You are on page 1of 42

VITAMIN

LARUT DALAM
LEMAK (A,D,E,K)

KELOMPOK 8
PUTU PANDE AKSARA TRISWONO RAMDHAN Z.
(H311 15 008) (H311 15 016)

ANNISA PUTRI PERTIWI ZHAFIRAH DWI FACHRANI
(H311 15 306) (H311 15 310)

Vitamin A, D, E, dan K

APA SIH Hidrofobik Apolar

VITAMIN Vitamin larut dalam lemak
dapat diserap dengan efisien
LARUT jika terdapat penyerap lemak
DALAM yang normal

Tidak dapat disintesis
LEMAK? oleh tubuh dalam jumlah
yang memadai

1
VITAMIN A

substansi ini biasa terbentuk melalui pemecahan provitamin A (beta karoten). DEFINISI VITAMIN A Vitamin A merupakan senyawa poliisoprenoid yang mengandung cincin sikloheksinil. retinol adalah substansi induk dari retinoid yang terdapat pada retinal dan asam retinoat. Retinal Retinol Asam Retinoat .

STRUKTUR KIMIA VITAMIN A Retinal Retinol Asam Retinoat .

SUMBER VITAMIN A NO Sumber Vitamin A Jumlah 1 Nanas 58 IU / 100 mg 2 Alpukat 146 IU / 100 mg 3 Tomat 642 IU / 100 mg 4 Pepaya 950 IU / 100 mg 5 Melon 320 IU / 100 mg 6 Wortel 885 IU / 100 mg 7 Anggur 100 IU / 100 mg 8 Semangka 569 IU / 100 mg .

Vitamin A dapat berasal dari buah- buahan.Usia 0-6 bulan : 16000 IU/hari . sayuran.Usia 7-12 bulan : 20000 IU/hari . Berikut kebutuhan vitamin A berdasarkan usia : . pertumbuhan tulang.Usia 4-8 tahun : 16000 IU/hari . organ reproduksi. fungsi sel. hati. dan sistem kekebalan tubuh. dan susu.Perempuan berusia diatas 14 tahun : 28000 IU/hari (selama masa kehamilan 30200 IU/hari dan selama masa menyusui 52000 IU/hari) .Usia 1-3 tahun : 12000 IU/hari .Laki-laki berusia diatas 14 tahun : 36000 IU/hari .Usia 9-13 tahun : 24000 IU/hari . KEBUTUHAN VITAMIN A Vitamin A memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata.

PERANAN VITAMIN A Peranan utama vitamin A yaitu berperan dalam penglihatan .

AKIBAT DEFISIENSI VITAMIN A KURANG VITAMIN A Kerusakan Xerosis (Kornea Mata) .

AKIBAT KELEBIHAN VITAMIN A Kerusakan Limpa dan Hati Karena vitamin A berlebih maka akan ditimbun dalam hati dengan artian tidak larut dalam air. Untuk itu vitamin A ini dikonsumsi langsung berupa beta karoten agar mengolahnya dalam tubuh dapat diminimalkan resikonya. Jika dibebani dengan tambahan vitamin A ini maka kinerja hati pun bisa rusak untuk jangka lama. . Hati berfungsi sebagai pengolah retinol yang berarti vitamin dalam tubuh sudah berlebih vitamin A.

2 VITAMIN D .

VITAMIN VITAMIN D2 D3 . DEFINISI VITAMIN D Vitamin D adalah salah satu jenis vitamin larut lemak prohormon yang juga dikenal dengan nama kalsiferol.

SEJARAH PENEMUAN VITAMIN D Hess dan Chick dan McCollum Unger (1921) tim (1922) Adolf Hingga Windaus sekarang (1928) .

STRUKTUR KIMIA VITAMIN D .

SUMBER VITAMIN D .

KEBUTUHAN VITAMIN D Angka kecukupan gizi vitamin D yang dianjurkan untuk orang Indonesia berdasarkan PERMENKES RI tahun 2013: .

dan F) . Mg. P.PERANAN VITAMIN D Vitamin A dan C Hormon-hormon paratiroid Protein Mineral (Ca.

AKIBAT DEFISIENSI VITAMIN D Rakhitis .

AKIBAT KELEBIHAN VITAMIN D Nafsu makan Muntah. Merasa hilang muntah sangat haus Mudah Diare marah Kematian .

3 VITAMIN E .

. Vitamin E adalah nama generik dari tokoferol dan tokotrienol (isomer) Tersusun atas struktur cincin kromanol dan rantai cabang poliprenil yang jenuh (pada tokoferol) dan 3 ikatan ganda tak jenuh (pada tokotrienol). DEFINISI VITAMIN E Vitamin E adalah suatu antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan oleh senyawa kimia reaktif yang dikenal sebagai radikal bebas.

STRUKTUR KIMIA VITAMIN E Struktur Tocopherole Struktur Tocotrienols .

H. Disebut vitamin E karena ditemukan setelah vitamin-vitamin yang sudah ada yaitu A.M Evans dari California melalui penelitian untuk mempertahankan kehamilan normal tikus betina diperlukan suatu substansi tak dikenal. Vitamin E pertama kali diisolasi pada tahun 1936 dari minyak tepung gandum. SEJARAH PENEMUAN VITAMIN E Vitamin E pertama kali ditemukan pada tahun 1992 oleh Dr. dan D. . C. B.

aseton. Vitamin E bersifat basa jika tidak ada oksigen dan tidak terpengaruh oleh asam pada suhu 1000C. akan teroksidasi secara perlahan-lahan. dan sebagainya. eter. Vitamin E stabil pada pemanasan namun akan rusak bila pemanasan terlalu tinggi. Bila terkena oksigen di udara. Bila terkena cahaya warnanya akan menjadi gelap secara bertahap. alkohol. lemak. . SIFAT VITAMIN E  Vitamin E tidak larut dalam air tetapi larut dalam pelarut lemak seperti minyak.

kuning telur.SUMBER VITAMIN E Vitamin E banyak tersedia dalam minyak yang dihasilkan dari biji-bijian. lemak susu. . mangga dan mentega. kacang-kacangan. sereal. sayuran hijau. kiwi. hati.

melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet. mencegah proses penuaan dini. vitamin E memiliki peran sangat penting bagi kesehatan kulit. serta mempercepat proses penyembuhan luka . meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner. PERAN VITAMIN E Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh. meningkatkan fertilitas. membantu mengatasi stres. Vitamin E menjaga. meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit.

KEKURANGAN VITAMIN E Menurut buku the Complete Idiot's Guide to Vitamin and Mineral. kekurangan vitamin E dalam jangka panjang dapat menyebabkan: • Sel darah merah rusak dan terbelah • Kerusakan saraf • Kerusakan di retina mata .

4 VITAMIN K .

Nama vitamin K sebenarnya berasal dari kata “Koagulation”. DEFENISI VITAMIN K Vitamin K merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki sifat larut dalam lemak. Vitamin K merupakan senyawa yang terdiri dari struktur kimia yaitu 2-metil-1-4-naphthoquinone. Vitamin ini akan larut dalam lemak sehingga tubuh bisa menyimpan vitamin tersebut dalam organ hati dan juga jaringan lemak. Vitamin ini sangat penting terutama untuk proses pembekuan darah. .

STRUKTUR VITAMIN K .

JENIS-JENIS VITAMIN K • Vitamin K1 (Phylloquinone) • Vitamin K2 (Menaquinone) • Vitamin K3 (Menadione) .

MANFAAT VITAMIN K  Membantu Menurunkan Resiko Penyakit Jantung  Menurunkan Resiko Berbagai Kanker  Mencegah dan Menurunkan Resiko Penyakit Osteoporosis  Membantu Proses Pembekuan Darah  Menurunkan Resiko Pendarahan dalam Tubuh  Mengurangi Mual dan Muntah untuk Ibu Hamil  Melindungi Sistem Kekebalan Tubuh  Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes  Mencegah Penyakit Asma dan Pendarahan Internal pada Bayi  Mengurangi Nyeri Haid .

SUMBER VITAMIN K  Basil Kering  Kale  Daun Bawang  Brussel Sprout  Bubuk Cabai  Mentimun  Kedelai  Minyak Zaitun  Kurma  Asparagus .

AKIBAT KEKURANGAN VITAMIN K  Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan kondisi medis yang serius.  Kekurangan vitamin K juga bisa menyebabkan masalah pembekuan darah yang bisa berefek pada meningkatkan resiko penyakit jantung.  Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis. kanker dan resiko diabetes. Hal ini terjadi ketika jumlah protrombin akan terus meningkat yang bisa menyebabkan pendarahan internal dan pendarahan luar. Penyakit ini akan menyebabkan tulang menjadi rapuh karena tubuh tidak mendapatkan asupan kalsium yang tepat. .

AKIBAT KELEBIHAN VITAMIN K  Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin K.  Konsumsi berlebihan jenis vitamin K3 bisa menyebabkan oksidatif sel sehingga menyebabkan kerusakan sel dan justru menyebabkan resiko kanker. terutama jenis vitamin K sintetis bisa menyebabkan tubuh sering kesemutan dan bahkan mati rasa.  Tubuh akan mengalami penurunan fungsi karena malas bergerak atau aktifitas tubuh akan menurun drastis.  Konsumsi berlebihan vitamin K3 juga bisa menyebabkan resiko penyakit kuning dan anemia (yang disebabkan karena pecahnya sel darah merah). .

5 ASPEK KERUSAKAN VITAMIN LARUT DALAM LEMAK PADA BAHAN MAKANAN .

Umumnya. vitamin dapat rusak saat: • Pemaparan sinar matahari • Panen • Udara panas • Penyimpanan • Waktu simpan • Pemrosesan yang lama • Pemasakan • Penggunaan suhu tinggi • Air rebusan dibuang .

mudah A teroksidasi • Vitamin D rentan terhadap degradasi oksidatif D • Vitamin E mudah rusak akibat mudahnya teroksidasi. Vitamin E stabil pada pemanasan namun akan rusak bila E pemanasan terlalu tinggi.D.K yang intensif seperti pada pengeringan dan penggorengan .E. • Vitamin A tidak stabil dalam berbagai aplikasi. • Vitamin K yang tahan mudah tetapi mudah rusak oleh radiasi K ini • Dapat rusak pada proses pengolahan minyak nabati menjadi margarin atau shortening juga rusak akibat autooksidasi A.

6 PENANGANAN KERUSAKAN VITAMIN LARUT DALAM LEMAK PADA BAHAN MAKANAN .

Memotong bahan makanan tidak terlalu kecil sehingga vitamin pada bahan makanan tidak banyak yang keluar.Sisa air perebus digunakan kembali .Hindari menyimpan vitamin di tempat yang terpapar suhu ekstrem seperti di atas pesawat tv. . Memasak makanan sayuran yang mengandung Vitamin A. E. D. lokasi yang terkena sinar matahari langsung atau di dekat jendela. Waktu memasak tidak terlalu lama Panci harus ditutup pada saat memasak . Masaklah makanan yang mengandung vitamin ini dengan sedikit minyak.

Thanks! Any questions? .