You are on page 1of 18

BAGIAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT REFERAT

FAKULTAS KEDOKTERAN MARET 2018
UNIVERSITAS PATTIMURA
“PENGARUH TERAPI HIPERBARIK PADA PENYEMBUHAN
PENYAKIT JANTUNG KORONER”

Disusun oleh:

GARRY RIAN RUMASORENG
IDA AMSIYATI
AMANDA JUNOD RUMALATU

Pembimbing I : Letkol Laut (K) dr. Ali Setiawan, Sp.B
Pembimbing II : Lettu Laut (K) dr. Andhika A. Artanto

PANGKALAN UTAMA TNI AL IX
RUMKITAL dr. F.X. Suhardjo
2018

.DEFINISI penyakit jantung akibat penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah koroner WHO gangguan pada miokardium karena ketidakseimbangan antara aliran darah koroner dengan kebutuhan oksigen miokardium sebagai akibat adanya perubahan pada sirkulasi koroner yang dapat bersifat akut (mendadak) maupun kronik (menahun).

Klasifikasi Sindroma Angina pektoris Koroner Akut stabil Angina pektoris Infark miokard tidak stabil akut .

Faktor Risiko • Hipertensi • Umur Modifiable Unmodifiable • Hiperkolesterolemia • Jenis kelamin • Merokok • Genetik • Diabetes • Obesitas • Stres .

.

Ca dipertahankan > 90%). B-bloker. Anti platelet oral: aspirin. Morfin iv bila nyeri tidak teratasi Terapi tambahan: Ace inhibitor/ ARB. Aspirin 160mg (dikunyah). antagonis. LMWH).TATALAKSANA Guideline AHA 2010 Tatalaksana awal Tatalaksana lanjut Oksigen 4L/ menit (saturasi Anti iskemik: nitrat. clopidogrel. Nitrat diberikan 5mg SL (dapat Anti koagulan: heparin (UFH. diulang 3x) lalu drip bila masih nyeri. dengan nitrat Statin .

Sejarah HBOT Behnke 1930 Indikasi awal  penyakit dekompresi Indonesia  RSAL Dr. Ramelan 1960 .

Oksigen Hiperbarik HBOT  pernapasan oksigen murni tekanan udara yang lebih tinggi dari normal jumlah oksigen ↑ Tekanan udara tinggi O2 dibawa oleh darah .

MEKANISME Memodulasi nitrit okside (NO) PENGOBATAN HIPERBARIK pada sel endotel Intermediet vaskuler endotel Siklus Krebs Fibroblast ↑ growth factor terjadi ↑ NADH (VEGF) ↑ Sintesis Kolagen sintesis Penyembuhan proteoglikan (proses luka dengan VEGF remodeling) .

O2 100% memicu meningkatnya fibroblast. sintesa kolagen. peningkatan leukosit killing angiogenesis yang menyebabkan neovaskularisasi peningkatan dan perbaikan aliran darah mikrovaskular Densitas kapiler meningkat daerah yang mengalami iskemia akan mengalami reperfusi peningkatan NO hingga 4-5 kali . rasio RNA/DNA.

Ellestad Hubungan Terapi Hiperbarik mempercepat perbaikan dari nyeri dada Oksigen Terapi dengan HBOT meminimalkan kerusakan jantung meningkatkan kapasitas Kardiovaskular pompa jantung meningkatkan kemampuan obat antikoagulan penatalaksanaan emergency pada heart attack AHA .

271 HBOT Nyeri ↓ menit 671 TPA Nyeri ↓ menit 10 menit dalam HBOT Nyeri mulai berkurang .

ST Ellestad normalization jantung kembali ke 188 menit aktivitas HBOT normal Waktu terbaik 50% waktu 374 menit yang tanpa diperlukan HBOT HBOT 30 menit .

Stennblock Kardiovaskuler 13 manfaat HBOT efek defibrilasi yang luar biasa sehingga kontraksi yang cepat. Sistem Dr. tidak capat ataupun tidak efektif dapat dicegah kematian sel otot jantung total dapat dihindari. dan dilatasi abnormal dari pembuluh darah dengan komplikasi selanjutnya dikendalikan .

saat mereka menerima HBOT Pemberian HBOT menurunkan kolesterol pada 220 pasien yang dikutip dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang internist Rusia . bersamaan dengan menghilangnya dyspnea (sulit bernafas).Penggunaan HBOT bersamaan dengan berbagai obat meningkatkan keefektifan keduanya Menggabungkan HBOT dengan obat-obatan akan benar-benar menahan dan mengurangi serangan angina pada pasien yang resisten terhadap pengobatan jangka panjang Pasien dengan nyeri jantung akibat penyakit jantung iskemik mengalami kelegaan total.

. HBOT memiliki aksi antiaritmia pada jantung. Untuk mengurangi daya otot jantung.HBOT menormalisasikan elektrokardiogram pada semua pasien dalam studi Soviet yang sama. HBO menggunakan efek normalisasi jangka panjang untuk sirkulasi darah melalui tubuh. HBOT meningkatkan toleransi pasien terhadap kerja keras dan beban fisik yang lebih berat.

HBO memiliki efek perlindungan jangka panjang dan jangka pendek untuk orang dengan masalah jantung.HBOT pada tekanan 3 ATA. . oksigen pernapasan dibawah tekanan menstabilkan metabolisme lemak yang terganggu dan memperbaiki fungsi hati pada seseorang dengan penyakit jantung iskemik. melindungi jantung individu dari kerusakan akibat kekurangan oksigen. Tanpa menggunakan obat apapun. Karena karakteristik stres dan tekanan yang menyulitkan. Seluruh sistem konduksi jantung berfungsi lebih baik setelah menerima pengobatan HBO.

T H A N K Y O U .