You are on page 1of 11

Oleh

•Aas Sutiastri
•Adam Rivaldo
•Eneng Siti Aisyah
•Matiur Rap Natio Hutabarat
•Wirantono
•Yolanda Eka PUtra

.

berdasarkan tata cara yang diatur oleh undang- undang dan peraturan pelaksanaannya.Kegiatan yang dilakukan oleh emiten untuk menawarkan menjuak efek kepada masyarakat. .

dapat menjadi perusahaan publik yang sahamnya diperdagangkan di BEI.  2. D. 1. Memiliki Aktiva Bersih Berwujud sekurang- kurangnya Rp 5 miliar dengan laporan keuangan auditan tahun buku terakhir memperoleh opini ‘Wajar Tanpa Pengecualian’ dari akuntan publik yang terdaftar di BAPEPAM  3. Perseroan Terbatas (PT) yang telah beroperasi sekurang-kurangnya 12 bulan. . Menjual sekurang-kurangnya 50 juta saham atau 35 persen dari jumlah saham yang diterbitkan (mana yang lebih kecil) dan jumlah pemegang saham publik sekurang-kurangnya 500 pihak.

1. Tahap Persiapan 2. Tahap pencatatan saham di bursa efek . Tahap penawaran saham 4. Tahap pengajuan pernyataan pendaftaran 3.

.

Penawaran Umum Saham kepada Publik  5. Pencatatan dan Perdagangan Saham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia . Penunjukan Underwriter dan Persiapan Dokumen  2. Penyampaian Permohonan Pencatatan Saham ke Bursa Efek Indonesia  3. 1. Penyampaian Pernyataan Pendaftaran ke OJK  4.

sehingga dapat mengurangi kesenjangan sosial  Emiten akan lebih dikenal oleh masyarakat . Dapat memperoleh dana yang relatif besar dan diterima sekaligus (tidak dengan termin-termin)  Biaya go public relatif murah  Proses relatif mudah  Pembagian divideb berdasarkan keuntungan  Penyertaan masyarakat biasanya tidak berminat masuk dalam manajemen  Perusahaan dituntut lebih terbuka. sehingga hal ini dapat memacu perusahaan untuk meningkatkan profesionalisme  Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta memilki saham perusahaan.

Peningkatan likuiditas perusahaan terhadap kepentingan pemegang saham utama dan pemegang saham minoritas.  3. Dapat melakukan penawaran efek di pasar sekunder. Perusahaan menginginkan potensi untuk mendapatkan tambahan modal daripada harus melalui kredit pembiayaan (debt financing).  4. Kemampuan untuk mengadopsi karyawan kunci dengan . Meningkatkan prestise dan publisitas perusahaan.  2.  5. 1.

 1.  2. Adanya tambahan biaya untuk mendaftarkan efek pada penawaran umum. . Meningkatkan pengeluaran dan pemaparan potensi kewajiban berkenaan dengan registrasi dan laporan berkala.