You are on page 1of 61

SISTEM PENGHARGAAAN

BAGI BIDAN

Oleh
DEWI SUSANTI, S.SiT, M. Keb

Free Powerpoint Templates
Page 1

1. Reward Bidan
a. Pengertian Reward
b. Kewajiban dan Hak bidan
c. Hak anggota IBI
d. Kriteria Bidan yang mendapat penghargaan
e. Bentuk penghargaan
f. Contoh penghargaan Bagi Bidan
2. Sanksi Bidan
a. Pengertian Sanksi
b. Bentuk Sanksi
c. Landasan Hukum dalam pemberian sanksi
C. Contoh sanksi Bidan
Free Powerpoint Templates
Page 2

REWARD

Menurut KBBI
Reward 
Penghargaan,penghormatan

Free Powerpoint Templates
Page 3

prestasi kerja. berjasa pada negara atau meninggal pada saat melaksanakan tugas. Reward diberikan pada Tenaga kesehatan yang bertugas pada sarana PP 32/ kesehatan atas dasar 1996. kesetiaan. Free Powerpoint Templates Page 4 . pasal 25 pengabdian.

TUJUAN PENGHARGAAN BIDAN Meningkatkan citra bidan dan IBI di masyarakat Memberikan penghargaan pada bidan atas darma baktinya kepada KIA khususnya dan pada masyarakat umumnya Free Powerpoint Templates Page 5 .

Free Powerpoint Templates bangsa dan negara Page 6 . Klien dan Masyarakat Tugas Rekan sejawatnya Kewajiban Bidan Profesi Hak Diri Sendiri Pemerintah.

Kewajiban bidan terhadap klien dan masyarakat 1. Free Powerpoint Templates Page 7 . Setiap bidan dalam menjalankan tugas profesinya menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan yang utuh dan memelihara citra bidan. Setiap bidan senantiasa menjunjung tinggi. 2. menghayati dan mengamalkan sumpah jabatannya dalam melaksanakan tugas pengabdiannya. KEWAJIBAN BIDAN A.

Free Powerpoint Templates Page 8 . Setiap bidan dalam menjalankan tugasnya mendahulukan kepentingan klien. keluarga dan masyarakat 4. menghormati hak klien dan nilai-nilai yang dianut oleh klien. Setiap bidan dalam menjalankan tugasnya senantiasa berpedoman pada peran.3. tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kebutuhan klien.

6. Setiap bidan dalam menjalankan tugasnya senantiasa mendahulukan kepentingan klien.5. keluarga dan masyarakat dengan identitas yang sama sesuai dengan kebutuhan berdasarkan kemampuan yang dimilikinya. Page 9 . Setiap bidan senantiasa menciptakan suasana yang serasi dalam hubungan pelaksanaan tugasnya dengan mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan derajat Free kesehatannya Powerpoint Templates secara optimal.

Free Powerpoint Templates Page 10 . keluarga dan masyarakat sesuai dengan kemampuan profesi yang dimilikinya berdasarkan kebutuhan klien. keluarga dan masyarakat.b. Kewajiban bidan terhadap tugasnya 1. Setiap bidan senantiasa memberikan pelayanan paripurna kepada klien.

Setiap bidan harus menjamin kerahasiaan keterangan yang didapat dan/atau dipercayakan kepadanya. Setiap bidan berkewajiaban memberikan pertolongan sesuai dengan kewenangan dalam mengambil keputusan termasuk mengadakan konsultasi dan/atau rujukan 3. kecuali bila diminta oleh pengadilan atau diperlukan sehubungan dengan kepentingan klien Free Powerpoint Templates Page 11 .2.

2. Free Powerpoint Templates Page 12 . Kewajiban bidan terhadap sejawat dan tenaga kesehatan lainnya 1.c. Setiap bidan dalam melaksanakan tugasnya harus saling menghormati baik terhadap sejawatnya maupun tenaga kesehatan lainnya. Setiap bidan harus menjalin hubungan dengan teman sejawatnya untuk menciptakan suasana kerja yang serasi.

d. Kewajiban bidan terhadap profesinya 1.Setiap bidan wajib menjaga nama baik dan menjunjung tinggi citra profesi dengan menampilkan kepribadian yang bermartabat dan memberikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat Free Powerpoint Templates Page 13 .

Setiap bidan wajib senantiasa mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan profesinya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Setiap bidan senantiasa berperan serta dalam kegiatan penelitian dan kegiatan sejenisnya yang dapat meningkatkan mutu dan citra profesinya.2. 3. • Free Powerpoint Templates Page 14 .

Free Powerpoint Templates Page 15 . Setiap bidan wajib meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi 3. Setiap bidan wajib memelihara kepribadian dan penampilan diri. Setiap bidan wajib memelihara kesehatannya agar dapat melaksanakan tugas profesinya dengan baik 2. Kewajiban bidan terhadap diri sendiri 1.e.

Setiap bidan dalam menjalankan tugasnya.f. nusa. Free Powerpoint Templates Page 16 . khususnya dalam pelayananan Kesehatan Reproduksi. bangsa dan tanah air 1. senantiasa melaksanakan ketentuan-ketentuan pemerintah dalam bidang kesehatan. Kewajiban bidan terhadap pemerintah. Keluarga Berencana dan Kesehatan Keluarga.

Free Powerpoint Templates Page 17 . Setiap bidan melalui profesinya berpartisipasi dan menyumbangkan pemikiran kepada pemerintah untuk meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan kesehatan terutama pelayanan KIA/KB dan kesehatan keluarga.2.

Free Powerpoint Templates Page 18 .dan kode etik profesi. Mendapat perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas sesuai dengan profesinya. c. b. Bekerja sesuai dengan standar profesi pada setiap tingkat jenjang pelayanan kesehatan. HAK-HAK BIDAN a. Menolak keinginan pasien/klien dan keluarga yang bertentangan dengan peraturan perundangan.

Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan jenjang karir dan jabatan yang sesuai. Mendapatkan kompensasi dan kesejahteraan yang sesuai.keluarga ataupun profesi lain. Privasi/kedirian dan menuntut apabila nama baiknya dicemarkan baik oleh pasien.d. Kesempatan untuk meningkatkan diri baik melalui pendidikan maupun pelatihan. Free Powerpoint Templates Page 19 . e. f. e.

HAK ANGGOTA IBI SESUAI KEDUDUKANYA: ANGGOTA BIASA ANGGOTA ANGGOTA KEHORMATAN LUAR BIASA Free Powerpoint Templates Page 20 .

Anggota Biasa a. Berhak memilih dan dipilih Free Powerpoint Templates Page 21 . Berhak mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh organisasi b. 1. dan usul untuk kepentingan organisasi c. Berhak mengemukakan pendapat. saran.

saran. dan usul untuk kepentingan organisasi 3. 2. saran. Dapat mengemukanan pendapat. Kehormatan Dapat mengemukakan pendapat. dan usul kepentingan organisasi Free Powerpoint Templates Page 22 . Dapat mengikuti kegiatan yang dilakukan organisasi b. Anggota Luar Biasa a.

KRITERIA BIDAN YANG MEMENUHI STANDAR PELAYANAN • Falsafah dan tujuan • Pengelola pelayanan kebidanan memiliki visi. filosofi dan tujuan pelayanan 1 kebidanan yang efektif dan efisien • Administrasi dan pengelolaan • Pengelola pelayanan kebidanan memiliki pedoman pengelolaan stándar pelayanan prosedur tetap dan pelaksanaan kegiatan 2 pengelolaan yang kondusif yang memungkinkan terjadinya praktik pelayanan Free kebidanan akurat Powerpoint Templates Page 23 . misi.

Staf dan sumber daya manusia agar pelayanan pimpinan berjalan efektif dan efisien • Tersedia sarana dan peralatan untuk mendukung pencapaian tujuan 4. Fasilitas pelayanan peralatan Free Powerpoint Templates Page 24 . • Pengelola pelayanan kebidanan mempunyai program pengelolaan 3.

• Pengelola pelayan kebidanan memiliki kebijakan dalam penyelenggaraan pelayanan dan 5. Kebijakan pembinaan personal menuju dan prosedur pelayanan berkulitas • Pengelola pelayanan kebidanan memiliki program pengembangan 6. Pengembangan staff dan perencanaan pendidikan staf dan program sesuai dengan kebutuhan pelayanan pendidikan Free Powerpoint Templates Page 25 .

Evaluasi pelaksanaan kebidanan yang dan dilaksanakan secara pengendalian berkesinambungan Mutu Free Powerpoint Templates Page 26 . • Pengelola pelayanan kebidanan memiliki standar asuhan/manajemen kebidananyang diterapkan 7. Standar sebagai pedoman dalam Asuhan memberikan pelayanan kepada klien • Pengelola pelayanan kebidanan memiliki program dan 8.

BENTUK PENGHARGAAN KENAIKAN BENTUK PANGKAT LAIN TANDA UANG JASA Free Powerpoint Templates Page 27 .

sebuah penghargaan yang diberikan kepada orang yang berkontribusi bagi komunitas terdekatnya karena perannya membantu ibu-ibu di Bali dalam melahirkan anak sehat dengan selamat.Robin Lim Ia masuk dalam Top 10 CNN Heroes. Free Powerpoint Templates Page 28 .Contoh Penghargaan Bagi Bidan 1.

Free PowerpointDharmasraya Templates Page 29 . Husniar Bidan terbaik I Sri Kandi Award 2009 kategori “MDGs5” untuk meningkatkan kesehatan ibu menyisihkan sekitar 500 proposal dari bidan seluruh Indonesia Programnya memberikan pendampingan dengan langsung berkunjung ke rumah- rumah.2. toga. dan kader di desa Siguntur. pendekatan dengan toma.

Mendapatkan upah dan tunjangan kesejahteraan .Naik haji Free Powerpoint Templates Page 30 . .Peringat ketiga Bidan Teladan Tingkat Kaltim.3. . . Yece Mapagau -Pemenang program Gerakan Sayang Ibu (GSI) tingkat Kaltim.Bidan Teladan Kabupaten Nunukan.

Desty Aryani . 4.Mendapatkan penghargaan sebagai "Bidan Teladan Tingkat Propinsi“ tahun 2010 Free Powerpoint Templates Page 31 . Bengkulu . Rejang Lebong Prop.Alumni YPKP dari Kab.

SANKSI Menurut KBBI. Sanksi berlaku bagi bidan yang melanggar kode etik dan hak/kewajiban bidan yang telah diatur oleh organisasi profesi Free Powerpoint Templates Page 32 . imbalan yang berupa pembebanan/ penderitaan yang di tentukan oleh hukum aturan yang berlaku. Sanksi berarti imbalan negative.

• Pencabutan ijazah Free Powerpoint Templates Page 33 . Bentuk Sanksi • Teguran lisan • Teguran tertulis • Pencabutan izin praktek.

Landasan Hukum Dalam Pemberian Sanksi Dalam Kebidanan 1. NO. UU RI NO. UU. KUHP (KITAB UNDANG HUKUM PIDANA) Free Powerpoint Templates Page 34 . 8 /1999 TENTANG PERRLINDUNGAN KONSUMEN 3.36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN BAB XX KETENTUAN PIDANA 2.

200 juta Free Powerpoint Templates Page 35 . TAHUN 2009 Pasal 190  Pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan atau tenaga kesehatan yang melakukan praktik atau pekerjaan pada fasilitas pelayanankesehatan yang dengan sengaja tidak memberikan prtolongan terhadap pasien yang dalam keadaan gawat darurat sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 32 ayat 2 atau pasal 85 ayat 2 dipidanan dengan pidana penjara selama 2 tahun dan denda paling banyak Rp. UU NO 36.

fasilitas pelayanan kesehatan baik pemerintah maupun swasta dilarang menolak pasien atau meminta uang muka Pasal 85 ayat 2 Fasilitas pelayanan kesehatandalam memberikan pelayanan kesehatan pada bencana sebagaimana dimaksud pasal 1 dilarang menolak pasien atau meminta uang muka Free Powerpoint Templates Page 36 .Pasal 32 ayat 2 Dalam keadaaan darurat.

Pasal 195 Free Powerpoint Templates Page 37 .

Pasal 75 ayat 2 Free Powerpoint Templates Page 38 .

Pasal 200

Free Powerpoint Templates
Page 39

Pasal 128 ayat 2

Free Powerpoint Templates
Page 40

UU. No. 8 Tahun 1999 
Perlindungan konsumen

Pasal 61
Penuntutan pidana dapat dilakukan
terhadap pelaku usaha dan/atau
pengurusnya

Free Powerpoint Templates
Page 41

pasal 9. huruf e ayat 2. pasal 15.Pasal 62 Pelaku usaha yang melanggar ketentuan sebagaimana yang dimaksud pasal 8.000.- (dua milyar rupiah). dan pasal 18 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2.000. pasal 17 ayat . pasal 10. huruf a. huruf c. Free Powerpoint Templates Page 42 . pasal 13 ayat 2.000. huruf b.

. pasal 16 pasal 17 ayat 1 huruf d dan huruf f dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun atau pidana denda paling banyak Rp.Pelaku usaha yang melanggar ketentuan sebagaimana yang dimaksud pasal 11. pasal 12.000. pasal 13 ayat 1. Free Powerpoint Templates Page 43 .(lima ratus juta rupiah). pasal 14.500.000.

terhadap sanksi pidana sebagaimana dimaksud pasal 62. dapat dijatuhkan hukuman tambahan berupa Free Powerpoint Templates Page 44 . cacat tetap atau kematian diberlakukan ketentuan pidana yang berlaku. Pasal 63 Terhadap pelanggaran yang mengakibatkan luka berat. sakit berat.

dapat dijatuhkan hukuman tambahan berupa:  Perampasan barang tertentu  Pengumuman keputusan hakim  Pembayaran ganti rugi  Perintah penghentian kegiatan tertentu yang menyebabkan timbulnya kerugian konsumen  Kewajiban penarikan barang dari peredaran  Pencabutan izin usaha Free Powerpoint Templates Page 45 .Pasal 64 Terhadap sanksi pidana sebagaimana dimaksud pasal 62.

KUHP Pasal 229 1. Barang siapa dengan sengaja mengobati seorang wanita atau menyuruhnya supaya diobati. bahwa karena pengobatan itu hamilnya dapat digugurkan. Free Powerpoint Templates Page 46 . diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau denda paling banyak tiga ribu rupiah. dengan diberitahukan atau ditimbulkan harapan.

atau menjadikan perbuatan tersebut sebagai pencarian atau kebiasaan. berbuat demikian untuk mencari keuntungan. Free Powerpoint Templates Page 47 . atau jika dia seorang tabib.2. bidan atau juru obat. pidananya dapat ditambah sepertiga.Jika yang bersalah.

dalam menjalani pencarian maka dapat dicabut haknya untuk melakukan pencarian itu.3.Jika yang bersalah. melakukan kejahatan tersebut. Free Powerpoint Templates Page 48 .

dengan sengaja merampas nyawa anaknya.• Pasal 341 Seorang ibu yang. Free Powerpoint Templates Page 49 . karena takut akan ketahuan melahirkan anak. dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun. karena membunuh anak sendiri. pada saat anak dilahirkan atau tidak lama kemudian. diancam.

untuk melaksanakan niat yang ditentukan karena takut akan ketahuan bahwa akan melahirkan anak. diancam. pada saat anak dilahirkan atau tidak lama kemudian merampas nyawa anaknya. dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun.Pasal 342 Seorang ibu yang. Free Powerpoint Templates Page 50 . karena melakukan pembunuhan anak sendiri dengan rencana.

• Pasal 343 Kejahatan yang diterangkan dalam pasal 341 dan 342 dipandang. Free Powerpoint Templates Page 51 . bagi orang lain yang turut serta melakukan. diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun. • Pasal 346 Seorang wanita yang sengaja menggugurkan atau mematikan kandungannya atau menyuruh orang lain untuk itu. sebagai pembunuhan atau pembunuhan dengan rencana.

dikenakan pidana penjara paling lama lima belas tahun.• Pasal 347 1. Jika perbuatan itu mengakibatkan matinya wanita tersebut. Barangsiapa dengan sengaja menggugurkan atau mematikan kandungan seorang wanita tanpa persetujuannya. 2. Free Powerpoint Templates Page 52 . diancam dengan pidana penjara paling lama dua belas tahun.

Barangsiapa dengan sengaja menggugurkan atau mematikan kandungan seorang wanita dengan persetujuannya. Free Powerpoint Templates Page 53 .• Pasal 348 1. Jika perbuatan itu mengakibatkan matinya wanita tersebut. dikenakan pidana penjara paling lama tujuh tahun. 2. diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun enam bulan.

ataupun melakukan atau membantu melakukan salah satu kejahatan yang diterangkan dalam pasal 347 dan 348. maka pidana yang ditentukan dalam pasal itu dapat ditambah dengan sepertiga dan dapat dicabut hak untuk menjalankan pencarian dalam mana kejahatan dilakukan. bidan atau juru obat membantu melakukan kejahatan yang tersebut pasal 346. • Free Powerpoint Templates Page 54 .• Pasal 349 Jika seorang tabib.

Pasal 360 1.Pasal 359 Barang siapa karena kealpaanya menyebabkan matinya orang lain diancam dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau kurungan paling lama 1 tahun. Barang siapa karena kealpaanya menyebabkan luka-luka berat. diancam dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau kurungan paling lama 1 tahun Free Powerpoint Templates Page 55 .

jabatan/ pencaharian selama waktu tertentu. diancam dengan pidana penjara paling lama 9 bulan Free Powerpoint Templates Page 56 .Ayat 2 Barang siapa karena kealpaanya menyebabkan orang lain luka-luka sedemikian rupa sehingga menimbulkan penyakit atau halangan menjalankan pekerjaan.

yang tidak tinggal menetap di desa penempatan tugasnya. CONTOH KASUS Berdasarkan laporan masyarakat masih ada diantara Bidan PTT. Free Powerpoint Templates Page 57 . Dinas Kesehatan Bireun sudah memberikan teguran (peringatan) lisan terhadap bidan PTT.Puskesmas yang masih melalaikan tugasnya. yang belum menetap di desa penempatannya dan terhadap bidan PNS yang ditempatkan di Puskesmas.

diberikan sanksi: Bidan PTT  Tidak akan diperpanjang SKnya. Bidan PNS  ditarik ke Dinkes untuk dilakukan pembinaan.jika teguran tidak diindahkan. jika masa kontrak telah berakhir. Free Powerpoint Templates Page 58 . Jika masih juga tidak ada perubahan memperbaiki dirinya bidan PNS yang bersangkutan dalam keadaan terpaksa dibangku panjangkan (tidak naik jabatan).

• Pemberitahuan bidan PTT apabila melakukan pelanggaran dalam melaksanakan tugasnya atau tidak mampu lagi melaksanakan tugas profesinya dengan sengaja maka dikenakan sanksi tambahan berupa : Free Powerpoint Templates Page 59 .

– Larangan untuk melakukan pekerjaan bidan – Pengembalian semua penghasilan yang telah diterimanya sebesar 6 kali lipat dan biaya-biaya lainnya (Keppres No.32 tahun 1994 tentang pengangkatan bidan PTT) Free Powerpoint Templates Page 60 .

Free Powerpoint Templates Page 61 .