You are on page 1of 6

NAMA : GESANG RAHYANDA

STB : 150 2017 0255

terdiri atas dua bagian yaitu lobus kanan dan lobus kiri. Gangguan tiroid terjadi akibat usia. merokok. Penyakit atau gangguan tiroid adalah suatu kondisi kelainan pada seseorang akibat adanya gangguan kelenjar tiroid. TIROID Tiroid merupakan kelenjar endokrin murni terbesar dalam tubuh manusia yang terletak dibagian depan. stres dll. baik berupa perubahan bentuk kelenjar maupun perubahan fungsi (belebihan. . berkurang atau normal). genetik. jenis kelamin.

gangguan siklus haid dan kejang otot. . Gejala yang sering dikeluhkan pada usia dewasa adalah cepat lelah. Hipotiroid disebabkan oleh jumlah produksi hormon tiroid pada kelenjar tiroid tidak mencukupi. tidak tahan dingin. konstipasi. berat badan naik. HIPOTIROID Hipotiroid adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh gangguan respon jaringan terhadap hormon tiroid. Penyakit/Gangguan Tiroid 1.

 Mengkonsumsi iodine dalam jumlah berlebihan secara kronik .  Adanya riwayat gangguan tiroid di keluarga.2. HIPERTIROID Hipertiroid merupakan salah satu penyakit gangguan kelenjar endokrin yang disebabkan karena peningkatan produksi hormone tiroid secara berlebihan oleh kelenjar tiroid Faktor resiko terkena hipertiroid adalah :  Memiliki riwayat gangguan tiroid sebelumnya seperti goiter atau pernah menjalani operasi kelenjar tiroid.  Memiliki riwayat penyakit autoimun seperti diabetes mellitus dan gangguan hormonal.

. Gejajala kanker tiroid seperti terdapat pembesaran kelenjar tiroid atau pembengkakan leher.3. serta terjadinya batuk berdarah. suara berubah menjadi serak. KANKER TIROID Kanker tiroid merupakan suatu keganasan pada kelenjar tiroid yang berada pada bagian depan leher sedikit di bawah laring berbentuk kupu-kupu.

TERIMA KASIH .