You are on page 1of 9

TEKNOLOGI 5G

 Perkembangan teknologi teknologi berkembang secara cepat dari generasi ke generasi.  Teknologi ini direncanakan akan resmi dirilis untuk sistem operasi selular pada tahun 2020. Dimulai dari fixed wireline sampai kepada generasi broadband  Beberapa tahun belakangan telah menjadi isu menarik tentang teknologi 5G untuk kemudian menjadi sebuah standar telekomunikasi yang baru. .LATAR BELAKANG  Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi sangat mempengaruhi kebutuhan konsumen akan ketersediaan fitur perangkat telekomunikasi.

Ketika 4G memiliki sinonim dengan LTE (Long Term Evolution). Target teknologi 5G secara umum sebagai berikut : o Data reates yang tinggi (1-10 Gbps) o Memiliki latensi dibawah 1 ms o Biaya dan energi yang efisien o 1000x kapasitas saat ini o Cakupan yang luas o Konektivitas yang stabil .TEKNOLOGI G5 Teknologi 5g merupakan suatu istilah untuk mendeskripsikan generasi teknologi jaringan mobile kelima. belum ada standar jaringan 5G yang disepakati bersama.

Misal konfigurasi MIMO 2x2 berarti di sisi pemancar dan penerima masing-masing memiliki antena. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 5G  Massive MIMO Salah satu teknologi yang digunakan dalam usulan 5G adalah Massive MIMO. Sistem MIMO . konfigurasi MIMO paling banyak yakni 8 antena Gambar 1. MIMO sendiri sudah dipakai dalam teknologi 4G. Pada LTE-A. dimana dalam tiap stasiun pemancar/penerima menggunakan antena lebih dari satu.

Evolusi infrastruktur HetNest . Wi-fi) Gamabr 2. 4G. piko atau sel femto) dan teknologi akses yang berbeda (yaitu 2G. 3G. Advanced Radio Access Networks (RANs): Heterogeneous Networks (HetNets) HetNet mengacu pada penyediaan jaringan seluler melalui kombinasi dari berbagai jenis sel (misalnya makro.

Gambar 3. dan radar. Tingginya frekuensi gelombang milimeter serta karakteristik propagasi yang khusus membuat mereka berguna untuk berbagai aplikasi termasuk transmisi data dalam jumlah besar pada jaringan komputer. Beyond 6GHz (mmWave) Gelombang milimeter / Millimetre wave (mmWave) atau disebut juga millimetre band merupakan frekuensi dengan panjang gelombang antara 10 sampai dengan 1 milimeter.  Visible Light Communication (VLC) Merupakan teknologi komunikasi data dengan menggunakan cahaya sebagai carrier. Frekuensi yang digunakan dalam VLC . Gelombang milimeter menempati spektrum 30 – 300 Ghz. sehingga dikategorikan sebagai Extremely High Frequency (EHF). komunikasi seluler.

karna banyaknya operator yang mendirikan tower untuk komunikasi base station. sehingga jumlah user dengan bandwidth yang terbatas dapat diatasi. . PARADIGMA YANG AKAN DIRUBAH OLEH 5G  Hutan tower saat ini telah dirasakan oleh kita bersama. tidak hanya menggunakan spektrum yang tinggi untuk mendapatkan user yang banyak. akan tetapi perlu adanya efisensi penggunaan throughput.  Kebutuhan spektrum frekuensi tidak mungkin menggunkan alokasi pada frekuensi yang sekarang  Network coding.

STANDAR 5G DARI METIS Mobile and wireless communication Enablers for Twenty-twenty (2020) Information Society (METIS) adalah salah satu project konsorsium untuk standarisasi teknologi 5G Gambar 4. Roadmap 5G by METIS .

KELEBIHAN 5G  Kecepatan data yang lebih signifikan dari 4G  Memiliki transfer dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan satu milidetik  Dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon. mobil dan peralatan rumah tangga  Diprediksi memiliki kecepatan 100x lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya .