You are on page 1of 8

TATA CARA SHALAT

NADIA, YASMIN, ANIN, NAZIHA, AZZAH, HANIFA

 Tasyahhud Akhir. .  Thuma’ninah (Tenang) dalam semua amalan.  Duduk untuk Tahiyyat Akhir.  Ruku’.  Tertib rukun-rukunnya.  I’tidal setelah ruku’.  Duduk di antara dua sujud.  Sujud dengan anggota tubuh yang tujuh sebanyak dua kali dengan tuma’ninah.  Shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.  Membaca Al-Fatihah pada setiap rakaatnya.  Salam dua kali. Rukun Shalat  Berdiri bagi yang mampu  Takbiiratul-Ihraam.

Tambahan dari sekali tasbih dalam tasbih ruku’ dan sujud 5. ruku’. dan ketika berdiri dari tasyahhud awal menuju raka’at ketiga 4. . Tambahan dari satu permohonan akan maghfirah (yaitu bacaan Rabbighfirlii) Diantara dua sujud 7. Meletakkan (telapak) tangan kanan di atas (punggung) tangan kiri pada dada tatkala berdiri sebelum ruku’ 3. bangkit dari ruku’. Berjauhan antara kedua lengan atas dengan kedua sisi. Meratakan kepala dengan punggung dalam ruku’ 8. antara perut dengan kedua paha dan antara kedua paha dengan kedua betis pada waktu sujud . Sunnah-Sunnah Shalat  1. Mengangkat kedua tangan dengan jari-jari rapat yang tebuka (tidak terkepal) setinggi bahu atau telinga tatkala takbir pertama. Tambahan dari ucapan Rabbanaa walakal hamdu setelah bangkit dari ruku’ 6. Do’a Istiftaah 2.

Mendo’akan shalawat dan berkah untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan keluarga beliau serta untuk Nabi Ibrahim ‘alaihis salam dan keluarga beliau pada tasyahhud awal 14. dan pada dua raka’at pertama shalat Maghrib dan ‘Isya` 16. Mengisyaratkan dengan telunjuk pada tasyahhud awal dan tasyahhud akhir sejak mulai duduk sampai selesai tasyahhud 13. Jum’at. Dua Hari Raya. Merendahkan (sirr) bacaan pada shalat Zhuhur. pada raka’at ketiga shalat Maghrib dan dua rakaat terakhir shalat ‘Isya` 17. 9. Membaca lebih dari surat Al-Fatihah . ‘Ashar. Mengangkat kedua siku dari lantai ketika sujud 10. Mengeraskan (jahr) bacaan pada shalat Fajar (Shubuh). Duduk tawarruk (duduk pada lantai dan meletakkan kaki kiri di bawah kaki kanan yang tegak) pada tasyahhud akhir dalam shalat tiga atau empat raka’at 12. Berdo’a pada tasyahhud akhir 15. Istisqaa` (minta hujan). Duduk iftiraasy (duduk di atas kaki kiri sebagai alas dan menegakkan kaki kanan) pada tasyahhud awal dan Diantara dua sujud  11.

Ketika sujud beliau meletakkannya dan ketika berdiri beliau menggendongnya lagi.Hal-Hal yg dibolehkan saat sholat  1. “Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat dan dia menggendong Umamah binti Zainab binti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” 1  . Menggendong anak kecil ketika shalat  ‫فعن أبي قتادة ((أن رسول هللا صلى هللا عليه و سلم كان يصلي و هو‬ ‫حامل أمامة بنت زينب بنت رسول هللا صلى هللا عليه و سلم فإذا سجد‬ ))‫وضعها و إذا قام حملها‬  Dari Abu Qatadah.

 3. Mencegah orang yang hendak lewat di depannya ketika shalat  Ketika sedang shalat. diperbolehkan menjulurkan tangan untuk menghalangi orang yang hendak melintas di depan kita. Sesuai dengan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Abu Sa’id al-Khudri:  (( ‫ فإن‬. .‫إذا صلى أحدكم إلى شيء يستره من الناس‬ ))‫أبى فليقاتله فإنما هو شيطان‬  “Jika seseorang diantara kalian shalat menghadap sesuatu yang membatasinya dengan manusia. Jika dia menolak (masih tetap ingin lewat).‫ فأراد أحد أن يجتاز بين يديه فليدفعه‬. maka perangilah dia karena sesungguhnya dia adalah setan. kemudian seseorang hendak lewat di antara kedua tangannya (di hadapannya) maka cegahlah orang itu.

dan aku mengetahui bahwasanya pintu berada di arah kiblat. lalu Rasulullah berjalan dan membukakan pintu untukku. dia berkata.‫البيت‬ ))‫ ووصفت أن الباب في القبلة‬.”2 .‫ فجعت فاستفتحت فمشى ففتح لي‬.‫ و الباب عليه مغلق‬. dan pintu dalam keadaan terkunci.‫مصاله‬  Dari ‘Aisyah. Kemudian aku datang dan meminta dibukakan pintu. Kemudian beliau kembali ke tempat shalatnya. Sedikit berjalan karena ada kebutuhan  ‫ ((كان رسول هللا صلى هللا عليه و سلم يصلي في‬:‫فعن عائشت قالت‬ ‫ ثم رجع إلى‬. “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallampernah shalat di rumah. 2.

TERIMAKASIH ATAS PERHATIANNYA .