menjadi lebih tidak akurat. tersedia dan ketika hubungan pesaing yang lebih kuat. Akan tetapi saat stabil. pergeseran diantara variabel-variabel kunci prioritas pemerintah. dikategorikan ke dalam dua Prediksi adalah aktivitas kompleks kelompok: teknik kuantitatif dan karena beberapa faktor. perbaikan pelayanan.

. Dengan mengidentifikasi kejadian di masa yang akan datang yang dapat berdampak besar di perusahaan dan dengan membuat asumsi yang beralasan mengenai faktor- faktor tersebut. Asumsi dibutuhkan hanya untuk tren dan kejadian di masa yang akan datang dan paling memiliki dampak signifikan terhadap bisnis perusahaan.PEMBUATAN ASUMSI Perencanaan tidak mungkin tanpa asumsi. para penyusun strategi dapat melaksanakan proses manajemen strategik.

demografi. sosial. dan persaingan.ANALISIS INDUSTRI: MATRIKS EVALUASI FAKTOR EKSTERNAL Matriks evaluasi faktor eksternal (external factor evaluation—EFE) memungkinkan para penyusun strategi untuk meringkas dan mengevaluasi informasi ekonomi. budaya. teknologi. hukum. pemerintah. Matriks EFE dapat dikembangkan dalam 5 langkah: . lingkungan. politik.

meliputi kesempatan dan ancaman yang memengaruhi perusahaan dan industri. Buatlah daftar faktor-faktor eksternal kunci sebagaimana diidentifikasi dalam proses audit internal. Berilah peringkat antara 1 hingga 4 bagi setiap faktor eksternal kunci untuk mengindikasikan seberapa efektif strategi perusahaan saat ini merespons terhadap fakor itu. dengan kisaran dari 0. Berilah bobot untuk setiap faktor. .0 (sangat penting). Kalikan setiap bobot faktor dengan peringkatnya untuk menentukan skor tertimbang.1. 2. 3. Terdiri dari 20 faktor. 5.0 (tidak penting) hingga 1. Jumlahkan skor tertimbang untuk setiap variabel untuk menentukan skor total tertimbang bagi organisasi itu. 4.

oleh karena itu. . 2=kelemahan kecil. peringkatnya mengacu pada kekuatan dan kelemahan. MATRIKS PROFIL PERSAINGAN Matriks profil persaingan (competitive profile matrix—CPM) mengidentifikasi pesaing utama perusahaan serta kekuatan dan kelemahan pesaing tertentu terkait posisi strategis perusahaan. Namun. 3=kekuatan kecil. 1=kelemahan utama. Bobot dan total skor rata-rata tertimbang pada CPM dan EFE memiliki makna yang sama. dimana 4=kekuatan utama. critical success factors dalam CPM mencakup isu internal dan eksternal.

TERIMA KASIH .