You are on page 1of 15

DESAIN ORGANISASI UNTUK

PENGETAHUAN MANAJAMEN
Kelompok 7
Taufik Hidayat 5551160086
Muthia Dwi Pangesti 5551160094
Imam Rifqi Rasyadi 5551160117
Lisda Apipah Efendi 5551160233

Karakteristik dari Sistem Informasi Sistem Pengetahuan Manajemen . interpretasi. SISTEM PENGETAHUAN MANAJEMEN (KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM) KMS mencakup satu segi yang sesuai dengan pertukaran informasi dan / atau data antara operator manusia dan infrastruktur teknologi. Aspek kedua KMS sesuai dengan interaksi sosial yang dibuat melalui platform komputer melalui pertukaran informasi. dll. sudut pandang.

Hirschheim dkk. bertukar dan menafsirkan makna. prosedur yang memungkinkan kita memperoleh. data pribadi. manajemen dan pengambilan keputusan. memproses. menyimpan dan mengkomunikasikan informasi di dalam organisasi. Penulis Definisi Davis dkk. Terintegrasi Pengguna Sistem Mesin yang menghasilkan informasi untuk membantu manusia dalam fungsi eksekusi. Reix Kumpulan sumber daya yang terorganisir: perangkat keras. Satu set interaksi sosial bertujuan untuk menciptakan. SISTEM INFORMASI (INFORMATION SYSTEM) Manusia memainkan peran penting dalam pengoperasian IS. perangkat lunak. . Marciniak dan Rowe Sistem aktor sosial yang menghafal dan mengubah representasi dengan menggunakan metode IT dan operasi.

penyimpanan. Penggunaan KMS secara aktual melibatkan dua tindakan sukarela di bagian pengguna: 1. Mempertimbangkan kapitalisasi atas pengetahuan baru melalui alat pendukung. penggunaan dan penciptaan pengetahuan. dan 2. KMS terdiri dari infrastruktur berbasis komputer dan sistem sosioteknik yang terdiri dari orang-orang (pengguna) yang berinteraksi melalui platform komputer. Konsultasi sistem untuk mencari pengetahuan yang bermanfaat. transfer. Sistem ini dirancang untuk memudahkan kegiatan akuisisi. KARAKTERISTIK DARI SISTEM PENGETAHUAN MANAJEMEN KMS adalah Information System yang ditujukan untuk pengelolaan sumber pengetahuan. .

Komunitas Profesional Komunitas Virtual Komunitas Praktek . dll. hutan. KOMUNITAS Komunitas adalah sekelompok orang yang berbagi sesuatu: produk. kewajiban. Penggunaan istilah “komunitas” umumnya mengandung gagasan dari berbagai nilai umum. sumber.

Terlepas dari kejelasannya. dan yang memperluas pengetahuan mereka dalam keahlian di domain secara teratur untuk berinteraksi satu sama lain. seperti AFITEP dan PMI (untuk manajer proyek dan direktur). dan CIGREF (untuk direktur perusahaan SI). lokasi dan tingkat kesederhanaan. apakah mereka termasuk dalam organisasi yang sama atau tidak. . umur. ASLOG (untuk logistik). definisi ini mencakup kelompok dengan ukuran sangat bervariasi. KOMUNITAS PRAKTEK Komunitas Praktek adalah kelompok orang yang memiliki kepedulian. komunitas ini diatur menjadi asosiasi professional. suatu masalah untuk suatu subjek. Seringkali. homogenitas. KOMUNITAS PROFESIONAL Komunitas Profesional mempertemukan orang – orang profesi yang sama.

yang telah muncul dari internet dan penggunaannya yang semakin meluas. KOMUNITAS VIRTUAL Komunitas Virtual adalah kelompok sosiokultural yang muncul dari jaringan ketika sejumlah individu yang cukup berpartisipasi dalam diskusi publik. merupakan fakta sosial yang sepenuhnya terpisah . Definisi ini menegaskan adanya ruang virtual dan gagasan bahwa komunitas virtual. cukup termotivasi untuk jaring hubungan manusia untuk di dunia maya.

yang memiliki tujuan bersama yang membutuhkan sejumlah kolaborasi antara mereka dan berbagi tanggung jawab atas hasil mereka. Tim Kerja Tetap Tim Kerja Sementara . TIM Sebuah tim mempertemukan sekelompok orang yang tugasnya saling bergantung satu sama lain.

namun yang paling umum adalah tim proyek. sumber daya dan tindakan yang komplek dibentuk untuk memberikan tanggapan untuk permintaan yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan. Sebuah proyek adalah sebuah sistem kontributor. . TIM KERJA SEMENTARA Ada berbagai kategori tim sementara. yang mana secara metodis dan progresif meletakkan fondasi untuk realitas masa depan. Tujuan tugas departemen dalam pengorganisasian sebuah perusahaan adalah mengelola satu set proses. Sebuah proyek dapat didefinisikan sebagai tindakan baru yang spesifik. dengan durasi terbatas. TIM KERJA TETAP Tim kerja tetap mungkin merupakan layanan atau departemen dengan tujuan mengelola operasi dan memastikan pemenuhan satu bagian dari organisasi misi. sumber daya. fungsi atau “unit bisnis”.

Definisi ini menekankan fakta bahwa budaya terdiri dari seperangkat nilai. organisasi atau profesional .MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN BUDAYA Sebuah survei terhadap 431 organisasi Eropa dan Amerika menunjukkan bahwa budaya . teknik. Hofstede menyatakan bahwa "budaya adalah pemrograman mental kolektif yang spesifik untuk sekelompok individu“.merupakan faktor penentu yang paling penting dalam manajemen pengetahuan. pengetahuan. cara ekspresi dan komunikasi yang dimiliki oleh kolektif atau populasi.baik nasional. Tiga profil budaya tentang Organisasi : Budaya Nasional Budaya Organisasi Budaya Profesional .

2. Tingkat individualisme Tingkat individualisme sangat penting dalam memahami sistem insentif. BUDAYA NASIONAL Pelopor dalam domain implikasi manajerial budaya nasional. inovasi dan orang asing. Sikap terhadap ketidakpastian Sikap dalam menghadapi ketidakpastian berfungsi sebagai indikator untuk membantu kita memahami perilaku dan sikap tertentu terhadap pengambilan risiko. . 3. 4. Tingkat maskulinitas. Jarak hierarkis Jarak hierarkis dapat digunakan untuk memahami hubungan antara atasan dan bawahannya dalam sebuah organisasi. Geert Hofstede mencantumkan empat dimensi yang dapat digunakan untuk klasifikasi budaya: 1.

Thévenet Budaya organisasi mencakup segala sesuatu yang menyatukan praktik organisasi. Bourdon Budaya organisasi menghasilkan sistem peraturan dan standar yang membimbing perilaku individu. pemikiran dan perasaan dalam kaitannya dengan masalah ini. de Montigny Budaya organisasi adalah seperangkat wewenang yang dimiliki oleh berbagai anggota organisasi . BUDAYA ORGANISASI Definisi Budaya Organisasi : PENULIS DEFINSI Schein Budaya organisasi adalah seperangkat hipotesis dasar dari sebuah kelompok yang mana telah belajar bahwa ia mampu memecahkan masalah adaptasi .baik eksternal maupun internal .dan yang telah bekerja dengan cukup baik dianggap valid dan diteruskan ke pendatang baru sebagai cara pandang. membedakannya dari yang lain.

Budaya organisasi dapat dianggap sebagai campuran subkultur. ia membedakan iklim organisasi. Ini tidak bertentangan dengan pandangan integrasi budaya organisasi yang dikemukakan oleh Schein. . seperti departemen atau layanan. Iklim tim: tim adalah perangkat organisasi yang menyatukan beragam pengetahuan khusus beberapa individu untuk mencapai tujuan bersama . nilai "etis". 2. 3. masing-masing dengan hipotesis dasarnya sendiri. pekerjaan profesional. teknologi yang digunakan atau pangkat dalam hierarki. budaya unit dan iklim tim: 1. subkultur organisasi. Iklim organisasi mencerminkan situasi kontekstual pada waktu tertentu. Subkultur organisasi mencerminkan struktur organisasi. Hal ini terkait dengan perilaku individu pada saat itu.Dalam pandangan King. nilai-nilainya sendiri dan artefaknya sendiri. 4. Budaya unit secara khusus terkait dengan aktivitas unit organisasi.

. nilainya atau representasinya. Kwong dan Levitt menganalisis dampak budaya nasional terhadap perbedaan dalam pengambilan keputusan ketika menghadapi masalah etika.terutama karena standarisasi pelatihan medis. Menurut Osty sebuah jabatan adalah sebuah profesi yang juga berkaitan dengan pembangunan kerangka penilaian bersama dan sebuah kepemilikan kolektif yang dapat diidentifikasi berdasarkan norma perilaku. Fenomena ini dapat dijelaskan oleh penyempitan kesenjangan budaya dan kesamaan model pemikiran yang disebabkan oleh perampasan budaya profesional mereka secara signifikan . dan. posisi dan satu set orang yang melakukan aktivitas yang sama. sebuah jabatan adalah komunitas yang relatif homogen yang anggotanya berbagi identitas. perbedaan yang terkait dengan budaya nasional tampaknya tidak memainkan peran penting dalam hal pembuatan keputusan. Bagi Bucher dan Strauss. nilai. Dieng dkk. definisi tugas dan minat. berdasarkan tiga sampel profesional layanan kesehatan di Arab Saudi. Dengan demikian. BUDAYA PROFESIONAL Dubar dan Tripier mendefinisikan jabatan secara bersamaan mewakili pekerjaan. Mesir dan Amerika Serikat. Antara profesional kesehatan tersebut.

TERIMA KASIH .