You are on page 1of 17

ELEKTRONIKA DAYA

PENYEARAH 3 PHASA SETENGAH
GELOMBANG DAN FULL GELOMBANG TAK
TERKENDALI

NAMA ANGGOTA MICHAEL LEONARDO NADIYAH NURUL AINI SATRIYANTO ADHI WICAKSONO .

. induktif. Pembebanan DIODA SEBAGAI bolak-balik searah(DC) dalam DAN tetap/diatur SAKLARNYA bentuk yang sinusoida menggunakan TRAFO.PENGERTIAN PENYEARAH DAYA Untuk pengertian Rangkaian Penyearah penyearahan 3 Fasa dapat Tak dilakukan Penyearah Terkendali dayaadalah sendiri merupakan rangkaian rangkaian penyearah dalam bentuk penyearah setengah elektronika daya dengan daya yang sumber masukanberfungsi teganganuntuk bolak gelombang TAK PENYEARAH (halfwave) dan penyearah TERKENDALI TIGA FASA mengubah balik (AC)tegangan sumbertegangan tiga fasa menjadi masukan arus arus gelombang-penuh BIASANYA MENGGUNAKAN (fullwave). menjadi tegangan luaran dalam bentuk dipasang beban resistif atau beban resistif- tegangan searah yang tetap. pada rangkaian dioda penyearah sebagai daya umumnya saklarnya.

PENYEARAH SETENGAH-GELOMBANG TIGA-FASA Gambar di samping merupakan rangkaian penyearah setengah- gelombang tiga-fasa hubungan bintang dengan beban resistif (R).1. . Sedangkan gambar yang satunya merupakan bentuk gelombang hasil penyearahan dari gambar yang pertama.

dahulu ONDiode pada pada periode 0 -setiap fasa π /6.(Vdc). Vy selama dan periode 0 .seperti yaitu: fasa R VR. sebesar dioda D 2π/3 pada fasa(atau B lebih ditunjukkan pada DCgambar di atas = Vdapat DC / Rditentukan nilai 120˚). . dan arus Y menjadi ON selama pada efektif perode periode 5(Is) π /6 per tegangan fasaterulang .π.π ini. dan pada yang mengalir fasa kembali dioda tersebut sebagai lebih pada berikut. = tegangan dilanjutkan VLDefektif dioda / pada R fasa(VL). seterusnya..Dimana: Im = Vm/R Gambar Proses di atas penyearahan daridapat dilihat rangkaian perbedaan penyearah antar fasa setengah-gelombang tiga- fasa iniDengan dapat ditinjau bentuk darigelombang salah satu fasa daripenyerahan hasil gambar diatas. ISelama periode 0 . fasa R menjadi tinggi dari pada ON dandua fasa yang lainnya.VB masing-masing π. kemudian akan dioda Dkonduksi pada fasa R(ON) menjadi tegangan ON luaran pada periode I-5rms π /6rerataπ /6.

RL. 18. harmonik Dimanagenap n adalah juga terjadi harmonik padake π(𝑛2 −1) penyearah tiga fasa 6. dandimana seterusnya. nilai tegangan harmonik genap ke-n dapat ditentukan dengan persamaan berikut… . maka seperti halnya pada penyearah satu fasa 6𝑉𝑛 beban Vn = RL.beban 12.Jika beban R pada rangkaian di atas diganti beban RL.

2. misalnya D1D2. Tegangan DC yang dihasilkan halus karena tegangan riak (ripple) kecil dan lebih rata. sinusoida yang konduksi secara bergantian. dan R5 katodanya disatukan sebagai terminal positif. D4D5. dioda akan konduksi selama 120° dalam satu siklus periode tegangan 3 fasa masukan. D6D1. PENYEARAH PENUH GELOMBANG TIGA FASA Penyearah diode gelombang penuh tiga phasa menggunakan sistem Ke enam dioda akan konduksi dengan urutan konduksi tertentu. Oleh karena terjadi 6 kali komutasi dalam 1 siklus. D3D4dengan . R3. Denam buah diode 5D6. maka penyearah ini juga disebut dengan konverter 6 pulsa. R1. siklus Dalam satu R6. Diode R4. jembatan D2D3. setiap dan R2 anodanya pasangan dioda yang disatukan akan konduksi sebagai selama terminal 60° dan setiap negatif. . Tiap pasangan Urutan dioda konduksi jugakeenam dari akan tersambung diode dapatdengan tegangan dilihat sesaatgelombang dari siklus yang lebih tinggi (tegangan line to line).

Rangkaian Penyearah 3 Phasa Gelombang Penuh .

RUMUS PADA GELOMBANG PENUH TIGA FASA DENGAN BEBAN R .

Perbandingan Unjuk Kerja Penyearah Gelombang dengan Beban Resistif. .

Faktor Bentuk (FF) dan Faktor Riak (RF) pada Dioda .

Daya dan Efisiensi Pdc = Vdc.Irms .Idc Pac = Vrms.

Jenis Penyearah Diode .

7V dengan frekuensi tegangan suplai 60 Hz. Tentukan Vm dan VL b) Tentukan efisiensi penyearah 3 fasa tidak terkendali dengan beban resistor murni seperti gambar berikut: . Latihan Soal a) Sebuah rangkaian penyearah setengah-gelombang tiga fasa mempunyai tegangan keluaran sebesar Vdc = 280.

Pembahasan a) Dik: Vdc = 280.827 Vm VL = 0.112 V .84 Vm 280.84.42 V VL = 285. 827Vm  VL = 0.7 V f =60 Hz Dit: Vm dan VL Jawab:  VDC = 0.7 = 0.42 Vm = 339.339.

a) Efisiensi dan Pdc = VdcIdc dengan Vdc = tegangan keluaran rata-rata Idc = arus beban rata-rata Pac = VrmsIrms dan Vrms = tegangan keluaran efektif (rms) volt Irms = arus beban efektif .

Bila dengan Vm = tegangan maksimum pada belitan sekunder transformator per fasa (volt).6554Vm maka . maka: dan karena Vrms = 1.