You are on page 1of 8

LIGHT TRAP

KKN KELOMPOK 13
BALONGGEBANG

Kebanyakan petani menggunakan penyemprotan untuk membasmi hama. • Umumnya serangga tertarik dengan cahaya. Hal ini sangat memprihantinkan karena ketergantungan petani terhadap penggunaan pestisida tersebut dapat mengancam kelestarian alam dan kesehatan bagi konsumen dan petani yang bersangkutan. warna. . Warna yang disukai serangga biasanya warna-warna kontras seperti kuning cerah. aroma makan atau bau tertentu. LATAR BELAKANG • Hama dan penyakit tumbuhan telah menjadi hal yang paling ditakuti oleh kebanyakan petani.

Namun tidak berarti tidak dapat dicegah sejak dini. Salah satunya dengan menggunakan lampu perangkap (light trap) • Lampu perangkap merupakan suatu unit alat untuk menangkap atau menarik serangga yang tertarik cahaya pada malam hari .• Serangan hama tanaman tidak dapat dihindarkan.

TUJUAN 1) Mensosialisasikan alat light trap 2) Mendeteksi wereng dan ngengat pada padi ataupun bawang merah 3) Meningkatkan hasil panen .

Kabel listrik Rp 4000 6. Aki motor Rp 130. Cat Kayu Rp 37.000 5. Thinner B Rp 8. Kuas cat Rp 4.000 2.000 3. ANGGARAN DANA 1. Lampu Rp 15000 Total Rp 198.000 .000 4.

Gergaji 2. Aki 7. Cat Kayu 9. ALAT DAN BAHAN 1. Palu 3. Lampu 6. Kayu 5. Kuas . Kabel Listrik 8. Paku 4.

Pasang rangkaian listrik tersebut dengan rangkaian kayu jika cat tersebut sudah kering . Sambungkan rangkaian listrik tersebut dengan aki dan uji cobakan lampu tersebut 5. PROSEDUR PEMBUATAN 1. Persiapankan Kayu yang akan digunakan 2. Potong kayu sesuai kebutuhan 3. Rangkai kayu tersebut dan cat kayu tersebut agar kayunya awet 6. Rangkai listrik yang akan digunakan serta uji cobakan dengan lampu 4.

sehingga dapat minimalisir terjadinya konsleting atau arus pendek terutama pada musim hujan • Namun. karena menggunakan aki maka setiap satu minggu sekali perlu dicharge. bahan yang digunakan mudah ditemukan. biaya pembuatan serta perawatan murah. • Selain itu. light trap ini menggunakan aki untuk menyalakan lampu. .• Light trap ini sangat berguna bagi petani yang terganggu dengan hama serangga dan juga alat ini mobilitasnya sangat tinggi.