You are on page 1of 60

Oleh

:
DOKTER MUDA
PITA PERTIWI.K
FAKULTAS KEDOKTERAN UII
ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

APA ITU IMD ???

Segera setelah lahir,
dalam waktu 1 jam
setelah di lahirkan

Dengan ………. Membiarkan KONTAK KULIT bayi dengan KULIT ibu setidaknya 1 JAM atau LEBIH sampai menyusu pertama selesai .

.

” . KENAPA HARUS MELAKUKAN IMD ??? Bayi yang dibiarkan di dada ibunya tidak akan  kedinginan. Jika bayi kepanasan akan turun 1 derajat celcius. Ibu yang baru saja melahirkan dadanya lebih panas 1 derajat dari mereka yang tidak melahirkan. “ Sebab dada ibu yang baru melahirkan lebih hebat dari tempat tidur bayi semahal apapun juga. suhu dada ibunya akan naik 2 derajat celcius. Bila bayi kedinginan.

Pada usia 12 bulan. yang tidak hanya 8%. mereka yang diberi kesempatan inisiasi dini 80% akan mendapatkan ASI eksklusif. yang akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Penelitian lain membuktikan. yang tidak hanya 18% saja. mereka yang diberikan kesempatan inisiasi dini 59% masih menyusu. “Pada usia 6 bulan.” .KENAPA HARUS MELAKUKAN IMD ??? Bayi yang diberikan kesempatan inisiasi dini akan lebih lama menyusu Semakin lama disusui maka keuntungan  ASI akan makin banyak. yang inisiasi dini masih 38% menyusu.

34 bayi ” .997 bayi menemukan . inisiasi dini dapat menekan kematian bayi hingga 22%.  2419.KENAPA HARUS MELAKUKAN IMD ??? Inisiasi dini dapat menekan  kematian bayi “Penelitian yang dilakukan terhadap 10.

34 bayi .2419.

02 jam dibandingkan dengan rata-rata waktu pengeluaran kolostrum ibu yang menyusui tidak dini” .  KENAPA HARUS MELAKUKAN IMD ??? Inisiasi dini memberi kesempatan lebih besar kepada bayi untuk mendapatkan kolostrum “ Rata-rata waktu pengeluaran kolostrum ibu yang menyusui dini lebih cepat 6.

• ASI yang dikeluarkan dari payudara ibu pertama kali setelah bayi lahir  Cairan berwarna kuning hingga oranye. lengket dan terkadang bening.  Jumlahnya hanya sekitar 3- 5 sendok teh. . kental.

.

Mengapa Air Susu Ibu (ASI)? ASI Merupakan Kebutuhan Dasar Bayi & Balita .

Berwarna kekuning-kuningan & lebih kental karena mengandung protein dan vitamin A.1. . ASI yg keluar pd hari-hari pertama setelah bayi lahir. serta zat kekebalan tubuh yg penting untuk melindungi bayi dari penyakit infeksi. ASI Memberikan Kekebalan Tubuh Bayi dari Penyakit ASI mengandung kolostrum yaitu.

Penyebab utama kematian balita. seluruh dunia. 2000 EPI/WHO Pneumonia Lainnya 20% 29% Kematian yang berkaitan dengan kurang gizi Diare 12% 60% Malaria 8% Perinatal Campak 22% HIV/AIDS 5% 4% UNICEF 8 March 2006 KERUGIAN BANGSA AKIBAT REMEHKAN AIR SUSU IBU .

2. ASI Dapat Mencerdaskan Anak Anak yang tidak mendapat ASI  8 IQ point lebih rendah dari yang mendapat ASI .

Dampak Gizi (ASI) dan kesehatan
terhadap pertumbuhan otak

Gizi kurang & infeksi Gizi baik & Sehat

“Otak tumbuh kembang Tumbuh kembang otak
tidak optimal”  permanen optimum
Kecerdasan rendah Anak cerdas

3. Menyusui Anak Merupakan Perintah
TUHAN.
1. ISLAM (Al-Qu’ran dalam Surat AL-Baqarah : 233)
“Dan para Ibu hendaknya
menyusui anak-anaknya
selama dua tahun penuh,
bagi yang ingin
menyempurnakan
penyusuan”

Pemberian ASI eksklusif berarti memberikan
hanya ASI saja.

Ini berarti

Bayi tidak diberi air putih, teh, minuman ramuan,
cairan lain, maupun makanan selama 6 bulan
pertama usianya.

.

Proses menyusui dimulai secepatnya (IMD) 2. tanpa tambahan cairan lain seperti susu formula.PENGERTIAN  ASI eksklusif : bayi hanya diberi ASI saja selama 6 bln. air putih dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang. bubur susu. bubur nasi dan tim. pepaya. jeruk. airt teh. ASI eksklusif selama 6 bln 3. madu. ASI diteruskan smp 2 tahun atau lebih . MP ASI keluarga setelah 6 bln 4.  Standar emas makanan bayi : 1. biskuit.

.

serta mempercepat pemulihan bila sakit dan membantu menjarangkan kelahiran. ASI memberi semua energi dan gizi (nutrisi) yang dibutuhkan bayi selama 6 bulan pertama hidupnya. .  Pemberian ASI eksklusif mengurangi tingkat kematian bayi yang disebabkan berbagai penyakit yang umum menimpa anak-anak seperti diare dan radang paru.

bayi memperoleh air melalui ASI¨ • ASI mengandung semua yang diperlukan untuk menghilangkan rasa haus dan membuat bayi merasa kenyang. ASI terdiri dari 88% air. • Setiap kali ibu menyusui bayinya. • ASI adalah makanan dan minuman terbaik bagi bayi agar tumbuh kuat dan sehat. .

 Memberi cairan pada bayi dapat membahayakan kesehatannya dan menyebabkan diare serta penyakit. Bila bayi minum air putih.  Lambung bayi masih kecil. maka tidak ada tempat lagi untuk menerima ASI yang dibutuhkannya untuk tumbuh kuat dan sehat. Sedangkan ASI bersih dan murni serta melindungi bayi dari penyakit. .

 .

.

.

Isapan dini Posisi tidak benar. prelacteal feeding.Hormon yang berperan saat menyusui Refleks Prolaktin Faktor pendukung Faktor penghalang Pengosongan payudara Minum dengan botol. obat-obat ibu Payudara sakit Pemerasan ASI Minum malam hari Prolaktin di Impuls sensorik dalam darah dari puting .

Refleks Oksitosin Dirangsang oleh Dihambat oleh • Rasa sayang • Cemas • Suara bayi • Stres • Melihat bayi • Sakit • Rasa percaya diri ibu • Keraguan .

Minta dukungan suami • Diskusikan dengan bidan / dokter yang merawat selama kehamilan • Persiapkan hati .• Diskusikan dengan suami.

yang menyatakan bahwa peran suami sangat diperlukan untuk mensukseskan ASI Eksklusif.• Karena menyusui adalah aktivitas keluarga • Karena seperti hasil sebuah penelitian S3 dari UI. .

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Kesimpulan  ASI merupakan dasar pembangunan SDM karena ASI dapat mencerdaskan Anak. terhindar dari penyakit  ASI dapat menghemat pengeluaran biaya keluarga  Memberikan ASI adalah perintah AGAMA. .  ASI dapat memberikan kekebalan tubuh bagi bayi sehingga bayi tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Kelangsungan hidup Pertumbuhan fisik Perkemb. anak Susui anak .

Kiat sukses menyusui  Ibu mau dan bermotivasi tinggi  Bayi aktif dan menghisap dengan baik  Seorang motivator yang bisa mendekatkan ibu dan bayi ( petugas kesehatan atau keluarga ) .

TERIMA KASIH .