You are on page 1of 22

ADMINISTRASI KEUANGAN

BP-SPAMS

Prinsip Dasar Pengadministrasian Keuangan
 Tertib Administrasi
Pengadministrasian keuangan BP SPAMS harus memenuhi
standar pembukuan yang berlaku seperti :
1. Setiap transaksi keuangan harus dilengkapi dengan bukti-
bukti yang lengkap dan sah baik untuk transaksi penerimaan
maupun pengeluaran.
2. Pencatatan transaksi keuangan di Buku Kas Harian, Buku
Bank atau Buku bantu dan dilakukan secara kronologis
berdasarkan urutan tanggal transaksi.
3. Dokumen keuangan harus lengkap, disimpan dan diarsipkan
dengan sistematis.

 Akuntabilitas
Penerimaan dan penggunaan/pengeluaran dana selama proses kegiatan harus
dapat dipertanggung jawabkan dan didukung dengan bukti-bukti yang lengkap
dan valid.

 Terbuka
Administrasi keuangan BP SPAMS terbuka terhadap pemeriksaan baik yang
dilakukan pihak internal maupun eksternal. Pemeriksaan Internal oleh : LKM,
Kepala Desa/Lurah, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kab/Kota; sedangkan
pemeriksaan eksternal oleh :Mitra yang telah memberikan bantuan/sumbangan
seperti pihak swasta, LSM dll.

 Transparan
Menyampaikan laporan pengelolaan dana secara rutin kepada masyarakat/
anggotanya dan aparatur pemerintah terkait melalui papan informasi maupun
forum-forum sesuai ketentuan/kesepakatan

ALUR PELAPORAN PENGELOLAAN KEUANGAN BP- SPAMS .

sehingga setelah bendahara BPSPAMS menerima dana. Ketua BP SPAMS wajib melakukan verifikasi terhadap dokumen pengajuan dana. Bantuan Pemerintah • Desa/Kelurahan dan/atauKabupaten/Kota dan melalui kerjasama dengan Mitra yang peduli. Penarikan dari rekening bank harus berdasarkan Rencana Penggunaan Dana (RPD). Dana BP • SPAMS dapat berasal dari Iuran/Swadaya Masyarakat. • Dialokasikan sesuai dengan kebutuhan nyata pengelolaan BP SPAMS. 2. . maka dana tersebut dapat segera digunakan sehingga tidak terjadi cash on hand (uang ditangan) dalam jumlah yang cukup besar dalam waktu yang relatif lama 3. Pengajuan RPD harus dibuat sesuai kebutuhan. pemeliharaan dan pengembangan. 􀁸 Penyaluran Dana BP SPAMS 1. .Pengadministrasian Keuangan BP-SPAMS 􀁸 Dana BP SPAMS Diprioritaskan untuk membiayai operasi.

􀁸 Pengawasan dan Pengendalian 1. faktur. Cash On Hand/Uang di tangan bendahara tidak diperkenankan terlalu besar dalam waktu lama. 3. Setiap penggunaan dana BP SPAMS harus diketahui oleh Ketua dan Bendahara. Setiap penggunaan dana BP SPAMS harus ada bukti pembayaran berupa kwitansi.􀁸 Kelengkapan Dokumen Keuangan 1. Apabila menggunakan system voucher (Bukti Penerimaan/Pengeluaran Kas) akan lebih baik 2. nota kontan. Rekening Bank dibuka atas nama BPSPAMS . bon. Setiap transaksi dengan nilai tertentu harus menggunakan materai sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku. 2.

Saldo buku Kas Harian harus sama dengan uang yang dipegang Bendahara BP SPAMS. maka pembukuan BP SPAMS terdiri dari : 1.ADMINISTRASI PEMBUKUAN BP-SPAMS Sesuai dengan sistem akuntansi sederhana. Setiap penerimaan maupun pengeluaran dari kas harus ada bukti transaksi asli dari pihak ketiga dan diberi nomor bukti yang akan dicantumkan di Buku Kas Harian.Saldo buku Bank harus sama dengan saldo yang ada di rekening Bank. Buku Kas Harian Buku Kas Harian adalah buku yang dipergunakan untuk mencatat transaksi penerimaan dan pengeluaran harian yang dilakukan secara tunai dengan menggunakan Kas BP SPAMS. Buku Bank Buku Bank adalah buku yang dipergunakan untuk mencatat transaksi penerimaan dan pengeluaran yang dilakukan melalui Bank BP SPAMS. . Contoh format Buku Kas Harian 2.

yang dibuat sesuai dengan kebutuhan BP SPAMS. Buku bantu yang dapat digunakan dalam administrasi pembukuan BPSPAMS meliputi : a) Buku Bantu Penerimaan Iuran Wajib. Nomor bukti dalam buku bantu ini harus sama dengan nomor bukti yang ada dalam Buku Kas Harian atau Bank apabila dibeli melalui Kas/Bank. . Buku Bantu Buku Bantu adalah buku yang dipergunakan untuk mencatat penerimaan atau pengeluaran secara rinci.3. Buku Bantu ini dipergunakan untuk mencatat penerimaan Iuran Wajib dari Anggota BPSPAMS sesuai hasil kesepakatan rapat anggota BPSPAMS.

baik untuk biaya operasi dan pemeliharaan maupun biaya umum dan administrasi. Buku Bantu Inventaris Buku Bantu ini digunakan untuk mencatat pembelian inventaris BP SPAMS yang dibeli melalui Kas/Bank dan digolongkan sebagai aktiva tetap. Buku Bantu Pengeluaran Biaya Buku bantu ini digunakan untuk mencatat rincian biaya yang dikeluarkan. Pembukuan dibuat oleh Bendahara BP SPAMS.b) Buku Bantu Penerimaan Iuran Bulanan Buku bantu ini digunakan untuk mencatat penerimaan iuran bulanan dari masing-masing anggota BPSPAMS sesuai dengan hasil kesepakatan rapat anggota BP SPAMS. diketahui oleh Ketua BP SPAMS ditutup pada setiap akhir bulan mengikuti tanggal kalender .

.DAFTAR INVENTARIS/ASSET • Daftar ini merupakan daftar asset dari sarana yang dibangun program Pamsimas • meliputi Sarana Air Minum. Sanitasi dan Inventaris Sekretariat yang diserahkan oleh KKM kepada BP SPAMS.

• Pengurus BP SPAMS berkewajiban membuat pelaporan keuangan secara rutin dan pengadministrasian dokumen secara tertib. . transparansi dan penyampaian informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Pengurus BPSPAMS harus bertanggung jawab terhadap pengelolaan kegiatan dan keuangan kepada anggotanya /masyarakat dan pemerintah (Desa/kecamatan/Kabupaten/kota). • Pelaporan keuangan dibuat sebagai wujud dari akuntabilitas.PELAPORAN KEUANGAN • Pelaporan keuangan merupakan proses penyampaian data dan/informasi mengenai posisi penerimaaan dan pengeluaran dana BP SPAMS. • Pelaporan keuangan BP SPAMS dibuat pada saat tutup buku dilakukan paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya.

jumlah penerimaan dan pengeluaran serta saldo akhir Kas dan Bank.Laporan Keuangan Bulanan (Penerimaan dan Pengeluaran) • Laporan ini memuat informasi mengenai keadaan/kegiatan keuangan BP SPAMS. • Laporan Keuangan dibuat setiap bulan oleh Bendahara BP SPAMS dan diketahui oleh Ketua BP SPAMS. meliputi saldo awal Kas dan Bank. .

.4-03 Bulan: Januari2012 BP SPAMS : TirtoWening Desa : Mantaran Kec/Kab : No Tangga Uraian No.kas BUKU KAS HARIAN PT-2. Bukti Debit Kredit Saldo l 1 2 3 4 5 6 7=((7+5)-6) Jumlah Tanggal : Dibuat Oleh Diketahui Oleh Bendahara BP SPAMS Ketua ……………………… ………………………….

4-04 Bulan: Januari2012 k BP SPAMS : Tirto Wening Desa : Mantaran Kec/Kab : Tanggal : Dibuat Oleh Diketahui Oleh Bendahara BP SPAMS Ketua ……………………… …………………………. a n BUKU BANK PT-2. .

Bukti Jenis Jumlah Sarana (Rp) Prasaran a 1 2 3 4 5 6 7 HU/KU Jumlah Tanggal : Dibuat Oleh Diketahui Oleh Bendahara BP SPAMS Ketua ……………………… …………………………. : No Urut Tanggal Nama KK Alamat No.iuran BUKU BANTU PENERIMAAN IURAN WAJIB Bulan : Januari2012 PT-2.4-05 BP SP AMS : Tirto Wening Desa : Mantaran Kec/Kab. .

4-06 BP SP AMS : Tirto Wening Desa : Mantaran Kec/Kab. : No Urut Tanggal Nama KK Alamat No. BUKU BANTU PENERIMAAN IURAN BULANAN Bulan : Januari2012 PT-2. . Bukti Jenis Jumlah Sarana (Rp) Prasaran a 1 2 3 4 5 6 7 HU/KU Jumlah Tanggal : Dibuat Oleh Diketahui Oleh Bendahara BP SPAMS Ketua ……………………… ………………………….

Bukti l Operasi dan Umum dan Jumlah Pemeliharaan Administrasi (Rp) 1 2 3 4 5 6 7=(5+6) Jumlah Tanggal : Dibuat Oleh Diketahui Oleh Bendahara BP SPAMS Ketua ……………………… …………………………. : Jenis Biaya (Rp) No Tangga Uraian No. .4-07 BP SP AMS : Tirto Wening Desa : Mantaran Kec/Kab. FORMAT BUKU BANTU PENGELUARAN BIAYA Bulan : Januari2012 PT-2.

: No Tanggal Uraian No. . Bukti Jumla Jenis Inventaris Uru h (Rp) t 1 2 3 4 5 6 1 19-01-2012 Pembelian Almari Arsip 002/K/2012 500. BUKU BANTU INVENTARIS Bulan : Januari2012 PT-2.000 Tanggal : Dibuat Oleh Diketahui Oleh Bendahara BP SPAMS Ketua ……………………… ………………………….000 Almari Arsip Jumlah 500.4-08 BP SP AMS : Tirto Wening Desa : Mantaran Kec/Kab.

PERPIPAAN Nilai Perolehan No Jenis Inventaris/Asset Satuan Jumlah Keterangan (Rp) 1 Jaringan Pipa Grativikasi 1.7 ……………………………………………. submersible/celup c.1 Bak Penampung Unit 2..4-09 DAFTAR INVENTARIS/ASSET BP-SPAMS A... ... PT-2...2 Pipa dan Accessories m 2....3 Pipa Transmisi & Accessories m m 1... .5 Kran Umum Unit Unit 1.6 Instalasi Listrik Unit 2.8 …………………………………………….4 Pipa Distribusi & Accessories m m 1. 2 Sumur Bor 2......5 Hydran Umum Unit 2. SARANA AIR MINUM I. . 5 …………………………………………….7 Jembatan pipa/Syphon/Talang Air Unit Unit 1.. II. jetpump b.1 Bronchaptering/Intake Unit Unit 1.... ………..4 Kran Umum Unit 2. boster 2.. .6 Hydran Umum Unit Unit 1... 1. ……….. NON PERPIPAAN Nilai Perolehan No Jenis Inventaris/Asset Satuan Jumlah Keterangan (Rp) 1 Penampungan Air Hujan (P0222AH) Unit 2 Sumur Gali (SGL) Unit 3 Perlindungan Mata Air (PMA) Unit 4 ……………………………………………....9 …………………………………………….3 Pompa Unit Unit a.2 Bak Sedimen/Penampung Unit Unit 1.

....... C... 2... SARANA SANITASI Nilai Perolehan No Jenis Inventaris/Asset Satuan Jumlah Keterangan (Rp) 1 Sarana Sanitasi Sekolah 1.1 WC Sekolah Unit 1. ..... 2.....2 ………………………………………………....... 3 ………………………………………………..... 2 Sanitasi Komunal utk Peri-Urban 2........4 ………………………………………………... 4 ……………………………………………….. ....... ....1 ………………………………………………...... .... 1.... .4 ……………………………………………….3 ……………………………………………….........2 Tempat Cuci Tangan Unit 1...B.. .3 ………………………………………………. .... 2..... SEKRETARIAT Nilai Perolehan No Jenis Inventaris/Asset Satuan Jumlah Keterangan (Rp) 1 Lemari Arsip Unit 2 ……………………………………………….. ... .. .

Biaya Umum dan Administrasi 1.230.200.000 Jumlah b 4.000 Saldo Bank 3.000 b.350. Bantuan/Sumbangan - d. Pemasukan a.000 3. Bunga bank (Net) 30.000 b.000 c. Saldo Bank dan Kas Saldo Kas 1. Bank - Jumlah - 2.230.230.000. Iuran Wajib 8.000 Jumlah a = {(1+2)-3} 4. : Rp Rp 1.000 .030. Saldo Awal a. Biaya Operasi & Pemeliharaan 3. Pengeluaran a.450. Kas - b.4-10 BP SP AMS : Tirto Wening Desa : Mantaran Kec/Kab. Iuran Bulanan 1.000 Jumlah 9.000 c. LAPORAN KEUANGAN Bulan : Januari2012 PT-2.200.000 4.000 Jumlah 5. Beli Inventaris Kantor 200.000.

Untuk tahap awal anggota BP-SPAMS meliputi 80 KK. dan pada hari itu juga diserahkan asset oleh LKM kepada BP-SPAMS dan selanjutnya sejak Januari 2012 BP-SPAMS telah mulai beroperasi. Transaksi selama bulan Januari 2012 di desa tersebut adalah sebagai berikut : .00 yang harus disetorkan pada bulan Januari 2012. dan atas kesepakatan bersama.000.Contoh Soal Pembukuan BP-SPAMS Pada tanggal 28 Desember 2011 telah dibentuk BP-SPAMS Tirto Wening.00 dan iuran bulanan sebesar Rp 15.000. untuk setiap anggota dipungut iuran wajib sebesar Rp 100.

000.00 28 Diterima iuran bulanan anggota sebanyak 20 KK sebesar Rp 300.000.000.000.00 8 Setor uang ke bank sebesar Rp 3.000.000.000.000.00 .000.000.00 15 Membeli peralatan sarana perpipaan untuk pemeliharaan sebesar Rp 1.200.00 25 Diterima iuran wajib dari 5 anggota sebesar Rp 500.00 31 Penerimaan bunga bank sebesar Rp 45.000.000.00 24 Membayar upah perbaikan sebesar Rp 250.00 12 Membayar upah perbaikan sebesar Rp 250.00 22 Diterima iuran bulanan sebanyak 15 KK sebesar Rp 225.00 dan pembebanan biaya administrasi bank sebesar Rp 15.00 26 Biaya konsumsi rapat anggota sebesar Rp 250.500.00 18 Membeli ATK sebesar Rp 200.000.000.000.00 9 Membeli almari arsip sebesar Rp 200.000.000.000.00 21 Membayar rekening listrik sebesar Rp 325.000.00 13 Diterima iuran wajib dari 15 anggota sebesar Rp 1.000.00 14 Belanja pipa untuk perbaikan sebesar Rp 100.00 10 Membeli material untuk perbaikan jaringan sebesar Rp 750.000.000.Tanggal Uraian Transaksi 4 Diterima iuran wajib dari 50 anggota sebesar Rp 5.000.00 20 Dibayar honor pengelola sebesar Rp 750.000.00 23 Membeli material untuk perbaikan jaringan pipa sebesar Rp 500.000.00 6 Membeli ATK sebesar Rp 150.00 7 Diterima iuran wajib dari 10 anggota sebesar Rp 1.00 17 Diterima iuran bulanan anggota sebanyak 45 KK sebesar Rp 675.000.00 19 Pembelian assesories pipa sebesar Rp 75.