You are on page 1of 11

POLIETILENA

Kurniawan Novaldi
11415000
Galuh Maulidyananda
1141500045

karena bahan tersebut bersifat termoplastik. . Polietilena adalah polimer yang terdiri dari rantai panjang monomer etilena (IUPAC: etena). dalam bahasa komersial lebih dikenal dengan nama plastik.DEFINISI Polietilen adalah suatu bahan yang termasuk dalam golongan polimer.

mengendap oleh hidrokarbon Titik lebur kristal: 109 – 183 °C dan karbon tetraklorida Koefisien fraksi: 0. .06 – 0. Tahan terhadap asam dan basa 4. Larutan dari suspense Konduktivitas termal : 2. Tidak tahan terhadap cahaya Kristalinitas : 55 – 85% dan oksigen Kekuatan tarik : 1250 – 4100 psi 5.3 3. Tidak larut dalam pelarut apa pun pada suhu kamar Warna : Putih 2.3 – 3. Karakteristik Polietilena Sifat – Sifat Fisika dari Polietilena Sifat.Sifat Kimia dari Polietilena Fase: Padat 1.4 Btu polietilena dengan karbon tetraklorida pada suhu sekitar in/hr ft2 60 °C dapat direaksikan dengan Cl membentuk produk lunak dan kenyal.

JENIS.JENIS POLIETILEN • Polietilena bermassa molekul sangat tinggi (Ultra high molecular weight polyethylene / UHMWPE) • Polietilena berdensitas tinggi (High density polyethylene / HDPE) • Polietilena ''cross-linked'' (Cross-linked polyethylene / PEX atau XLPE) • Polietilena berdensitas menengah (Medium density polyethylene / MDPE) • Polietilena berdensitas rendah (Low density polyethylene / LDPE) • Polietilena linier berdensitas rendah (Linear low density polyethylene / LLDPE) • Polietilena berdensitas sangat rendah (Very low density polyethylene /VLDPE) .

. Proses ini lebih dikenal dengan polimerisasi atau proses pembentukan polimer. Pembentukan Polietilena Pembuatan polietilena merupakan proses penggabungan gugus molekul penyusunan yang disebut molekul raksasa yang disebut polimer.

Diagram Proses Polietilen (Proses Ziegler) .

Kemasan deterjen f.Pipa air e.Implan pengganti bagian pinggang dan lutut .Roda gigi h. Pipa gas d.Botol susu c.Aplikasi Polietilena a. Bahan anti peluru b. Tempat sampah g.

Masalah Lingkungan Daniel Burd + Sphingomonas Pseudomonas .

Thank You .

Polietilena dikategorikan sebagai sampah yang sulit didegradasi oleh alam. membutuhkan waktu ratusan tahun bagi alam untuk mendegradasinya secara efisien. Masalah lingkungan • Penggunaan polietilena yang sangat luas menjadi masalah lingkungan yang amat serius. Daniel Burd. . memenangkan Canada-Wide Science Fair di Ottawa setelah menemukan Sphingomonas. • Pada bulan Mei tahun 2008. bakteri itu mampu mendegradasi lebih cepat. Bersama bakteri Pseudomonas. remaja Kanada berusia 16 tahun. tipe bakteri yang mampu mendegradasi polietilena.

CH2 – CH2 + R CH2 – CH2-R 2. Terminasi Penguraian inisiator dan Terminasi dapat terjadi melalui adisi molekul monomer pada salah satu radikal bebas yang terbentuk. reaksi antara radikal polimer yang sedang tumbuh dengan radikal mula-mula yang terbentuk dari inisiator (R’) . sehingga akan membentuk polimer dengan berat pada radikal monomer yang molekul tinggi terbentuk dalam tahap inisiasi. Propagasi Atau antara radikal polimer Dalam tahap ini terjadi yang sedang tumbuh dengan radikal reaksi adisi molekul monomer polimer lainnya. Inisiasi 3. ’ R-(CH2)n-CH2 + CH2- (CH2)n-R’  R-(CH2)n- CH2CH2-(CH2)n-R . Reaksi Pembentukan Polietilena 1.