You are on page 1of 11

SOAL LATIHAN THT I

dr. IRJANI KORWA

sekret kental. Pemeriksaan didapatkan konka oedem.Wanita 22 tahun datang ke poli tht dengan keluhan hidung buntu. Rhinitis alergika b. Rhinitis medikamentosa . sering buntu kedua lubang hidung dan diberikan tetes hidung untuk mengatasinya. Diagnose paling mungkin ialah… a.1. Sejak 3 bulan ini.Rhinitis atrofi e.Rhinitis vasomotor c. kavum nasi sempit. pernafasan lewat mulut. Rhinitis kronis d.

Apa pemeriksaan penunjang yang tepat: a.Ct scan e.MRI .Laki. pipi bengkak. datang ke Pkm dengan keluhan sakitkepala berat saat bersujud disertai demam.Foto rontgen waters c.laki. Riwayat gigi berlubang.Foto rontgen panoramic d.2.Foto rontgen kepala lateral b. ingus berbau busuk sejak 2 minggu ini. 35tahun.

Pasien kemudian datang ke dokter dengan keluhan telinga terasa sakit saat akan mendarat 2 hari yang lalu. Mengunyah dan memakan permen saat pesawat akan mulai take off b.Seorang pria .Menutup telinga dengan kapas longgar e. sering berpergian menggunakan pesawat untuk pekerjaannya. Nasehat apa yang anda berikan kepada asien untuk menghindari keluhan serupa pada penerbangan selanjutnya: a. Memakan permen saat pesawat akan mendarat . Mengurangi konsumsi makanan sebelum melakukan penerbangan d.Memakan permen dari pramugari saat take off c.3. 35 tahun.

48 tahun datang dengan keluhan telinga kanan keluar cairan berwarna kekuningan.retroaurikula tampak hiperemis. nyeri Tarik aurikula.ngorek telinga dengan pnjepit besi karena sering merasa gatal. Fistel preaurikular . Pada pemeriksaan fisik telinga kanan. Otitis eksterna difusa c. Otitis eksterna sirkumskripta e. Otitis media kronik d. Hidung dan tenggorok dalam batas normal. Tidak ada gangguan pendengaran. Pasien laki. terasa nyeri.laki. Mastoiditis b. Pasien memiliki riwayat suka megorek.4. edema dan nyeri tekan. Pasien jugta mengatakan ada rasa nyeri saat mengunyah (membuka dan menutup mulut). Apa diagnose pada pasien ini: a.

laki umur 55 tahun datang ke poli dengan keluhan telinga berdenging pada telinga kanan dan kiri sejak 3 bulan yang lalu. Pasien juga mengeluh telinga kanan dan kiri mengalami penurunan pendengaran. Setelah dilakukan pemeriksaan kedua membrane telinga dalam batas normal. Apa diagnose pasien tersebut: a. Tuli akibat bising e.Pasien laki. Presbikusis b. Tuli karena obat ototoksik d. Tuli trauma akustik . Pasien bekerja di pabrik mesin sudah 8 tahun di lingkungan yang berisik. Tuli mendadak c.5.

Konka inferior e.anak dibawa iunya dengan keluhan mimisan sejak 30 menit yang lalu.Konka media b.koanae . mengganggu sekolah.tiba. Pasien sering mengalamin7a dengan tiba.6. Kelainan kemungkinan terletak di: a.Septum anterior c. Hidung kanan sudah dipencet ± oleh ibunya namun tidak berhenti. Anak.Spenopalatina d.

Saat dilakukan pemeriksaan didapatkan perforasi membrane timpani marginal dan fistel retroaurikular dekstra. OMSK AD non supuratif d.7. OMA AS .laki 25 tahun datang ke dokter dengan keluhan keluar sekret mukopurulen dari telinga kanan sejak 1 minggu SMRS.OMSK AD tipe benigna c.kanan. Keluhan sudah dirasakan sejak masa kanak. OMSK AD tipe maligna b.pasien laki.OMA AD e. Apa diagnose yang tepat pada pasien di atas: a.

MRI . Pemeriksaan penunjang napa yang dilakukan: a.Endoskopi c.Barium esophagus b. Keluhan batuk pilek.8.CT scan dada d. Ada trauma komplet esophagus.Anak kecil bermain dicurigai tertelan disk batrai.Foto rongen dada e.

kadang keluar cairan berwarna dan tidak berbau. Diagnosis adalah: a. Sinusitis maksilaris akut . Polip nasi b. Keluhan timbul setiap hari dan semakin memberat.9. Kadang.Rhinitis vasomotor e. Rhinitis alergika d.Pasien umur 19 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan hidung tersumbat sejak 4 bulan yang lalu.Abses nasi c. Dari pemeriksaan rhinoskopi anterior dijumpai massa putih mengkilap dari meatus media.

Dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan membrane timpani hiperemis. Pengobatan yang tepat untuk pasien ini adalah: a.Antipiretik dan antibiotic e.Antihistamin dan dekongestan .Dekongestan c. batuk dan pilek (+).Antipireik dan dekongestan d.Anak usia 4 tahun.Antibiotic dan dekongestan b. datang dengan keluahan demam dan nyeri telingan . keluar cairan disangkal.10.