You are on page 1of 13

Motivasi Kerja

Oleh :

Ira Septiyani (10011481619022)
Yoanny Ulva (10011481619026)

. Pengertian Motivasi Kerja Istilah motivasi berasal dari kata Latin “movere” yang berarti dorongan atau menggerakkan motivasi kerja adalah dorongan yang tumbuh dalam diri seseorang. baik yang berasal dari dalam dan luar dirinya untuk melakukan suatu pekerjaan dengan semangat tinggi menggunakan semua kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Ciri-Ciri Motivasi • Menurut Anoraga terdapat empat ciri motif yaitu : Motif adalah Motif dapat berbeda- Majemuk beda bagi Individu Motif dapat berubah. Beberapa Motif tidak ubah disadari .

produktivitas kesejahteraan (sense of gairah dan kemampuan kedisiplinan belonging). Tujuan Motivasi Ach. moral kerja) . Mohyi (1999) membagi tujuan motivasi sebagai berikut: Untuk Memupuk rasa Meningkatkan meningkatkan Meningkatkan Meningkatkan memiliki kreatifitas dan semangat. karyawan karyawan berkembang. (prestasi) dan kepuasan loyalitas dan karyawan kerja karyawan kerja kerja partisipasi untuk (meningkatkan karyawan.

Fungsi Motivasi • Menurut Sardiman (2007). yaitu: Mendorong manusia untuk berbuat Menentukan arah perbuatan Menyeleksi perbuatan . fungsi motivasi ada tiga.

• Manajer memotivasi bawahan dengan memberikan hukuman Motivasi Negatif kepada mereka yang pekerjannya kurang baik (prestasi rendah) . Jenis-Jenis Motivasi • Manajer memotivasi bawahan dengan memberikan hadiah Motivasi Positif kepada mereka yang berprestasi baik.

penghargaan. tunjangan hari raya Motivasi Tak Langsung (Indirect Motivation) Contohnya : memberikan fasilitas mesin-mesin yang baik. kursi yang empuk . Metode Motivasi Kerja Motivasi Langsung (Direct Motivation) Contohnya :pujian. ruang kerja yang nyaman.

Asas Motivasi Kerja ASAS ASAS MENGIKUTSERT WEWENANG YG AKAN DILEGASIKAN ASAS ASAS ADIL KOMUNIKASI ASAS ASAS PERHATIAN PENGAKUAN TIMBAL BALIK .

Gregor e) Teori Mc Clelland f) Teori Motivasi Claude S. Teori-teori kepuasan ini antara lain: a) Teori Motivasi Klasik b) Teori Maslow c) Teori Herzberg d) Teori X dan Teori Y Mc. George . Teori Motivasi • Teori Kepuasan (Content Theory) Teori ini merupakan teori yang mendasarkan atas faktor-faktor kebutuhan dan kepuasan individu yang menyebabkan bertindak dan berperilaku dengan cara tertentu.

titel. jaminan asuransi kesehatan. honorarium. Fisik/jasmani primer : gaji. promosi Sosial/rasa diterima : kelompok formal/informal. jaminan asuransi kecelakaan.Hierarki Motivasi Kerja Aktualisasi Diri Penghargaan : status. upah tunjangan. ketua organisasi Keamanan : jaminan masa pensiun. sewa perumahan. santunan kecelakaan. transportasi. .

mengarahkan. memelihara dan menghentikan perilaku individu. Teori Motivasi • Teori Proses Teori proses mengenai motivasi berusaha menjawab bagaimana menguatkan. diantaranya: a) Teori Harapan (Expectancy) b) Teori Keadilan c) Teori Pengukuhan . Teori yang tergolong ke dalam teori proses.

• faktor internal yang bersumber dari dalam individu. . bakat. kepuasan. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi • Faktor ini dapat muncul dari dalam diri (intrinsik) maupun dari luar diri (ekstrinsik). kepemimpinan. Contoh : Faktor Internal sikap terhadap pekerjaan. lingkungan kerja. Faktor Eksternal Contoh : pengawasan. • Faktor eksternal yang bersumber dari luar individu. pengalaman. gaji. minat.