You are on page 1of 12

Komunikasi Bisnis

Lintas Budaya
Arya Pratama Putra (17013010295)
Nabilah Sarah Hafizh (17013010296)
M. Faqih Riansyah (17013010298)

Akuntansi
Kelas K
Februari 2018
Arya

Pengertian Komunikasi Bisnis Lintas Budaya Komunikasi Bisnis Lintas Budaya adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis baik komunikasi verbal maupun nonverbal dengan memperhatikan faktor-faktor budaya di suatu daerah. atau negara. wilayah. .

Budaya Definisi Budaya Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang. bangunan. dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang. . termasuk sistem agama dan politik. adat istiadat. perkakas. dan karya seni. pakaian. dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit. bahasa.

Lembaga Sosial 3. Estetika 5. Sistem Kepercayaan 4.Budaya Komponen Budaya Beberapa komponen budaya: 1. Budaya Material 2. Bahasa .

Budaya Tingkatan Budaya 1. Informal Budaya yang dijalankan tanpa diketahui alasan pastinya 3. Formal Budaya yang bersifat resmi 2. Teknis Budaya yang logis .

Pengambilan Keputusan 10. Perilaku Etis 3. Perbedaan Budaya 4. Konsep Jarak Komunikasi 6.Budaya Perbedaan Budaya 1. Nilai-nilai Sosial 8. Konteks Budaya 7. Bahasa Tubuh . Peran dan Status 9. Konsep dan Waktu Perusahaan 5. Perilaku Sosial 2.

Astra International Tbk dengan persentase saham 51% dan Toyota Motor Corporation. TAM merupakan perusahaan joint venture antara PT. Merupakan suatu perusahan Jepang terbesar yang bergerak dalam bidang otomotif di Indonesia (mobil dan truck).Contoh Kasus PT Toyota-Astra Motor PT. Toyota-Astra Motor atau biasa disingkat dengan TAM merupakan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Mobil Toyota dan Lexus di Indonesia. Jepang dengan persentase saham 49 %. .

. Mereka mencoba terjun langsung mensurvei kondisi geografis. dan kebutuhan masyarakat di indonesia untuk dapat memasuki pasar dan sekaligus menggusur merk mobil eropa yang terlebih dahulu mendominasi indonesia.Contoh Kasus Konflik Toyata-Astra Motor memiliki berbagai masalah dalam merancang kendaraan di Indonesia. kondisi cuaca.

2. 3. Pemakaian nama Kijang yang berarti Kerjasama Indonesia dan Jepang. Mobil itu gambaran akan keseriusan pabrikan mobil ini dalam memasuki pasar indonesia.Contoh Kasus Analisis Toyata-Astra Motor terkenal di Indonesia saat melucurkan mobil fenomenal mereka yaitu Kijang. . Memiliki 2 varian: Pickup dan Mobil penumpang. 4. Penggerak roda belakang. 1. Kandungan Lokal dan di Produksi di dalam negeri.

Contoh Kasus Analisis Secara garis besar bentuk komunikasi toyota dengan Indonesia: • Toyota menamakan mobil yang dipasarkan di Indonesia dengan bahasa Indonesia/sansekerta. • Menjalankan program Kaizen ke beberapa SMK di Indonesia. • Membangun pabrik perakitan dan produksi. • Membangun jaringan aftersales yang bagus di seluruh penjuru indonesia. • Memberi fitur dan harga sesuai kebutuhan masyarakat. • Menjalian Kerjasama dengan para pabrik lokal dalam mensuplai bahan baku .

Baik memperhatikan konsumen maupun masyarakat Indonesia secara umum. Dan ini merupakan salah satu contoh pentingnya bentuk komunikasi bisnis lintas budaya bagi kelangsungan hidup perusahaan. .Contoh Kasus Analisis Dengan berbagai penyesuaian perusahaan Toyota dengan budaya dan kebiasaan masyarakat indonesia. Hingga kini Toyota menjadi salah satu pabrikan mobil terlaris di Indonesia.

Terima Kasih Atas Perhatiannya .