You are on page 1of 29

PENELITIAN CROSS SECTIONAL

UNTUK MENENTUKAN USIA
KEHAMILAN MELALUI
PENGUKURAN METRIK PANJANG
KAKI

Disusun Oleh:
I Gusti Agung Made Risma Ari Pertiwi (1302006054)

Pembimbing:
dr. Kunthi Yulianti, Sp.KF

PENDAHULUAN

Estimasi umur kehamilan sangat penting dalam kondisi tertentu seperti saat melakukan otopsi janin atau bayi. besar tubuh dengan menggunakan dimensi panjang tangan dan kaki yang indikator yang buruk dengan nilai praktis yang terbatas Pengukuran metrik dari panjang kaki digunakan untuk estimasi usia kehamilan . Banyak penelitian telah dilakukan menggunkan jenis kelamin.

BAHAN DAN METODE .

Belgaum 77 bayi hidup yang lahir premature (63 bayi premature. hanya persetujuan ibu. TEMPAT District Hospital. • Staf yang bertanggung jawab diminta surat persetujuannya untuk pemeriksaan . 14 operasi sesar) 126 kasus 49 janin yang meninggal karena abotus • Sebagian besar kasus.

dikeluarkan atau diekstraksi. Pengukuran panjang kaki dilakukan menggunakan vernier caliper dalam waktu 48 jam setelah janin/bayi dilahirkan.2. Vernier caliper yang digunakan adalah jenis sliding. yang mengukur dalam sentimeter hingga 12 cm. .1 PANJANG KAKI Pengukuran dilakukan pada kaki kanan. Panjang kaki diukur antara aspek posterior tumit hingga ujung jari kaki terpanjang. bisa jari jempol atau jari kaki kedua.

354420 15.Analisa Statistik  Koefisien korelasi (R) sebesar 0. T FL 4.05.001 dan standar eror koefisien korelasi adalah 0.0000 .057198 0.988  P <0.957 0.822 0.115765 0.  Dalam penelitian ini.0000 Konstanta 5.11 x FL = 5.60 Analisa variansi Variabel b SE b Beta T Sig.  Usia kehamilan (GA) bisa dihitung menggunakan rumus  GA = b x FL + K.607607 0.988237 71. GA = 4.

PEMBAHASAN .

koefisien GA = b x FL + K.Periode kehamilan yang tercatat panjang kaki berkisar antara 24 dalam cm dicatat hingga 36 minggu analisa regresi linear. regresi (b) dan konstanta (K) .

Hubungan linear dari umur kehamilan dalam minggu dengan Panjang kaki pada penelitian ini .

. 25 dan 26 minggu dibandingkan antara penelitian Hern dan penelitian ini.Nilai rata-rata panjang kaki dalam cm dan periode kelahiran yang dilaporkan dalam minggu antara penelitian Hern dan penelitian ini Hern mengestimasi usia kehamilan dengan menggunakan panjang kaki dari 1800 janin dengan rentang antara 12-26 minggu periode kehamilan. Nilai rata-rata panjang kaki pada usia 24.

Nilai R2 yang didapatkan dari penelitian Munsick adalah sebesar 0.Hubungan antara periode kelahiran yang dilaporkan (RPG) dan panjang kaki FL pada penelitian yang dilakukan oleh Munsick Munsick meneliti 575 janin dengan rentang usia kehamilan 9- 20 minggu.998 . pada penelitian ini sebesar 0.976. .

43 minggu. 203 pengukuran post partum dan 224 pengukuran USG rentang usia kehamilan 11. mendapatkan panjang kaki janin dari dua sumber yang berbeda].Nilai rata-rata panjang kaki dalam cm dan periode kelahiran yang dilaporkan dalam minggu antara penelitian ultrasound (USG) Mercer dan penelitian ini Mercer dkk. .

Perbandingan nilai rata-rata panjang kaki dalam cm terhadap periode kehamilan yang dilaporkan dalam minggu antara penelitian Platt dan penelitian ini. Platt meneliti 120 pasien dengan tanggal menstruasi yang diketahui. Pengukuran USG dari panjang kaki dilakukan antara janin 12.28 minggu. .

.Perbandingan nilai rata-rata panjang kaki dalam cm terhadap periode kehamilan yang dilaporkan dalam minggu antara studi Goldstein dan penelitian saat ini. Periode kehamilan yang dilaporkan 10-36 minggu. Goldstein menggunakan pengukuran sonografi panjang kaki janin untuk mengukur usia kehamilan.

11 x panjang kaki + 5.  Pada penelitian ini GA = 4.60 .  Pada penelitian Goldstein.29. Usia kehamilan (GA) = b (koefisien regresi) x panjang kaki + K (konstanta).78 x panjang kaki + 8. GA = 3.

.Perbandingan nilai rata-rata panjang kaki dalam cm terhadap periode kehamilan yang dilaporkan dalam minggu antara studi Kumar dan Kumar dan penelitian ini. Kumar dan Kumar mempelajari total 108 janin manusia usia yang antara 14-36 minggu.

Perbandingan usia kehamilan yang diestimasi dengan peneliti yang berbeda- beda dalam kasus janin yang sama .

RANGKUMAN .

Belgaum. Pengukuran hasil dari penelitian panjang kaki analisa regresi. sectional rentang 24-36 pada tahun 1997- minggu 1998. . Nilai- ini didukung oleh didapatkan dengan nilai statistik seperti R penelitian-penelitian menggunakan dan R2 adalah tinggi serupa vernier caliper. Penelitian ini Periode kehamilan dilakukan di District penelitian cross. berada dalam Hospital.

KESIMPULAN .

dan memerlukan waktu yang singkat. Banyak dari peneliti yang berpendapt bahwa metode ini sangatlah praktis dan bisa diandalkan. Panjang kaki bayi hidup prematur dan janin yang meninggal menunjukkan sebuah korelasi yang tinggi dengan usia kehamilan Metode ini merupakan teknik non-invasive. .Menentukan umur kehamilan yang tepat adalah hal yang penting bagi ahli patologi forensik. ekonomis.

CRITICAL APPRAISAL .

non-invasif dan rentang 24-36 minggu.” ekonomis. • Berdasarkan kalimat tersebut • Rancangan Penelitian: dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah penelitian penelitian ini menggunakan cross-sectional. metode ini memilki kekurangan diantaranya tidak dilakukan randomisasi dan bersifat subjektif. yang bayi atau janin yang bersifat dipertimbangkan dalam akurat dengan metode penelitian ini berada dalam sederhana. Rancangan ini teknik pengambilan sampel dapat digunakan pada dengan consecutive sampling. VALIDITY 2.   .VALIDITY 1. Apakah rancangan penelitian Apakah dijelaskan cara yang dipilih sesuai dengan tujuan menentukan sampel? penelitian? • Tujuan Penelitian: • “Periode kehamilan yang • untuk menilai usia kehamilan dilaporkan. penelitian dengan tujuan Pengambilan sampel dengan tersebut.

” korelasi adalah 0. yang • “mendapatkan persetujuan ibu menunjukkan signifikan secara atau staf yang bertanggung statistik jawab diminta surat persetujuannya. P <0. Sedangkan kriteria eklusi diperoleh diluar dari kriteria inklusi.988 yang mengindikasikan dipertimbangkan dalam sebuah korelasi positif.” • Dari kalimat tersebut sudah dijelaskan tentang kriteria inklusi pada penelitian ini.05.VALIDITY 3. VALIDITY 4.001 penelitian ini berada dalam dan standar eror koefisien rentang 24-36 minggu. Apakah dijelaskan mengenai Apakah analisis data dilakukan kriteria inklusi dan eksklusi? cukup baik? • “Periode kehamilan yang • Koefisien korelasi (R) sebesar dilaporkan.   . yang 0.

dengan menggunakannya lebih sering dalam praktik sehari-hari. subjek penelitian bayi ini tampaknya memiliki adalah bayi atau janin. Hal ini penyelenggaraan penelitian mengesankan bahwa teknik serupa atau penelitian ini harus dipopulerkan lanjutan. Apakah subjek penelitian Apakah penelitian ini sesuai dengan karakteristik penting? penelitian yang akan dihadapi? • Penting. APPLICABLE 1.   . baik kanan atau tempat lain untuk kiri (pada mutilasi) sudah kepentingan cukup mewakili.IMPORTANCE 1. metode • Sesuai dengan tujuan pengukuran panjang kaki penelitian. akurasi yang sama dan ada sehingga subjek serupa ketersediaan setidaknya dapat pula diperoleh di satu kaki.

mengingat hasil diaplikasikan di lokasi kita. diperoleh dapat dipakai di institusi kita.APPLICABLE 2.   . 48 jam setelah janin/bayi penelitian lanjutan ditempat dilahirkan. Apakah setting lokasi penelitian Apakah hasil penelitian dapat dapat diaplikasikan di situasi diaplikasikan pada pasien di kita? institusi kita? • Hasil penelitian dapat • Penelitian ini dapat diterapkan. yang didapat merupakan Metode yang digunakan dengan mengukur panjang dalam penelitian adalah kaki dilakukan menggunakan dengan mengukur panjang vernier caliper dalam waktu kaki dilakukan menggunakan 48 jam setelah janin/bayi vernier caliper dalam waktu dilahirkan. APPLICABLE 3. dikeluarkan atau lainnya terutama Indonesia diekstraksim. Namun demikian. yang dapat sangat dibutuhkan untuk dilakukan dengan mudah di memastikan temuan yang situasi kita.

karakteristik demografi antara sampel dengan penduduk di Indonesia dapat berbeda.”  . Apakah terdapat kemiripan pasien di tempat praktek atau institusi dengan hasil penelitian? • “Tidak dapat dievaluasi karena belum dilakukan telaah lebih lanjut apakah sudah pernah atau belum dilakukan penelitian yang serupa di RSUP Sanglah. Selain itu.APPLICABLE 4.

TERIMAKASIH .