You are on page 1of 14

Model Konsep Keperawatan

Kesehatan Jiwa

Cici Desiyani, S.Kep., Ns

meningkatkan interest dan partisipasi • Pasien diperlakukan secara individual dan unik sikap perawat harus sesuai dengan masalah yang dihadapi pasien . Konsep Keperawatan Kesehatan Jiwa • Peran Perawat kesehatan Jiwa mulai muncul Th 1950an • Berbeda dengan perawatan umum  Perawatan kesehatan jiwa menitikberatkan pada TERAPI SIKAP • Dalam mengimplementasikannya Perawat harus mendemonstrasikan : Penerimaan. Pengertian tentang pasien.

Dikembangkan oleh Sigmun Freud . Memakan waktu yang lama . Beberapa Model Konseptual Perawatan Kesehatan Jiwa • Model psikoanalisa . Setiap fase perkembangan mempunyai tugas perkembangan yang harus dicapai . Meyakini bahwa Penyimpangan Perilaku pada usia dewasa berhubungan dengan perkembangan pada masa anak . Proses terapi pada model psikoanalisa menggunakan tekhnik asosiasi bebas & analisa mimpi. Terjadi akibat tidak selesainya konflik konflik pada masa perkembangan . Gejala gangguan jiwa muncul sebagai upaya untuk mengatasi ansietas & berhubungan dengan konflik yang tidak terselesaikan .

Proses terapi : hubungan yang sehat dengan terapis.Dikembangkan oleh Harry Stack Sulivan . Kecemasan pertama  bayi merasakan kecemasan ibu . Kecemasan  berhub dengan penolakan / tidak direstui/kritik oleh orang orang yang dekat dengan individu sistem diri yang negatif . hubungan saling percaya. Cont’ • Model Interpersonal . re-edukasi dengan tujuan membangun rasa aman bagi pasien .Menekankan bersarnya pengaruh perkembangan masa anak-anak terhadap kesehatan jiwa individu .Meyakini bahwa perilaku berkembang dari hubungan interpersonal .

Individu yang sudah dilabel/dicap jika tidak dapat menyesuaikan diri dengan norma lingkungan  perilaku tersebut memerlukan perawatan .• Sosial Model .Berfokus pada lingkungan social yang mempengaruhi individu dan pengalaman hidupnya . Terapi : pasien dibantu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan . Bentuk terapi : intervensi krisis.Dikembangkan oleh Szasz dan Caplam . Perilaku yang dianggap normal pada suatu daerah/ ling mungkin dpt dianggap sebagai penyimpangan di daerah lain . manipulasi lingkungan & dukungan social .

Penyimpangan perilaku terjadi jika individu putus hubungan dengan dirinya dan lingkungan penerimaan diri yg gagal . Individu merasa putus asa. sepi. Roger & Frank .• Eksistensi Model . Proses therapy : Rasional Emotif Therapy & Terapi Logomembantu pasien mengalami hubungan yang otentik . Dikembangkan oleh Perls. kurang menerima dirinya yang mencegah partisipasi dan penghargaan pada hubungan dengan orang lain . Glasser. kurang kesadaran akan dirinya sendiri. Berfokus pada pengalaman individu saat ini dan disini . sedih. Ellis. Kehilangan /tidak menemukan nilai yang memberi arti eksistensinya .

posisi tubuh. Penyimpangan terjadi jika pesan yang disampaikan tidak jelas .• Model komunikasi . mengerti arti perilaku yang tergantung dari kejelasan komunikasi antara pengiriman dan penerima .Semua perilaku mengkomunikasikan sesuatu. kecepatan dan volume suara atau bicara .Proses Terapi: 1) Memberi umpan balik dan klarifikasi masalah 2) Memberi penguatan untuk komunikasi yang efektif 3) Memberi alternative koreksi untuk komunikasi yang tidak efektif 4) Melakukan analisa proses interaksi . Menyangkut verbal dan nonverbal.

• Model Perilaku . Respon dkuatkan dengan cara pengulangan terhadap sesuatu hal dan pemberi reinforcement . J.Dikembangkan dari teori belajar .Dikembangkan oleh H. Wilpe dan B.F Skinner .J Eysenck. serta respon dikuatkan (reinforcement) .Belajar terjadi jika ada stimulus dan timbul respon.

Desentisasi & relaksasi .Asertif training .• Proses Terapi : . Self regulasi .Positif training khususnya pasien kronik pengalaman yg menyenangkan .

Berfokus pada diagnose penyakit. Proses terapi : hub saling percaya(interpersonal) & pengobatan jangka pendek/panjang. sehingga pengobatan didasarkan pada diagnose tersebut . insight oriented therapy mengatasi stressor . terapi simptomatik/supportif. Kraeplin. Spizer & Frances .• Medikal Model . Gangguan perilaku diakibatkan oleh proses penyakit biologis (SSP) kombinasi faktor fisiologis. genetic. Dikembangkan oleh Meyer. lingkungan& factor social .

tindakan keperawatan dan hasil tindakan .Berfokus pada respon individu terhadap masalah kesehatan yang actual dan potensial yang berfokus pada: rentang sehat sakit. teori dasar keperawatan.Pendekatan Keperawatan berdasarkan : 1) Teori sistem 2) Teori perkembangan 3) Teori interaksi 4) Pendekatan holistic 5) Pendekatan proses keperawatan .• Model Keperawatan .

Penyebab Masalah Kesehatan Respon manusia Pengobatan Asuhan keperawatan .

• Perilaku manusia berada pada rentang adaftif-maladaptive • Perilaku yang diobservasi merupakan hasil dari berbagai factor • Proses terapi menggunakan proses keperawatan: pengkajian. perencanaan. tindakan. evaluasi . diagnosa.

•SELESAI .