You are on page 1of 19

TREND DAN ISSUE KEPERAWATAN

TREND……. Trend adalah sesuatu yang sedang “menjamur” atau sedang disukai oleh orang banyak dan sesuai dengan fakta.. Trend merupakan hal yang sangat mendasar dalam pendekatan analisa dan merupakan salah satu gambaran ataupun informasi yang terjadi saat ini . Trend merupakan suatu alur yang menuju ke arah mana pasar bergerak dan suatu pola dari peristiwa-peristiwa atau perilaku yang sama-sama dialami oleh semakin banyak orang.

• Isue adalah suatu peristiwa atau kejadiaan yang dapat di perkirakan terjadi atau tidak terjadi pada masa mendatang dan merupakan sesuatu yang sedang di bicarakan banyak orang tetapi masih belum jelas fakta atau buktinya. ISSUE……. ..

KEPERAWATAN…… Keperawatan merupakan suatu bentuk pelayanan profesional yg merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yg didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan. keluarga dan masyarakat baik sakit maupun sehat yg mencakup seluruh proses kehidupan manusia . ditujukan kepada individu. berbentuk pelayanan biopsikososiospiritual yg komprehensif.

perawat membantu masyarakat mengembangkan sumber-sumber atau meningkatkan kesejahteraan/kesehatannya. Peningkatan kesehatan (Health promotion). Dalam kegiatan ini. . Tujuan kesehatan yang ingin diwujudkan adalah mencapai derajat kesehatan yang optimal . Praktik keperawatan meliputi empat area yang terkait dengan kesehatan 1.

Pemeliharaan kesehatan (Health Maintenance).2. Perawat melakukan aktivitas untuk membantu masyarakat mempertahankan status kesehatannya. . Contoh kegiatan di sini adalah mengajarkan atau menganjurkan seorang usia lanjut melakukan latihan untuk mempertahankan kekuatan dan mobilitas otot.

Sebagai contoh adalah mengajarkan pasien merawat luka pembedahan atau membantu orang cacat mempertahankan kekuatan fisik seoptimal yang dapat dilakukan. . Pemulihan kesehatan (Health restoration). Perawat membantu pasien meningkatkan kesehatan setelah pasien memiliki masalah kesehatan atau penyakit.3.

Perawatan orang yang menjelang ajal. . rumah dan fasilitas kesehatan yang lain. Perawat memberikan rasa nyaman dan merawat orang dalam keadaan menjelang ajal.4. Kegiatan dapat dilakukan di rumah sakit.

• Ciri profesional antara lain juga meliputi: – Terbuka dengan ide baru. – menjalin rasa percaya dan konfidensi dengan pasien. – kapabilitas terhadap pekerjaan. – mempunyai pengetahuan yang memadai. berpenampilan baik. periang dan dalam bekerja tidak semata-mata berorientasi pada uang . Profesionalisme perawat • Keprofesionalan dari kemampuan perawat : – berinspirasi. memiliki rasa humor. dapat berinteraksi dengan orang lain secara harmonis.

. TREND DAN ISU GLOBAL  DUNIA TANPA BATAS (GLOBAL VILLAGE) MEMPENGARUHI SIKAP DAN POLA PERILAKU MANUSIA./KEP.  KEMAJUAN DAN PERTUKARAN IPTEK  KEMAJUAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI  MIGRASI MUDAH  INTERAKSI MANUSIA BERUBAH  KESIAPAN UNTUK BERSAING SECARA KUALITAS  SEKOLAH-SEKOLAH BERKUALITAS  KOMPETENSI GLOBAL TENAGA KES.

TREND DAN ISU NASIONAL PENDIDIKAN • LAHAN PRAKTIK TERBATAS. CENDERUNG “MUDAH” • PENELITIAN TERKAIT PENGEMBANGAN DAN UJI COBA MODEL MASIH TERBATAS • SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SANGAT TERBATAS • RASIO PENGAJAR:MAHASISWA BELUM BERIMBANG • KETERLIBATAN BERBAGAI PROFESI SELAMA PENDIDIKAN KURANG . PENDIRIAN PENDIDIKAN KEP.

Pengaruh politik terhadap keperawatan professional 2.Puskesmas .Pengaruh perawat dalam aturan dan praktik keperawatan 3. Tren dan Issue Keperawatan 1.

penyebarannya. diantaranya perubahan dalam komposisi usia. Komponen–komponen perubahan dalam masyarakat • Pertambahan penduduk. dan kepadatan penduduk kota besar. Pertambahan penduduk secara cepat (population) dan perubahan dalam gambaran penduduk. .

Perubahan pola penyakit atau transisi penyakit yaitu perubahan penyakit menular ke penyakit degenerative. depresimental dan ansietas. alkoholisme. peningkatan kecelakaan. stroke. kanker. seperti penyakit jantung. .• Transisi penyakit. dan yang akhir-akhir ini marak adalah penyalahgunaan narkotika.

Perkembangan industrialisasi serta perubahan kondisi sosial yang cepat dengan di sertai perubahan-perubahan sikap.• Perkembangan industrialisasi serta perubahan kondisi sosial. kondisi lingkungan. gaya hidup. . niali. dan masyarakat. kelompok-kelompok masyarakat baru. masalh individu.

.• Meningkatnya pengetahuan masyarakat sebagai pelayanan kesehatan akan meningkatkan juga harapan mereka terhadap mutu pelayanan keperawatan dan kesehatanpola pelayanan kesehatan yang baru akan meningkatkan pencpaian kesehatan bagi semua orang pada tahun 2000.

dan lain-lain. .• Kurang tenaga medis menyebabkan pelimpahan tanggung jawab atau wewenang pada perawat. kesehatan jiwa. Banyak pelayanan yang akan dilaksanakan di luar rumah sakit. misalnya pelayanan pada rehabilitasi. • Masyarakat akan menjadi rekan kerja dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

• Tren praktik keperawatan meliputi berbagai praktik di berbagai tempat praktik dimana perawat memiliki kemandirian yang lebih besar. . Perawat secara terus menerus meningkatkan otonomi dan penghargaan sebagai anggota tim asuhan keperawatan. Peran perawat meningkat dengan meluasnya focus asuhan keperawatan.

• Tren dalam keperawatan sebagai profesi meliputi perkembangan aspek-aspek dari keperawatan yang mengkarakteristikan keperawatan sebagai profesi meliputi: pendidikan. teori. dan kode etik. . otonomi. pelayanan.