You are on page 1of 12

•Data, Network, & Voice Communication

Telekomunikasi adalah sekumpulan peralatan dan prosedur untuk mengkomunikasikan
sinyal. Telekomunikasi memfasilitasi system operasi untuk berkomunikasi dengan user
jarak jauh atau computer lain melalui jaringan komunikasi. Termasuk didalamnya
komunikasi data antara terminal dan computer dan komunikasi suara menggunakan
telepon.
Jaringan dapat dibangun dengan konfigurasi dan servis yang berbeda. Berikut ini adalah
komponen dari jaringan telekomunikasi :
1.Terminal-terminal
2.Modem(modulator?demodulator)
3.Multiplexor/concentrator
4.Saluran komunikasi
5.Pemroses komunikasi front end
6.Cluster controller
7.Protocol converter
8.Spool
9.Buffer

•Line circuit switching Membuat koneksi temporer antara saluran input dan saluran output ketika saluran input melebihi jumlah saluran output.Data dikirimkan dari satu komputer ke komputer lainnya dengan menggunakan teknik pengiriman data tertentu. •Massage switching Mengirimkan pesan penuh ke titik konsentrasi untuk disimpan dan menentukan rut eke titik tujuan ketika jalur komunikasi tersedia •Packet switching Cara yang paling canggih untuk memaksimalkan kapasitas transmisi jaringan •Circuit switching Switch jaringan berdasarkan sirkuit .

•Network layer Mengirimkan paket. ptotokol transfer file. menyediakan perbaikan kesalahan dan pengendalian arus data. dan memutuskan koneksi(sesi) diantara aplikasi yang bekerja sama. •Physical layer Mengirimkan bit dalam saluran untuk memulai. juga menyediakan manajemen jaringan. mengelola.•Standar Jaringan Dan Protokol International standard organization (ISO) membuat model yang disebut Open Sistem Interconnection (OSI). •Transport layer Menyediakan transfer data yang transparan dan dapat diandalkan. dan memutuskan saluran fisik. memelihara. •Data link layer Menyediakan transfer data yang dapat diandalkan melalui saluran fisik. melakukan. Model OSI mendefinisikan tujuh layer arsitektur hirarki yang secara logika membagi fungsi-fungsi yang dibutuhkan untuk mendukung komunikasi system ke system. manajemen jaringan dan validasi informasi. .. Model ISO/OSI sebagai berikut: •Application layer Menyediakan servis kepada user layer OSI lingkungan seperti server transaksi. •Presentation layer Melakukan transformasi data untuk menyediakan antarmuka aplikasi standard an menyediakan servis komunikais bersama misalnya enskripso dan kompresi teks •Session layer Menyediakan struktur pengendalian untuk komunikasi diantara aplikasi.

Beberapa jenis kabel yang cocok untuk berbagai lingkungan fisik diantaranya : (i)shielded twisted pair(STP) (ii)screened unshielded twisted pair(S/UTP) (iii)screened shielded twisted pair(S/STP or S/FTP) (iv)unshielded twisted pair(UTP) .Media Transmisi Beberapa kabel yang pernah digunakan dan masih digunakan sampai dengan saat ini dalam jaringan area lokal diantaranya adalah: •Twisted-pair cable Kabel yang diplintir/berputar berpasangan adalah kabel tipis yang berisi empat pasang kabel/kawat tembaga yang terisolasi.

diantaranya •Category 3 Kabel tertua yang masih diakui sebagai kabel standar.Kabel-kabel ini tersedia dala berbagai kapasitas sesuai dengan kebutuhan bandwidth. mampu mengangkut 10 Mbit Ethernet hingga 100 m(328 ft) •Category 5 Cocok untuk 10 Mbit. dan 1000 Mbit (1 Gbit) etherest jarak hingga 100 m (328 ft). dan bukan sinyal listrik melalui kabel logam. 100 Mbit. yang merupakan metode transmisi informasi dengan menggunakan gelombang cahaya. •Category 6 Cat-6 kabel sangat menyerupai dan kompatibel dengan kabel cat-5 dan cat 5e •Category 7 Dikembangkan untuk memungkinkan jaringan 10 Gbit Etherest dan jangkauan yang dapat lebih dari 100m •Fiber optic cable Media transmisi menggunakan komunikasi serat optik. .

Beberpa jenis kabel yglebih tua yang pernah digunakan dalam jaringan computer. dikelilingi oleh perisai logam. •Serial Koneksi jaringan computer awal untuk hubungan langsung ( point-to- point) dulu menggunakan jenis kabel serial yang dapat dihubungkan ke port serial dalam komputer . diantaranya: •Coaxial Kabel coaxial terdiri dari konduktor dalam yang solid yang dikelilingi oleh jaket isolasi.

suara dan video. Servis ini mengintegrasikan komunikasi suara. Dan Video( Integrated Services Digital Network ISDN) ISDN adalah arsitektur untuk telekomunikasi dunia. user akan melihat halaman multimedia yang terdiri atas teks. Cara yang paling umum mengakses informasi di internet adalah melalui world wide web. Bahasa yang memungkinkan user melihat halaman web dan menggunakan link hiperteks adalah hyper text markup language(HTML). grafik. data dan video melalui transmisi dan switching digital. Data. Ketika user mengakses web.Integrasi Suara. Web menggunakan link hiperteks yang memungkinkan user berpindah dari satu tempat ke tempat lain di web. Namun internet adalah bentuk anarki elektronik murni. Tidak ada orang. atau organisasi yang mengelola internet. Internet Saat ini infrastruktur internet sudah sangat luas dan mencakup jaringan global. . Teknologi ISDN yang sekarang diimplementasikan yaitu ISDN narrow band( basic rate) dan ISDN broadband. World wide web merupakan bagian yang paling cepat berkembang dan paling inovatif di internet. grup.

Software LAN perlu memberikan sekuriti terhadap program maupun data.Keamanan Infrastruktur Jaringan Jaringan komunikasi WAN atau LAN umumnya meliputi alat-alat yang terhubung dengan jaringan. Enkripsi secara umum digunakan untuk •Melindungi data dalam perjalan melalui jaringan dari gangguan dan manipulai yang tidak terotorisasi •Melindungi informasi yang disimpan dalam komputer terhadap penglihatan dan manipulasi yang tidak terotorisasi •Mengurangi dan mendeteksi perubahan data secara tidak sengaja . dan program/file yang mendukung operasi jaringan •Sekuriti Local Area Network (LAN) Sebuah jaringan komputer yang memfasilitasi penyimpanan dan penarikan program dan data yang digunakan oleh sekelompok orang. •Sekuriti Client/server Pada dasarnya mengandung berbagai titik akses. Prosedur sekuriti untuk lingkungan server ini terkadang tidak dapat dipahami dengan baik atau tidak terlindungi seperti lingkungan pemrosesan dengan dasar mainframe Enkripsi (encryption) Enkripsi merupakan proses pengkorvesian suatu pesan plaintext ke dalam bentuk teks kode yang aman yang disebut ciphortext yang tidak dapat dimengerti jika tidak mengkonversinya kembali melalui proses pembalikan/dekripsi ke plaintext lagi.

Firewall Firewall adalah kombibnasi hardware dan software yang dibangun menggunakan routers. Ketika seseorang yang memasuki jaringan perusahaan ingin mengakses suatu server pada internet. Masalah yang dapat dihadapi organisasi yang mengimplementasikan firewall adalah: •Firewall dapat dielakkan melalui penggunaan modem yang mengkoneksi user ke internet service provider. •Firewall yang konfigurasinya salah . servers dan suatu jenis software. Proxy server juga digunakan dalam firewall. permintan dari komputer itu dikirim ke proxy server. kemudian proxy server menghubungi server pada internet daan proxy server mengirimkan informasi dari server internet ke komputer dalam jaringan perusahaan. memungkinkan servis yang tidak diketahui dan berbahaya lewat secara bebas •Kesalahpahaman tentang apa yang ada dalam suatu firewall •Pemantauan aktivitas tidak dilakukan secara teratur .

harus mendukung visi. Arsitektur jaringan seperti halnya aspek lain dari teknologi informasi. baik dalam suatu organisasi atau diantar komputer. Network Infrastruktur Jaringan digunakan untuk mengangkut data dari suatru komputer ke komputer lain. dan sasaran organisasi. namun secara keseluruhan terdiri dari desain komunikasi jaringan dalam organisasi. Infrastruktur jaringan adalah kumpulan perangkat termasuk kabel yang memfasilitasi komunikasi jaringan. Istilah arsitektur jaringan dapat memiliki beberapa arti. •IDS network-based Mengidentifikasi serangan dalam jaringan yang dipantau dan mengeluarkan suatu peringatan ke operator. . misi. mendeteksi pola serangan dan mengeluarkan tanda siaga. •IDS host based Dikonfigurasikan untuk suatu lingkungan spesifik dan akan memantau berbagai sumberdaya internal dari system operasi untuk member peringatan adanya kemungkinan serangan. tujuan.Intrusion Detection System(IDS) Merupakan alat bantu dalam mendeteksi adanya serangan.

seperti contohnya ear sets ponsel. •Bluetooth Salah satu standar komunikasi udara jarak pendek untuk komunikasi data antara perangkat komputer dan dengan menggunakan perangkat yang mengkonsumsi daya rendah yang mendukung penggunaan perangkat yang sangat kecil. •IrDA Singkatan dari infrared data association. yang merupakan organisasi yang telah mengembangkan standar teknis untuk poiny-to-point komunikasi data menggunakan cahaya inframerah . memeiliki bandwidth yang tinggi dengan protocol nirkabel yang digunakan untuk jaringan area personal.11i/a/b/n standar.Wireless Networks Komunikasi komputer saat ini dapat dilakukan tanpa koneksi kabel atau dikenal dengan istilah teknologi nirkabel. •Wireless USB Komunikasi data jarak pendek. Beberapa standar komunikasi nirkabel diantaranya : •Wifi Istilah yang populer digunakan untuk menggambarkan bebrrapa standar serupa yang dikembangkan di sekitar IEEE 802.

Alamat Komputer Setiap perangkat komputer membutuhkan identifikasi atau pengalaman sebagai pengenal antar komputer. dengan istilah subnet mask. Pada saat sebuah komputer akan melakukan komunikasi dengan komputer/perangkat komputer lainnya. maka komputer pengirim akan mengecek alamat dari komputer tujuan. jika tidak maka data akan membutuhkan gerbang (gateway) untuk berkomunikasi dengan perangkat komputer dari jaringan yang lain. Sebuah jaringan selain memiliki alamat IP juga dapat memiliki alamat jaringan atau kita mengenalnya. Setiap komputer yang akan berkomunikasi pertama-tama akan mengecek apakah data akan dikirim ke alamat jaringan yang sama. Setiap perangkat komputer memiliki alamat IP yang unik dan tidak boleh ada yang sama. .