You are on page 1of 14

SUMBER DATA KESEHATAN

MASYARAKAT
KELOMPOK 1

kekuatan yang menentukan jumlah kompisisi tren yang diperhitungk an. kongres mengalokasikan anggaran yang besar u ntuk pencacahan penduduk secara berkala. .Sensus Perencanaan dan pemograman di semua bidang. Di Amerika Serikat. termasuk kesehatan didasarkan pada pengetahuan jumlah dan komposisi suatu populasi.

. kongres mengalokasikan anggaran yang besar untuk pencacahan penduduk secara berkala. Di Amerika Serikat. kekuatan yang menentukan jumlah kompisisi tren yang diperhitungkan. termasuk kesehatan didasarkan pada pengetahuan jumlah dan komposisi suatu populasi. Sumber Data Kesehatan Masyarakat Sensus Perencanaan dan pemograman di semua bidang.

Tujuan dasar suastu sensus adalah menghitung jumlah kepala sebagai dasar pe mbagian secara merata jumlah legislator setiap negara bagian yang akan di kiri m ke Dewan Perwakilan . Di Amerika Serikat. ` Kata sensus berasal dari bahasa latin yang b berarti “menghitung atau menilai ” mengarah pada perhitungan atau pencacahan berkala suatu populasi. sensus telah dilakukan setiap 10 tahun sejak 1900.

De jure. yang mengalokasikan orang berdasarkan lokasi mereka pada saat pencacahan. yang menetapkan mereka berdasarkan tempat mereka menetap.Dua metode dasar pencacahan penduduk De facto. .

• Biro sensus telah berusaha untuk mengimbangi biaya d an kompleksitas pencacahan populasi yang bahkan men ingkat dengan menggunakan teknologi maju. • Selama tahun 1950 sensus dilakukan oleh pencacah terl atih yang mengunjungi setiap rumah tangga untuk men gumpulkan data. seperti ka rtu tekan (1890) dan scan optik (1960). • Sensus tahun 1960 memperkenalkan sensus diri sendiri. tahun 1970 menggunakan surat untuk distribusi dan pen .

Konsep Area Statistik Metropolitan Standar (SMSA) telah diperkenalkan untuk melenbgkapi unit ini. Agar memnuhi syarat sebagai suatu area SMSA harus memenuhi kriteria yang berhubungan dengan ukuran. Sejak tahun 1950 terdapat penekanan pada klasifikasi suatu area seb agai metropolitan atau nonmetropolitan seperti halnya kota dan des a. dan proporsi minimum tenaga kerja yang bekerja pada bidang non pertanian . kepadatan populasi minimum. unit untuk mencakup keduanya diperlukan sebagai dasar deskripsi statistik. Interaksi yang meluas antara kota dan area sekitarnya. integrasi sosial dan ekonomi kota dan wilayah disekitarnya.

• Keterbatasan Sensus adalah bahwa perhitungan setiap sepu luh tahun tidak dapat memberikan informasi yang akurat d a up to date yang diperlukan bagi populasi yang berkemba ng dan memiliki mobilitas tinggi. • Informasi yang dilengkapi oleh setiap orang pada sensus b ersifat rahasia dan tidak tersedia bagi petugas swasta maup un pemerintah kecuali dalam bentuk rangkuman komplikas . • Keterbatasan ini diatasi dengan survei sampel bulanan 500 00 rumah tangga yang dikenal sebagai Survei Populasi Ter baru (CPS).

STATISTIK VITAL 01 Sertifikat Kematian 02 Sertifikat Kelahiran Sumber informasi utama kejadian vital terkait kesehatan suatu populasi 03 Sertifikat Kematian Janin .

Sertifikat Kematian Mencantumkan : Pihak yang terlibat dalam pembuatan: Identitas Dokter Karakteristik Pemeriksa medis Penyebab Kematian Petugas forensik .

Sertifikat Kelahiran 01 Catatan Your publik Text terbuka Catatan khusus untuk Here 02 petugas medis mengidentifikasi • ras dan pendidikan orang tua anak-anak dan orang tuanya • jumlah perawatan sebelum kel ahiran Your Text Here • komplikasi kehamilan dan pers alinan • berat bayi • malformasi kongenital .

gian dalam tahap perkembang Your Text Here an janin pada tempat registrasi dilakukan . Sertifikat Kematian Janin Your Text janin Definisi kematian Here Masalah Utama meliputi semua kematian janin. • registrasi yang tidak lengkap tanpa menghiraukan umur • perbedaan diantara negara ba perkembangan janin.

masyarakat. Fungsi Statistik Vital Menentukan masalah dan Menentukan prioritas program kes 01 penyebab masalah kesehatan 04 ehatan suatu daerah. kesehatan. Menentukan kontrol dan pemelihar Menilai dan membandingkan 05 aan selama pelaksanaan program 02 tingkat kesehatan masyarakat. Menyebarluaskan informasi Menentukan prioritas program 06 tentang situasi kesehatan dan 03 kesehatan suatu daerah. program kesehatan .

Thank you .