You are on page 1of 6

A.

FAKTOR FISIK
Wanita hamil akan mengalami perubahan fisik
selama kehamilannya, dimana perubahan ini
terjadi karena adanya adaptasi terhadap
pertumbuhan janin dalam rahim dan dapat juga
dipengaruhi oleh hal-hal yang berhubungan
dengan fisik ibu sebelum dan selama hamil.

 Status kesehatan  Status Gizi  Gaya Hidup .

Status kesehatan di pengaruhi oleh faktor usia. riwayat kesehatan. embrio dan janin termasuk kenormalan letak janin. . dan kehamilan dengan HIV. Status kesehatan wanita hamil akan berpengaruh pada kehamilan. kehamilan ganda. Kesehatan ibu selama hamil akan memengaruhi kehamilannya dan memengaruhi tumbuh kembang zigot.

Pemenuhan kebutuhan nutrisi yang adekuat sangat mutlak dibutuhkan oleh ibu hamil agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi yang dikandungnya dan persiapan fisik ibu untuk menghadapi persalinan dengan aman. .

Substance abuse. bepergian jauh dengan berkendara motor dan lain- lain. misalnya kebiasaan begadang. Selain pola makan yang dihubungkan dengan gaya hidup masyarakat sekarang ternyata ada beberapa gaya hidup lain yang cukup merugikan kesehatan seorang wanita hamil. Perokok. Gaya hidup ini akan mengganggu kesejahteraan bayi yang dikandungnya karena kebutuhan istirahat mutlak harus dipenuhi. dan Hamil di luar nikah/ kehamilan tidak diharapkan. .