You are on page 1of 15

BAB 2

PERKEMBANGAN DAN
KLASIFIKASI AKUNTANSI
INTERNASIONAL

~ Anindita Purwaningrum ~

INTERNATIONAL AACOUNTING

Sebaliknya. negara seperti Jepang dan Swiss memiliki sistem berbasis kredit dimana bank merupakan sumber utama pendanaan. seperti Amerika dan Inggris. akuntansi memiliki fokus pada perlindungan kreditor melalui pengukuran akuntansi yang konservatif dalam meminimalkan pembayaran dividen dan menjaga pendanaan yang mencukupi dalam rangka perlindungan bagi para peminjam. SUMBER PENDANAAN Negara dengan pasar ekuitas yang kuat. INTERNATIONAL AACOUNTING . FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN DUNIA AKUNTANSI 1. akuntansi memiliki fokus atas seberapa baik manajemen menjalankan perusahaannya dan dirancang untuk membantu investor menganalisis arus kas masa depan dan risiko terkait.

Dunia barat memiliki 2 orientasi dasar: a. memungkinkan aturan akuntansi lebih adaptif dan inovatif. sementara hukum akuntansi yang lebih umum terpaku dalam muatan ekonominya. b. Aturan cenderung terpaku pada bentuk legalnya saja. tetapi cenderung tidak terlalu detail dan lebih fleksibel. Aturan akuntansi digabungkan dalam hukum nasional dan cenderung sangat lengkap dan mencakupi banyak prosedur. hukum umum (kasus): berkembang atas dasar kasus per kasus tanpa adanya usaha untuk mencakup seluruh kasus dalam kode lengkap. kodifikasi hukum (sipil): diambil dari hukum Romawi dan kode Napoleon. SISTEM HUKUM Sistem hukum menentukan bagaimana individu dan lembaga berinteraksi. INTERNATIONAL AACOUNTING . Terdapat hukum dasar. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN DUNIA AKUNTANSI 2. Aturan akuntansi yang ditetapkan oleh organisasi profesional sektor swasta.

Ketika akuntansi keuangan dengan pajak terpisah. terkadang aturan pajak mengharuskan penerapan prinsip akuntansi tertentu. Contoh: Jerman dan Swedia. Contoh: Amerika. INTERNATIONAL AACOUNTING . peraturan pajak secara efektif menentukan standar akuntansi karena perusahaan harus mencatat pendapatan dan beban dalam akun untuk mengklaimnya dalam keperluan pajak. akuntansi keuangan dan akuntansi pajak berbeda: laba kena pajak pada dasarnya adalah laba akuntansi keuangan yang disesuaikan terhadap perbedaan dengan hukum pajak. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN DUNIA AKUNTANSI 3. Pajak keuangan dan pajak akuntansi adalah sama. Di negara Belanda. Penilaian persediaan menurut Masuk Terakhir Keluar Pertama (LIFO). PERPAJAKAN Dikebanyakan negara.

Kolonialisme Inggris mengekspor akuntan dan konsep akuntansi di seluruh wilayah kekuasaan Inggris. seperti India (dipaksakan) atau seperti negara Eropa Timur (pilihan sendiri dan meniru sistem akuntansi menurut aturan Uni Eropa) INTERNATIONAL AACOUNTING . IKATAN POLITIK DAN EKONOMI Sistem pencatatan berpasangan yang berawal di Italia pada tahun 1400-an secara perlahan menyebar luas di Eropa bersamaan dengan gagasan pembaruan lainnya. Banyak negara berkembang menggunakan sistem akuntansi yang dikembangkan di tempat lain. Pendudukan Jerman selama PD II menyebabkan Perancis menerapkan Plan Comptable (BAB 3). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN DUNIA AKUNTANSI 4. AS memaksa rezim pengatur akuntansi bergaya As di Jepang setelah PD II.

6. Inflasi Inflasi mengaburkan biaya historis akuntansi melalui penurunan berlebihan terhadap nilai-nilai aset dan beban-beban terkait. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN DUNIA AKUNTANSI 5. sementara di sisi lain melakukan peningkatan berlebihan terhadap pendapatan. INTERNATIONAL AACOUNTING . Tingkat Perkembangan Ekonomi Mempengaruhi jenis transaksi usaha yang dilaksanakan dalam suatu perekonomian dan menentukan manakah yang paling utama.

Tingkat Pendidikan Standar dan praktik akuntansi yang sangat rumit akan menjadi tidak berguna jika disalahartikan dan disalahgunakan. maskulinitas. Variabel budaya mendasari pengaturan kelembagaan di suatu negara. Hofstede mendasari 4 dimensi budaya nasional: individualisme. penghindaran ketidakpastian. Pendidikan akuntansi yang profesional sulit dicapai jika taraf pendidikan di suatu negara secara umum juga rendah. Budaya Nilai-nilai dan perilaku yang dibagi oleh suatu masyarakat. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN DUNIA AKUNTANSI 7. 8. jarak kekuasaan. INTERNATIONAL AACOUNTING .

dan memisahkan secara jelas modal dari laba untuk mengevaluasi dan mengendalikan aktivitas usaha. INTERNATIONAL AACOUNTING . Pendekatan Makroekonomi Praktik akuntansi didapatkan dari dan dirancang untuk meningkatkan tujuan makroekonomi nasional. 2. Akuntansi di Belanda berkembang dari mikroekonomi. EMPAT PENDEKATAN TERHADAP PERKEMBANGAN AKUNTANSI 1. Pendekatan Mikroekonomi Fokusnya terletak pada perusahaan secara individu yang memiliki tujuan untuk bertahan hidup. Perusahaan harus mempertahankan modal fisik yang dimiliki. Akuntansi di Swedia berkembang dari pendekatan makroekonomi. Pengukuran akuntansi didasarkan pada biaya penggantian .

INTERNATIONAL AACOUNTING . Pendekatan Disiplin Independen akuntansi berasal dari praktik bisnis dan berkembang secara ad hoc. 4. EMPAT PENDEKATAN TERHADAP PERKEMBANGAN AKUNTANSI 3. dan kesalahan. coba-coba. Akuntansi berkembang secara independen di Inggris dan AS. dengan dasar perlahan-lahan dari perkembangan. Pendekatan yang seragam Akuntansi distandardisasi dan digunakan sebagai alat untuk kendali administratif oleh pemerintah pusat Akuntansi berkembang secara seragam di Perancis.

Penentuan standar akuntansi cenderung merupakan aktivitas sektor swasta dengan peranan penting yang dimainkan oleh profesi akuntansi. INTERNATIONAL AACOUNTING . transparansi dan pengungkapan penuh. g. Investor memiliki posisi wajar terhadap perusahaan. Hongkong. Perusahaan di negara hukum umum memperoleh modal dalam jumlah yang besar melalui penawaran publik saham kepada sejumlah investor. Akuntansi hukum umum sering disebut Anglo Saxon. berorientasi pada “penyajian wajar”. Kanada. terhadap permintaan akan informasi akuntansi yang mencerminkan kinerja operasi dan posisi keuangan yang akurat. India. Malaysia. f. dan AS. b. atau Berdasarkan Mikro. SISTEM HUKUM: AKUNTANSI HUKUM UMUM VERSUS KODIFIKASI AKUNTANSI HUKUM UMUM. d. memiliki karakter: a. dan pemisahan antara akuntansi keuangan dan pajak. Inggris-Amerika. Akuntansi hukum umum berawal dari Inggris dan kemudian diekspor ke negara Australia. Pengungkapan publik menyelesaikan masalah informasi yang tidak seimbang (asimetris) antara perusahaan dan investor. c. Pakistan. e.

b. Penentuan standar akuntansi cenderung merupakan aktivitas sektor publik. e. SISTEM HUKUM: AKUNTANSI HUKUM UMUM VERSUS KODIFIKASI AKUNTANSI KODIFIKASI HUKUM. tidak membiarkan pengungkapan dalam jumlah yang kurang. dan kesesuaian antara akuntansi keuangan dan pajak. Legalistik. Bank atau pemerintah mendominasisumber keuangan dan pelaporan keuangan ditujukan untuk perlindungan kreditor. Akuntansi kodifikasi hukum sering disebut Kontinental. INTERNATIONAL AACOUNTING . d. f. c. atau Seragam secara Makro. Terkosentrasi di tangan para keluarga. Perusahaan memperoleh sebagian besar kebutuhan modalnya dari pemerintah atau melalui pinjaman bank. dengan relatif sedikit pengaruh dari profesi akuntansi. Berorientasi legalistik. perusahaan lain dan bank komersial yang besar. memiliki karakterstik: a.

permintaan terhadap pengungkapan publikrelatif lebih sedikit. j. memiliki karakterstik: g. SISTEM HUKUM: AKUNTANSI HUKUM UMUM VERSUS KODIFIKASI AKUNTANSI KODIFIKASI HUKUM. Permintaan informasi dipenuhi melalui komunikasi pribadi. i. INTERNATIONAL AACOUNTING . k. Utang sebagai sumber pendanaan relatif lebih penting di negara yang menganut kodifikasi hukum bila dibandingkan negara hukum umum. Pengukuran akuntansi yang konservatif memberikan perlindungan kepada para kreditor bila terjadi gagal bayar. Kreditor utama dan investor ekuitas yang penting dapat memperoleh kursi dalam dewan direktur. h. sehingga menimbulkan tekanan untuk melakukan pertaan jumlah laba dari tahun ke tahun. Laba akuntansi merupakan dasar penentuan pajak penghasilan terutang dan sering kali merupakan dasar penentuan dividen dan bonus karyawan.bersama dengan pihak kepentingan lainnya.

INTERNATIONAL AACOUNTING . 2. Kepatuhan hukum: sewa guna usaha yang memiliki substansi pembelian aset tetap diperlakukan seperti sewa operasi yang biasa. b. SISTEM PRAKTIK: AKUNTANSI PENYAJIAN WAJAR VERSUS KEPATUHAN HUKUM PERBEDAAN PENYAJIAN MENIMBULKAN PENGARUH YANG BESAR TERHADAP PERMASALAHAN AKUNTANSI: 1. Penyajian wajar: Beban ditentukan berdasarkan penurunan pengunaan suatu aset selama masa manfaat ekonomi . Kepatuhan hukum: jumlah yang ditentukan untuk tujuan pajak. DEPRESIASI a. Penyajian wajar: sewa guna usaha yang memiliki substansi pembelian aset tetap (poperti). b. SEWA GUNA USAHA a.

Kepatuhan hukum: dibebankan menurut dasar dibayar pada saat berhenti bekerja INTERNATIONAL AACOUNTING . b. PENSIUN a. Penyajian wajar: pensiun dengan biaya yang diakui pada saat dihasilkan oleh karyawan. SISTEM PRAKTIK: AKUNTANSI PENYAJIAN WAJAR VERSUS KEPATUHAN HUKUM 3.

Beberapa negara yang menganut kodifikasi hukum . secara khusus Jerman dan Jepang. 3.BANYAK PERBEDAAN AKUNTANSI PADA TINGKAT NASIONAL MENJADI SEMAKIN HILANG: 1. Pelaporan keuangan ganda kini menjadi hal yang umum. INTERNATIONAL AACOUNTING . Pentingnya pasar saham sebagai sumber keuangan terasa semakin berkembang di seluruh dunia. 2.