You are on page 1of 30

• Seorang Austria keturunan Yahudi
dan pendiri aliran psikoanalisis
dalam bidang ilmu psikologi.

• Lahir : 6 Mei 1856,Ceko

• Meninggal: 23 September 1939

 Konsep dari teori Freud yang paling terkenal adalah tentang adanya alam bawah sadar (Unconscious) yang mengendalikan sebagian besar perilaku. yakni :  Unconscious (bawah sadar)  Pre-conscious (pra-sadar)  Conscious (sadar) . kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran.  Menurut Freud.

Teori Konsep Personalitas (Psyche) Freud  Perilaku yang abnormal dapat berasal dari kejadian-kejadian dimasa lampau individu dalam respon terhadap implus-implus yang tidak disadari dan tidak dapat dikontrol.  Perilaku normal maupun abnormal merupakan hasil dari interkasi :  Id (Das Es)  Igo (Das Ich)  Super ego (Das Ueber Ich) .

Id (Das Es)  Instansi kepribadian yang paling mendasar  Orisinil & paling primitive  Bersifat impulsif  Unconscious  Menggunakan Pleasure principal .

Ego memiliki 3 fungsi.  Memakai prinsip realistic (reality principle)  Untuk melaksanakan tugas itu. . yaitu:  Reality testing  Identify  Defense mechanism  Ego juga berfungsi untuk selalu menyesuaikan diri dengan realitas hidup.Igo (Das Ich)  Terbentuk karena adanya kebutuhan sinkronisasi (mengatur interaksi dan transaksi) antara kebutuhan Id (internal) dengan realitas dunia (eksternal).

 Memakai prinsip idealistic  Superego merupakan dasar hati nurani/ moril. . berupa larangan atau norma yang berasal dari luar. dan memainkan peran sensor/ Censoring principle dalam hidup kita. diolah sedemikian rupa sehingga akhirnya terpancar dan seolah- olah dihayati dari dalam.Super ego (Das Ueber Ich)  Merupakan kekuatan moral dan etik dari kepribadian.

DEFENISI MEKANISME PERTAHANAN  Mekanisme pertahanan diri merupakan pola perasaan. pikiran. atau perilaku yang secara relative involunter. bersumber dari alam bawah sadar (Unconscious) yang digunakan ego untuk mengurangi konflik antara dunia internal individu dengan realitas eksternal dan timbul sebagai respon terhadap persepsi bahaya psikik.  Mekanisme pertahanan diri yang dipakai oleh individu akan tergantung pada banyak faktor (kepribadian dan lingkungan sosial) dan setiap individu mempunyai pola mekanisme yang berbeda. .

.Fungsi Mekanisme Pertahanan  Fungsi mekanisme pertahanan diri. yaitu :  Kurang realistic  Tidak berorientasi kepada tugas  Mengandung penipuan diri  Sebagian besar bekerja secara tidak disadari sehingga sukar untuk dinilai dan dievaluasi secara sadar. yaitu :  Memperlunak kegagalan  Mengurangi kecemasan  Mengurangi perasaan yang menyakitkan  Mempertahankan perasaan layak dan harga diri  Sifat mekanisme pertahanan diri.

.

 Berorientasi pada pemuasan Id .1. Narsistik  Pertahanan paling primitif  Umunya digunakan oleh anak-anak dan orang yang mengalami gangguan psikotik serta skizofrenia.

 Distorsi  Menggunakan sikap tingkah laku atau pikiran yang aneh-aneh yang tidak sesuai dengan logika dan realita. Yang termasuk dalam narsistik. sehingga timbul waham dan halusinasi atau ilusi. tidak mau mengakui atau tidak mau menerima kenyataan. .  Idealisasi primitif  Objek eksternal yang dipandang sebagai baik atau jahat dan diberkati secara tidak realistik oleh kekuatan yang besar. Sangat sering. objek "baik" dipandang sebagai maha kuasa. yaitu :  Penyangkalan (Denial)  Menolak.

Imatur (immature)  Dilakukan dengan sikap kekanak-kanakan (tidak dewasa).  Terlihat pada remaja. . beberapa pasien obsesif-kompulsif dan pasien histerikal dan pada orang dewasa dalam stress.

Dalam istilah psikoanalitik. mengarahkan kemarahan mereka pada diri sendiri.  Agresi-pasif  Individu dengan mekanisme pertahanan ini. Umumnya untuk menghindari tanggung jawab. Yang termasuk dalam mekanisme pertahanan imatur adalah :  Acting out  Langsung mencetuskan perasaan bila keinginan terhalang. fenomena ini disebut masokisme .  Hipokondriasis  Mekanisme pertahanan dengan mengalihkan pada keluhan-keluhan fisik (somasi).

 Regresi  Terjadi akibat individu tidak dapat mengatasi kecemasannya. melamun. ego hanya mengabaikan konflik dan kembali ke awal dengan cara bersikap seperti pada waktu fase anak-anak.  Fantasi Skizoid (Khayalan)  Individu mencari penghiburan dan kepuasan dalam diri mereka yang dengan mencipatakan kehidupan khayalan – teman khayalan. keintiman interpersonal dihindari  Somatisasi  Seperti hipokondriasis tetapi rasa sakit yang dikeluhkan meliputi badan atau seluruh tubuh. . Sering tampak mengasingkan diri.

. Identifikasi  Identifikasi merupakan upaya untuk menambah rasa percaya diri dengan menyamakan diri dengan orang lain atau institusi yang mempunyai nama.  Proyeksi (projection)  Dimana menyalahkan orang lain atas kelalaian dan kesalahan-kesalahan atau kekurangan diri sendiri.

 Beberapa mekanisme pembelaan neurotik. . khawatir. was-was dan ketakutan). antara lain ialah:  Controlling  Tingkah laku suka mengawasi mengontrol atau memantau orang lain dan lingkungan untuk kepentingan diri sendiri.  Isolasi  Mekanisme pertahanan dengan cara mengasingkan diri.Neurotik  Suatu mekanisme pembelaan yang dilakukan dengan sikap dan tingkah laku neurotik (dengan keluhan cemas.

namun sumber kemarahan tidak diganti. .  Represi  Mengubur. atau menghindari konflik yang dihadapi terutama implus yang berasal dari Id yang tidak dapat diterima.  Intelektualisasi  Mekanisme pertahanan dengan cara memperhatikan intelektualitasnya. Displacement  Memindahkan atau mengganti obyek emosi atau kemarahannya pada orang lain. menekan. tanpa disadari ke dalam alam bawah sadar.

dapat dipercaya dan dapat disetujui oleh social secara umum  Pembentukkan reaksi (reaction formation)  Impuls yang tidak dapat diterima diubah menjadi kebalikannya. sendirian atau kombinasi.  Inhibisi  Pembatasan atau penolakan fungsi ego terjadi secara disadari. Disosiasi  Penggantian mirip terhadap afek yang tidak menyenangkan dengan yang menyenangkan. untuk menghilangkan kecemasan. .  Rasionalisasi  Mekanisme pertahanan dengan cara membuktikan perilaku seseorang itu rasional.

 Ada beberapa macam mekanisme pembelaan yang mature.  Antisipasi  Mekanisme pertahanan dengan cara melakukan antisipasi untuk masa depan dengan membuat rencana yang cermat. positif. jelas dan efektif dalam penggunaan waktu. antara lain :  Altruisme  Orang yang mampu mengorbankan diri sendiri untuk kepentingan orang lain tetapi tanpa merugikan diri sendiri. .Matur (mature)  Mekanisme pertahanan yang normal dan sehat dari kehidupan dewasa.

 Sublimasi  Kemampuan mengganti dorongan instink atau tujuan yang tidak baik dengan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat (positif) atau dapat diterima oleh masyarakat.  Supresi  Melupakan kekecewaan atau kegagalan yang dihadapi dengan penuh kesadaran. Humor  Mekanisme pertahanan yang ditunjukkan dengan cara membuat humor agar orang lain tertawa. .

PSIKOPATOLOGI  Setiap stadium siklus kehidupan mempunyai hasil psikopatologi sendiri jika tidak diatasi dengan berhasil. yaitu :  Kepercayaan dasar  Otonomi  Inisiatif  Industri  Identitas  Keintiman .

.

Fase Oral – sensori (lahir -18 bln) • Dilingkungan sekitar pasien. tinggal bersama dan pengeluaran feses suaminya. tidak ada yang mengalami gejala penyakit seperti ini. • Konflik anaktraining → toilet laki-laki dan& istrinya nampak yang pada saat bekerja sebagai konstipasi. Fase Anal (18 bln – 3th) • Keluarga Ibu S termasuk golongan ekonomi • Pemuasan kenikmatan sensual berasal dari retensi menengah ke bawah . . cucunya masih SD. merokok. menggigit. • Aktifitas melibatkan mulut (mengunyah. karyawan kelambatan di bank & 2 orang dan kesakitan. menghisap) → sumber kenikmatan • Jika terhalang→ kompensasi : mengunyah permen karet.

Keingin tahuan sex terbukti • Sesuatu yg timbul dari kompleks Oedipus dan Electra Fase Laten (6th-12th) • 6th-pubertas/ masa sekolah • Periode tenang • Keterkaitan seks dialihkan melalui bermain dan perolehan ketrampilan . Fase Phalic (3-5th) • Manipulasi genetalia mengahasilkan sensasi yg luar biasa menyenangkan • Mastrubasi.

Genital(12-21th) • Genetal menjadi pusat tekanan dan kesenangan seksual • Produksi hormon seksual menstimulasi perkembanagan hub Heteroseksual • Waktu peningkatan biologis pada saat peningkatan emosi yang belum matur sering terjadi pada awal fase • Perkembangan untuk memberi dan menerima cinta yg matang .

.

Sadock B J. (1894). In: I Made Wiguna S. Ac • Chang-Ghone. Tangerang: Bina Rupa Aksara Inc. The Ego and The Mechanisms of Defense. Kim. DAFTAR PUSTAKA • Freud. • Freud.eds. 3: 41-61.Gangguan Kepribadian . A. London : Hogarth Press and Institute of Psycho-Analysis. S. • Bahan Ajar Mekanisme Pertahanan Diri. The Neuro-psychoses of Defense. (1937). 2010:258 -290. SE. UGM.Grebb J A. Sinopsis Psikiatri Jilid 2. Elisa. • Kaplan H I. Abnormal Psychology -Lauren B. Alloy .