You are on page 1of 19

ARACHNIDA

Kelompok 6
Anindita Chanissa Awaliyah
Dzikri Khoirul Ummah
Hani Farihah
Putri
Siti Astari Fadilah

Klasifikasi Buthus sp Kingdom : Animalia Filum : Arthropoda Sub filum : Chelicerata Kelas : Arachnida Sub kelas : Scorpionida Genus : Buthus Spesies : Buthus tamulus / scorpio sp .

cephalothorax tidak bersegmen dan tertutup oleh selembar lempeng kitin tebal yang disebut dengan carapace. Kaki 4 pasang untuk berjalan yang keluar dari cephalothorax . abdomen bersegmen 12 buah. 8. 5. 3. Pada ujung ekor terdapat telson yang berpangkal pada sepasang sisir pada sisi ventral segmen II abdomen. Morfologi 1. yang 7 segmen disebut mesosoma besar dan 5 segmen terminal (metasoma) sangat menyempit 4. 2. 9. Bernafas dengan paru-paru buku 7. Terdapat 2-12 buah mata ocelli. Tidak mempunyai antena. Kaki disesuaikan untuk berjalan. Cephalotorax tidak bersegmen . Mempunyai sepasang umbai-umbai yang kuat dan cakar bentuk penjepit (pedipalpus) yang terletak tepat didepan 4 pasang kaki. Alat nafas berupa 4 pasang paru-paru terletak sebelah ventral diantara segmen III dan XV abdomen 6. Pemanjangan pada ujung abdomen berbentuk seperti ekor sebagai alat sengat (telson) yang mengandung kelenjar toksin.

.

Sistem Reproduksi Berkembang biak secara ovovivipar dan anak- anaknya dibawa untuk beberapa waktu dipunggung yang betina. . Metamorfosis Buthus Tumulus tidak sempurna yaitu telur – larva – nimpa – dewasa. masa hidupnya sekitar 2-6 tahun.

6 tahun untuk mencapai kematangan 5. Rata-rata kalajengking hidup 3-5 tahun. Setelah turun dari punggung. Lingkaran Hidup 1. tapi sejumlah spesies dapat hidup hingga 10-15 tahun . Tiap betina melahirkan 25-35 anak yang memanjat ke punggung induknya 3. mereka butuh 2. Periode kehamilan dari 2-18 bulan 2. Mereka ada di punggung induknya 1-2 minggu setelah kelahiran 4.

potongan kayu. . berdiam dibawah batu. dan ditempat yang gelap dan lembab. Habitat Buthus Tamulus aktif pada malam hari.

Chlordane 20% dan piretrum 0. Pemberantasan Usaha untuk mengurangi populasi kalajengking belum terbukti memuaskan. penyemprotan dengan Dieldrin 0. . Untuk rumah dan sekitarnya.2% di dalam minyak yang encer telah dianjurkan.5% atau DDT 10%.

Latrodectus mactans .

Morfologi: 1. berwarna hitam. garis median merah. punya gambaran hour glass merah pada bagian ventral abdomen . dan 3 garis transversal putih pada bagian dorsal abdomen. 2. Betina --> 13 mm. Jantan --> 6 mm.

.

.

Latrodectus mactans Betina Jantan .

.

Klasifikasi Latrodectus mactans Kingdom : Animalia Filum : Arhtropoda Class : Arachnida Ordo : Araneae Family : Theridiidae Genus : Lactrodectus Spesies : Lactrodectus mactans .

Laba2 betina menetas 8-10 hari laba2 baru akan keluar dari kantung 2 –4 minggu. 3. untuk mencapai kematangan seksual laba2 dewasa butuh 7bulan. . Siklus Hidup 1. kaum muda yang bertahan hidup dapat mencapai kematangan seksual dalam waktu tiga sampai empat bulan tapi ini tergantung pada suhu yang sesuai dan kelembaban dan ketersediaan mangsa. hanya ada satu generasi laba-laba janda per tahun. Biasanya. 2. Setiap kantung telur mengandung antara 200 dan 400 telur (yang mungkin lebih). Laba-laba betina meletakkan telur mereka pada sutra kantung bulat. Tergantung pada lokasi geografis dan waktu tahun.

Pengobatan • Untuk meringankan rasa sakit • Pemakaian secara intravena 10 ml kalsium glukonat 10% atau magnesium sulfat 10% dan dicampur dengan glukosa 5% • Ini dilakukan 1-2 jam bila perlu .

Pemberantasan Dengan menggunakan DDT. Chlordane. dieldrin digunakan pada kakus kakus yang terdapat diluar rumah yang merupakan tempat yang disukai oleh parasit ini .

TERIMAKASIH .