You are on page 1of 24

1

Pokok Bahasan
1. Pendahuluan
2. Pengertian program
3. Tujuan penyusunan program
4. Penjabaran rencana/program kerja
5. Komponen-komponen program
kerja
6. Sistematika penulisan program
2

Menguntungkan untuk organisasi Menentukan sebuah kepanitiaan Menentukan bidang-bidang yang dibutuhkan Menentukan garis-garis besar dan tata cara pelaksanaan program kerja dari tiap-tiap bidang Mengalokasikan sumberdaya Mengontrol jalannya pelaksanaan. 3 . PENDAHULUAN Seorang pimpinan organisasi harus bisa memilih program kerja : Menjadi prioritas utama dalam sebuah organisasi.

PENDAHULUAN Penyusunan program kerja  Merupakan pengambilan keputusan yang tepat dengan menggunakan berbagai pertimbangan sehingga langkah ke depan hampir dapat dipastikan .

PENDAHULUAN Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan. monitoring dan evaluasi) Mengembangkan kreatifitas dan alternatif pemecahan masalah Menerapkan teknik-teknik pemecahan masalah . kemampuan dalam : Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan masalah  data (laporan kegiatan.

PENGERTIAN Program merupakan rencana kegiatan yang akan dikerjakan terperinci Program merupakan strategi & langkah .langkah untuk mencapai tujuan 6 .

TUJUAN PENYUSUNAN PROGRAM  Umum : Sebagai panduan dalam melaksanakan program sehingga tercapainya tujuan  Khusus :  Adanya kejelasan langkah-langkah dalam melaksanakan program  Adanya rencana terperinci yang dibuat untuk melaksanakan program  Adanya kejelasan pelaksanaan program termasuk waktu pelaksanaan .

PENJABARAN RENCANA/PROGRAM KERJA Aspek yang diperhatikan : Visi dan misi Trend saat ini dan waktu ke depan Sumber daya yang ada Daya dukung Manajemen waktu .

Menentukan cakupan / sasaran program kerja 5. Menentukan garis besar waktu dan pelaksanaan 9 . Menentukan tujuan program kerja 4.Komponen-komponen yang harus ada: 1. Pemilihan program kerja prioritas 2. Menganalisa issu 3.

. PROGRAM KERJA PROGRAM BIDANG KEPERAWATAN KERJA…………………. TAHUN …. ORMAWA………………………… TAHUN2008 TAHUN 2008 No Nama Kegiatan Bentuk Tujuan Sasaran Indikator Sumber Waktu Pelaksanaan Ket. Kegiatan Keberhasilan Dana 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Program Rutin 1 2 Program Unggulan 1 2 Program Insidental 1 2 ..

Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan &Pelaporannya 11.Pembiayaan 10.Tujuan : Umum & Khusus 4.Sasaran 7.Pencatatan.Kegiatan Pokok & Rincian Kegiatan 5. Pelaporan & Evaluasi Kegiatan 11 . SISTEMATIKA PENULISAN (YANG LAZIM) 1.Skedul (Jadwal) Pelaksanaan Kegiatan 8.Pengorganisasian/kepanitiaan 9.Latar Belakang 3.Pendahuluan 2.Cara Melaksanakan Kegiatan 6.

Contoh :  Nama program : program peningkatan mutu layanan RS X tahun 2009. maka di judul ditulis : PROGRAM PENINGKATAN MUTU LAYANAN RS X TAHUN 2009  Nama program : program diklat RS A tahun 2009-2012. maka di judul ditulis : PROGRAM DIKLAT RS A TAHUN 2009-2012 . Petunnjuk Penulisan : Judul : ditulis nama program dan tahun pelaksanaan program.

Latar belakang Merupakan justifikasi atau alasan mengapa program tersebut disusun 13 . Petunnjuk Penulisan :  Pendahuluan Yang situlis adalah hal-hal yang bersifat umum yang masih terkait dengan judul program.

sedang tujuan khusus adalah tujuan secara rinci Kegiatan pokok dan rincian kegiatan Adalah langkah-langkah kegiatan yang harus dilakukan sehingga tercapainya program tersebut . Petunjuk Penulisan : Tujuan umum dan tujuan khusus  Merupakan tujuan program  Tujuan umum adalah tujuan scara garis besarnya.

Penunjuk Penulisan : Cara melaksankan kegiatan Adalah metode untuk melaksanakan kegiatan pokok dan rincian kegiatan .

Pada tahun 2009 terjadi pengurangan kematian demam berdarah sebesar 10% 16 . Petunjuk Penulisan :  Sasaran Adalah target per tahun yang spesifik dan terukur untuk mencapai tujuan-tujuan program Menunjukkan hasil antara yang diperlukan untuk merealisir tujuan tertentu Penyusunan sasaran program perlu memperhatikan sasaran yang baik memenuhi ``SMART`` Contoh .

Petunjuk Penulisan : Skedul (jadwal) pelaksanaan kegiatan Merupakan perencanaan waktu melaksanakan langkah-langkah kegiatan program Program 1 tahunjadwal 1 tahun Program 5 tahun jadwal 5 tahun Jadwal dapat dibuat time table .

Petunjuk Penulisan :  Pengorganisasian/kepanitiaan  Uraian tentang organisasi dan susunan tenaga pelaksana yang akan menyelenggarakan rencana  Dicantumkan struktur organisasi dan susunan staf pelaksana  Dilengkapi dengan pembagian tugas dan kewenangan masing – masing staf pelaksana 18 .

Petunjuk Penulisan :  Biaya  Uraian tentang biaya yang diperlukan untuk melaksanakan program  Besarnya biaya tergantung dari  Jumlah dan penyebaran sasaran  Jumlah dan jenis kegiatan  Jumlah dan jenis tenaga pelaksana  Jumlah dan jenis sarana yang diperlukan 19 .

contoh penulisan: setiap bulan Tim melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan. 20 . Penunjuk Penulisan : Evaluasi pelaksanaan kegiatan  Evaluasi dari jadwal.

. yang ditulis adalah cara atau bagaimana membuat laporan evaluasi dan kapan laporan tersebut harus dibuat dan ditujukan kepada siapa. Petunjuk Penulisan : Pelaporan  Bagaimana membuat laporan evaluasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Evaluasi kegiatan adalah evaluasi pelaksanaan program secara menyeluruh. yang ditulis bagaimana melakukan pencatatan kegiatan atau membuat dokumen kegiatan Pelaporan adalah bagaimana membuat laporan program dan kurun waktu laporan harus diserahkan. pelaporan dan evaluasi kegiatan Pencatatan adalah catatan kegiatan. yang ditulis bagaiman melakukan evaluasi dan kapan evaluasi harus dilakukan 22 . Petunjuk Penulisan : Pencatatan.

SELAMAT BELAJAR 23 .

24 .