PENGELOMPOKKAN NILAI/ NILAI RATA-RATA 90 ± 100 : A : Sangat Memuaskan 76 ± 89 : B : Memuaskan 60 ± 75 : C : Cukup Memuaskan Nilai Rata-rata : = 75 ( C ) Jumlah

Nilai Jumlah Mata Ujian

Kurikulum Berbasis Kompetensi ‡ ‡ ‡ ‡ Kompetensi, harus kata kerja (memangkas) Subkompetensi/elemen Materi standar, bisa disamakan dengan TIK Indikator/kriteria unjuk kerja

‡ Frame Perias ‡ Perispan Bahan ‡ Persiapan Merias

Apa Pengertian Metodologi Pembelajaran (MP) ? Metodologi Pembelajaran: Membahas masalah bagaimana membelajarkan warga belajar/peserta didik agar harapanharapannya dalam bentuk perubahan positif pada perkembangannya dapat tercapai secara memuaskan.

sosiologi dan ilmu komunikasi.Dalam metodologi Pembelajaran meliputi apa saja? Metodologi pembelajaran meliputi tiga unsur yaitu Psychologi belajar. .

.Apa Tujuan nya MP? Metodologi pembelajaran bertujuan : untuk membantu para pendidik/guru/instruktur untuk merencanakan dan melaksanakan cara-cara yang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran (goal).

Apa kegunaan MP ? Kegunaannya adalah: Mendorong para pendidik/guru/instruktur untuk melakukan praktikum dengan menggunakan berbagai metode yang sesuai dengan prosedurnya .

Menggunakan apa di dalam MP? Di dalam MP menggunakan berbagai variasi metode .

Mengapa MP diperlukan? ‡ Kualitas hasil belajar merupakan indikator keberhasilan suatu metode ‡ Hasil belajar yang berkualitas tentu menggunakan berbagai variasi metode ‡ Variasi metode akan memunculkan perubahan perilaku pada peserta didik ‡ MP diperlukan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar warga belajar/peserta didik. .

Penggunaan metode yang tepat Bermanfaat Efektif ‡ Kapan metode layak diterapkan ? ‡ Bagaimana menyiapkan dan menerapkan metode agar berhasil? ‡ Bagaimana merangsang warga belajar/peserta didik agar / untuk berfikir melalui berbagai teknik bertanya? ‡ Bagaimana mengidentifikasikan dan mengkaji alternatif pemecahan masalah melalui metode? ‡ Bagaimana menumbuhkan situasi dan kecakapan bekerjasama melalui metode? ‡ Bagaimana peserta didik memiliki berbagai keterampilan dan proses berfikir? Dst .

Di Dalam Metodologi Pembelajaran menuntut pendidik/guru atau instruktur untuk memiliki Keterampilan ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Bertanya Menjawab Memberi penguatan Mengadakan variasi Menjelaskan ‡ Membuka dan menutup pelajaran ‡ Membimbing diskusi ‡ Mengelola pembelajaran ‡ Mengajar kelompok kecil dan perorangan .

Bagaimana Kedudukan MP dalam sistem Pembelajaran ? Tujuan Metode MP Evaluasi Media .

Metode Pembelajaran ‡ Metode : Alat / cara / teknik yang digunakan pendidik/guru/instruktur untuk menciptakan situasi yang memungkinkan terjadi interaksi antara pendidik/guru/instruktur kepada warga belajar/peserta didik. afektif maupun psikomotorik ‡ Metode Pembelajaran: Alat / cara / teknik yang digunakan pendidik/guru/instruktur dalam menyampaikan materi pelajaran / mengarahkan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan . baik yang bersifat kognitif.

‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Macam-macam Metode Pembelajaran Metode Ceramah: Cara penyajian pelajaran yang dilakukan dengan penuturan/penjelasan Metode ini dapat digunakan untuk: Memulai kegiatan pembelajaran Informasi yang akan disampaikan banyak dengan waktu yang terbatas Jumlah siswa yang banyak/kelompok besar Menjelaskan pokok-pokok materi penting dalam hubungannya dengan kerangka yang lebih umum dan menyeluruh Menjelaskan materi baru Memberi kesimpulan .

terutama dari pendidik/ guru/instruktur kepada WB/peserta didik ‡ Metode ini dapat digunakan untuk: ‡ Merangsang warga belajar untuk melatih dan mengembangkan daya pikir termasuk daya ingatannya ‡ Mengembangkan keberanian dan keterampilan WB dalam menjawab dan mengemukakan pendapat ‡ Mengetahui tingkat penguasaan WB terhadap pelajaran yang sedang atau yang telah dipelajari ‡ Memusatkan perhatian WB terhadap pelajaran yang sedang dilaksanakan .Metode tanya jawab Cara penyajian pelajaran dalam bentuk pengajuan pertanyaan yang harus dijawab.

‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Metode Diskusi Cara penyajian pelajaran dalam bentuk WB dihadapkan pada suatu masalah (pernyataan/pertanyaan) yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama Metode ini dapat digunakan untuk: memberi kesempatan pada WB untuk mengumpulkan pendapat membuat kesimpulan menyusun berbagai alternatif pemecahan masalah memupuk sikap demokrasi Jenis-jenis Metode Diskusi: 1) kelas 2) kelompok kecil 3) simposium 4) panel 5) seminar 6) lokakarya 7) brainstorming (sumbang saran) .

baik sebenarnya ataupun tiruan.Metode Demonstrasi Cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada WB suatu proses. yang sering disertai dengan penjelasan lisan ‡ Metode ini dapat digunakan untuk : ‡ Mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang halhal yang berhubungan dengan: ‡ proses mengatur sesuatu ‡ proses membuat sesuatu ‡ proses bekerjanya sesuatu ‡ proses mengerjakan sesuatu/ menggunakan sesuatu ‡ komponen-komponen yang membentuk sesuatu ‡ membandingkan suatu cara dengan cara lain ‡ untuk mengetahui atau melihat kebenaran sesuatu . situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari.

Metode Penugasan Cara penyajian bahan pelajaran dimana pendidik/guru/iunstruktur memberikan tugas tertentu agar Warga Belajar melakukan kegiatan pembelajaran ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Metode ini digunakan untuk: memantapkan pembelajaran membuat rangkuman membuat makalah menyelesaikan suatu pelajaran tertentu observasi/pengamatan .

atau keterampilan tertentu Untuk memupuk daya cipta Sebagai bekal WB dalam menghadapi situasi yang sebenarnya dalam kehidupan Merangsang agar WB menjadi terampil dalam menanggapi dan bertindak secara spontan. dalam menanggapi berbagai situasi problematis sosial Jenis-jenis Simulasi 1) sosiodrama 2) psikodrama 3) permainan simulasi 4) permainan peranan 5) peer teaching .‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Metode Simulasi Cara penyajian pelajaran dengan menggunakan situasi tiruan atau berpura-pura dalam proses belajar untuk memperoleh suatu pemahaman tentang hakikat suatu konsep. tanpa memerlukan persiapan waktu lama memberi kesempatan pada WB untuk menyalurkan perasaan dan bakat yang terpendam memperkaya pengetahuan. prinsip. sikap dan keterampilan pengalaman tidak langsung.

‡ Jenis-jenis metode karyawisata: ‡ 1 dalam waktu singkat 2) dalam waku panjang .Metode Karyawisata Cara penyajian pelajaran dengan membawa WB mempelajari bahan-bahan (sumber-sumber) belajar di luar kelas/ruangan ‡ Metode ini digunakan untuk : ‡ Mempelajari bahan-bahan belajar (sumbersumber belajar) yang tersebar di luar kelas/ ruangan/ lembaga dalam kaitannya dengan materi pelajaran yang dipelajari tersebut.

Metode Sosiodrama Cara penyajian pelajaran yang dilakukan dalam bentuk sandiwara tanpa naskah. tanpa latihan terlebih dahulu dan dilakukan secara spontanitas ‡ Metode ini dapat digunakan untuk : ‡ menanamkan kemampuan menganalisis situasi sosial tertentu .

Metode Pemecahan Masalah Cara penyajian bahan pelajaran dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk dianalisis dan sintesis dalam usaha mencari pemecahan atau jawaban oleh warga belajar ‡ Metode ini digunakan untuk: ‡ Memecahkan masalah dalam berbagai bidang berkaitan dengan kebutuhan warga belajar dalam kehidupan sehari.hari .

Metode Latihan Cara penyajian pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada warga belajar/peserta didik untuk melakukan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari ‡ Metode ini dapat digunakan untuk: ‡ Memperoleh suatu ketangkasan atau keterampilan dari apa yang telah dipelajari sebelumnya .

mengamati suatu obyek. menganalisis dan membuktikannya serta menarik kesimpulan sendiri tentang suatu obyek keadaan atau proses sesuatu .Metode Eksperimen Cara penyajian pelajaran dimana warga belajar/peserta didik melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari ‡ Metode ini dapat digunakan untuk : ‡ Memberi kesempatan kepada warga belajar/peserta didik untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri ‡ mengikuti suatu proses.

seret. wiron.Metode Penemuan Cara penyajian pelajaran yang banyak melibatkan warga belajar/peserta didik dalam proses-proses mental dalam rangka penemuannya ‡ Menurut Sund : Penemuan (Discovery) adalah proses mental dan dalam proses itu individu mengasimilasi konsep dan prinsip-prinsip ‡ Contoh: ‡ Konsep. perhiasan. kain bermotif. payet ‡ Prinsip. ‡ Proses mental. stagen. longtorso.. busana/masakan «. kain diikat. Memakai busana lengkap apabila seluruh aksesorisnya lengkap dipakai/masakan ala ««. cemara. meronce cunduk kembang setaman/membuat bumbu ‡ dapat melaksanakan upacara dhaup/perkawinan pengantin bojonegoro gaya kunjung iras putri sesuai dngan tahapan-tahapannya. sanggul. . corak.

sikap. keterampilan dengan terpadu.Metode Proyek atau Unit Cara penyajian pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah. menjadi lebih luas dan menyeluruh dalam memandang dan memecahkan suatu masalah yang akan selalu dihadapi dalam kehidupan ‡ Membina warga belajar dengan kebiasaan menerapkan pengetahuan. kemudian dibahas berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahannya secara keseluruhan dan bermakna ‡ Metode ini digunakan untuk: ‡ Mengubah pola pikir warga belajar yang sempit/kurang wawasan. yang diharapkan praktis dan berguna dalam kehidupan sehari-hari .

misalnya proyek/unit Merias Pengantin Bojonegoro Kunjung Iras Putri ‡ 2)Jenis unit/proyek. . disebut juga situasi-situasi kehidupan yang terus menerus dihadapi manusia sepoajang masa seperti berpakaian. ‡ Setiap manusia yang berbudaya dalam pernikahannya/perkawinannya akan berpakaian pengantin. baik secara fungsi sosial maupun kebutuhan anak pada saat tertentu ‡ Fungsi sosial ialah pusat kegiatan manusia. ‡ berpusat pada mata pelajaran. memerlukan hantaran. tentunya variasi hantaran/model pakaian pengantin tersebut menurut adat masing-masing daerah.Jenis-jenis Metode Proyek/Unit ‡ Jenis-jenis metode proyek/unit: ‡ 1) Subject Matter Unit. ‡ berdasarkan pada pengalaman WB/peserta didik.

Metode Laplace Cara penyajian pelajaran dengan menggunakan pengembangan imajinatif terhadap unitunit/bahan-bahan pelajaran yang akan dikembangkan ‡ Metode ini digunakan untuk ‡ memperluas wawasan warga belajar dalam mengembangkan imajinasinya ‡ memperkaya dan memperdalam materi pelajaran yang sedang dipelajari ‡ mencari dan menemukan hal-hal yang baru bersifat inovatif ‡ Contoh : ‡ Pengkombinasian model sanggul/masakan ‡ Permutasian/ penggabungan beberapa model sanggul/masakan yang dapat menemukan hal/model sanggul/masakan terbaru .

Waktu dan fasilitas ‡ 3. Jenis mata pelajaran/ pokok bahasan ‡ 6. Tujuan pembelajaran ‡ 2. Pengalaman dan kepribadian pendidik/ guru/instruktur . Jumlah warga belajar/peserta didik ‡ 5.Memilih Metode Pembelajaran bertitik tolak pada ‡ 1. Pengetahuan awal warga belajar/ peserta didik ‡ 4.

Diskusi . menerapkan.Menjelaskan.Menjelaskan Konsep.Menganalisis.Melakukan suatu keterampilan berdasarkan standar prosedur tertentu . mengungkapkan menganalisis. memecahkan masalah ‡ 4. Demonstrasi .Hubungan Metode Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran ‡ Metode Kemampuan dalam TIK ‡ 1. Tanya jawab . Ceramah . menyimpulkan ‡ 3. Prinsip atau prosedur ‡ 2.

mensintesiskan dan mengevaluasi fakta ‡ 6.Hubungan Metode Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran ‡ Metode Kemampuan Dalam TIK ‡ 5.Menganalis.Menerapkan. Penugasan . Karya Wisata . menganalisis. Masalah . mensintesiskan ‡ 7. Simulasi . menganalisis konsep dan prinsip ‡ 8. menerapkan.Menganalisis. Pem. memecahkan masalah .Menjelaskan.

Hubungan Metode Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran ‡ ‡ ‡ ‡ Metode 9. . menganalisis. Proyek ‡ 13. menganalisis Mensintesiskan . mensintesis. evaluasi .Melakukan. Laplace . menerapkan menganalisis .Menjelaskan. Sosio drama ‡ 14. penciptaan.Memahami.Menganalisis. Eksperimen 10.Menganlisis. mensintesis. mengevaluasi. Penemuan Kemampuan dalam TIK . menerapkan. Latihan 11. dan evaluasi ‡ 12. mengembangkan. memecahkan masalah. membuktikan .Melakukan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful