You are on page 1of 18

Versi : Februari 2016

PEMROGRAMAN
BERORIENTASI

OBJEK
Team Dosen PBO UBL

Komentar Pada Java Pertemuan 12 2. Keyword 5. PERTEMUAN . Tipe Data Primitif 3. Operator Pertemuan 14 6. Konversi dan Casting Pertemuan 15 .2 Pertemuan 1 Pertemuan 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ Pertemuan 3 TUJUAN INTERAKSIONAL Pertemuan 4 UMUM : Pertemuan 5 • Mahasiswa mampu menulis pemrograman Java™ Pertemuan 6 KHUSUS : • Mahasiswa mampu menuliskan dan Mengerti Penggunaan komentar Pertemuan 7 • Mahasiswa mampu menuliskan dan Mengerti Penggunaan tipe data primitif Pertemuan 8 • Mahasiswa mampu menuliskan dan Mengerti Penggunaan identifier • Mahasiswa mampu menuliskan dan Mengerti Penggunaan Keyword Pertemuan 9 • Mahasiswa mampu menuliskan dan Mengerti Penggunaan operator • Mahasiswa mampu menuliskan dan Mengerti Penggunaan casting Pertemuan 10 Materi : Pertemuan 11 1. Inisialisasi Variabel dan Konstanta Pertemuan 13 4.

akan mengabaikan apapun mulai dari tanda // sampai akhir dari baris yang sama. akan mengabaikan apapun yang berada diantara tanda /* dan */ Contoh : Komentar. PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ 1. Tidak melaksanakan aksi apapun. Mereka berguna untuk memungkinkan para programmer untuk memasukan catatan atau deskripsi tambahan mengenai program tersebut. Defenisi : Komentar adalah bagian dari program yang diabaikan oleh kompiler. Format Komentar Pada JAVA memiliki dua cara untuk menuliskan komentar : Komentar baris Komentar baris. b. Komentar a.java . Komentar Blok Komentar Blok.

PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ .

Character. Integer. Short. Double. Reference Tipe data berupa class. Contoh : Tipe_Data. Long. Float. Jenis-jenis nya antara lain : Byte. Boolean. Primitif Jenis-jenis nya sbb : b. String dan lain sebagainya. Tipe Data a. PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ 2.java . dimana class ini memiliki berbagai fungsi yang bisa digunakan untuk kebutuhan pemrograman.

PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ .

Contoh : int nilaiAbsen. Format Deklarasi : TipeData namaVariabel [= inisialisasiNilaiAwal]. namaBelakang=“Kisan”. nilaiUAS. nilaiUTS. PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ 3. int nilaiTugas. yang digunakan hanya pada saat program masih berjalan dan dihilangkan/dihapus dari memori setelah program berakhir. char nilaiHuruf=‘A’. Contoh : Variabel. String namaDepan = “Tariq” String namaTengah=“Athar”.java . Inisialisasi Variabel dan Konstanta Variabel merupakan sebuah tempat dimemori yang dialokasikan untuk menampung data yang memiliki sifat sementara.

PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ .

Bedanya variabel menyimpan suatu nilai yang bisa berubah-ubah (dinamis) sedangkan konstanta sekali dideklarasikan nilainya tidak akan pernah berubah. Deklarasi konstanta mirip dengan deklarasi variabel. konstanta juga memiliki aturan dalam penamaannya. Dan seperti variabel. Variabel bisa tidak diinisialisasi. Tetapi memiliki kata kunci final sebelum tipe datanya. Dua-duanya digunakan untuk menyimpan suatu nilai dari tipe data tertentu.java . PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ Konstanta Pada prinsipnya hampir mirip dengan variabel. sedangkan konstanta selalu diinisialisasi dan nilai inisialisasi tersebut tidak akan pernah berubah. Contoh : Konstanta. Berikut contoh penamaan konstanta yang valid : final double PI = 3.14. Nama konstanta hanya boleh terdiri dari huruf besar dan garis bawah (undescore).

PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ .

PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ 4.java . Keyword dalam Java Contoh : Keyword.

PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ .

>=. - 2. Operator 1. ==. &&. ! 5. ||. Operator Kondisi(?:) atau Ternary Memiliki bentuk sbb : exp1?exp2:exp3 Contoh : Operator. != 4. PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ 5. /. ^. %. >. <=. +.java . Operator Aritmatika Memiliki beberapa jenis simbol yaitu : *. Operator Relasi Memiliki beberapa jenis simbol yaitu : <. Operator Logika Memiliki beberapa jenis simbol yaitu : &. Operator Increment dan Decrement Memiliki beberapa jenis simbol yaitu : ++. -- 3. |.

PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ .

PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ 6. Contoh : i = variabel tipe data int Konversi. Casting adalah saat programmer melakukan konversi antar tipe yang tipenya tidak kompatibel.java d = variabel tipe data double Casting. Casting juga melibatkan narrowing conversation yaitu bila tipe tujuan lebih kecil dari tujuan asal maka akan ada informasi yang hilang. Misalnya dari byte ke short. Konversi dan Casting Pada pemrograman sering sekali terjadi pemindahan nilai dari satu variabel ke variabel lainnya dengan tipe data yang berbeda. Dalam pemindahan tersebut ada dua jenis pemindahan yang dilakukan yaitu Konversi dan Casting. tidak dapat mengonversi secara otomatis maka dibutuhkan casting. atau int ke double. short ke long. Konversi tidak dapat dilakukan pada tipe data boolean. Contoh casting saat pemberian nilai dari tipe data double ke int yang memiliki range lebih kecil dari double. Konversi adalah pemberian nilai kepada variabel yang berbeda tipe datanya.java . Dalam konversi melibatkan widening conversation yaitu tipe data tujuan harus mempunyai range yang lebih besar dari pada tipe data aslinya. Format proses casting : i = (int)d.

PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ .

PERTEMUAN – 2 Dasar dan Aturan Penulisan Code Java™ .

End Of Slide .