You are on page 1of 32

Implementasi Acrual Basis

Sistem Akuntansi dalam Analisa
Biaya RS
Yanyan Rusyandi

Introduction
• Basis akuntansi merupakan prinsip-prinsip
akuntansi yang menentukan kapan pengaruh
atas transaksi atau kejadian harus diakui untuk
tujuan pelaporan keuangan. Basis akuntansi ini
berhubungan dengan waktu kapan pengukuran
dilakukan. Basis akuntansi pada umumnya ada
dua yaitu basis kas dan basis akrual. Selain
kedua basis akuntansi tersebut terdapat banyak
variasi atau modifikasi dari keduanya, yaitu
modifikasi dari akuntansi berbasis kas, dan
modifikasi dari akuntansi berbasis akrual

TUJUAN AKUNTANSI
KEUANGAN RS
(Mehta, 1977)

1. Memberi kejelasan kondisi Piutang RS;
2. Memberi gambaran kondisi hutang RS;
3. Memberi gambaran tentang cara penggajian;
4. Memberi gambaran aktivitas keuangan secara
umum (Neraca dan Laba Rugi);
5. Memberi gambaran untuk perencanaan dan
Evaluasi kinerja RS dari segi Keuangan;
6. Memberi gambaran biaya dan alokasinya.

laporan laba-rugi. pendapatan harian. PENGERTIAN AKUNTANSI • Sistem Akuntansi (Mulyadi. 2004) • Sistem Akuntansi yang diterapkan di RS adalah Sistem Akuntansi berbasis akrual (transaksi diakui pada saat terjadinya transaksi dan pencatatan harus dilakukan secara doble entry berbeda dengan akuntansi kas basis dimana transaksi diakui pada saat kas diterima atau dikeluarkan dan untuk ICW pencatatan dilakukan dengan cara single entry). penggunaan bahan medis dan volume penjualan – Informasi Akuntansi Keuangan Neraca. laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas – Informasi Akuntansi Manajemen Anggaran. laporan pendapatan per-layanan. perencanaan dan pengendalian serta sebagai sumber keunggulan daya saing (Depkes. . laporan biaya menurut pusat pertanggung jawaban dan Laporan biaya menurut aktivitas • Sistem Akuntansi RS adalah suatu sarana dengan mana manajemen RS mendapatkan informasi data yang berguna dalam pengambilan keputusan manajemen. SAK RS. 2001) adalah suatu sistem yang mengolah masukan berupa data operasi dan data keuangan untuk menghasilkan informasi akuntansi: – Informasi Operasi Informasi persediaan.

Akuntansi Berbasis Kas (cash basis of accounting) 2. Modifikasi dari akuntansi berbasis akrual (modified accrual basis of accounting) . Modifikasi dari akuntansi berbasis Kas (modified cash basis of accounting) 3. Akuntansi berbasis akrual (accrual basis of accounting) 4. 4 Macam Basis Akuntansi 1.

yaitu : 1. Commitment basis 4. Due-for payment basis 3. bahwa basis pencatatan akuntansi dibagi menjadi 4 macam. Government Financial Statistic (GFS) • Diterbitkan oleh IMF. Accrual basis 2. Cash basis .

Cash Basis • Pada dasarnya Cash Basis adalah sistem pembukuan. dimana seluruh pengeluaran dan biaya-biaya diakui sebagai pengeluaran dan biaya-biaya pada periode tersebut berdasarkan realitas pembayaran tunai. Sehingga segala pengeluaran dan biaya- biaya serta penerimaan yang sudah diterima tunainya sajalah yang akan dimasukkan dalam perhitungan cash basis. .

CASH BASIS ACCOUNTING • sistem akuntansi dimana : pemasukan (revenue) dicatat pada saat terjadinya penerimaan dan pengeluaran (expenditure) dicatat pada saat pembayaraan dilakukan tidak dilakukan perhitungan net pendapatan .

Kegunaan cash basis accounting: • ringkasan pencatatan penerimaan dan pengeluaran dalam suatu periode tertentu (misalnya dalam 1 bulan) dari catatan transaksi tersebut dapat dibuat “income statement” Ciri cash basis accounting: • mudah mengikuti aliran kas • sederhana .

Contoh komponen biaya pada accrual basis misalnya biaya penyusutan. biaya sewa. Accrual Basis • Accrual Basis adalah pengeluaran dan biaya-biaya yang diakui dan dibukukan pada periode tersebut berdasarkan pembayaran tunai serta pengeluaran/ penerimaan tidak tunai yang jatuh tempo pada periode tersebut. biaya yang sudah jatuh tempo tapi pembayarannya belum diterima . biaya dibayar di muka.

ACCRUAL BASIS ACCOUNTING • menekankan pentingnya waktu/saat kapan transaksi dilakukan atau terjadi menggunakan dasar-dasar persamaan akuntansi penerimaan dicatat begitu terjadi transaksi penerimaan pengeluaran dicatat begitu kekayaan (assets) dipergunakan .

pengakuan keuntungan berdasarkan accrual basis ini bukan berarti jauh lebih sulit. sebagai dasar perencanaan strategi perusahaan di masa datang. namun hasilnya lebih akurat. Walaupun demikian.• Pengakuan keuntungan secara cash basis biasanya banyak digunakan oleh bisnis atau perusahaan berskala kecil. . accrual basis lebih banyak digunakan oleh bisnis atau perusahaan berskala menengah dan besar. yang lebih membutuhkan hasil pengakuan keuntungan yang lebih komprehensif. dengan pertimbangan kemudahan dalam perhitungan dan kepraktisannya. namun memang membutuhkan keahlian dan pengalaman dari yang menyusunnya. Dengan demikian. karena perhitungannya juga lebih rumit dan lebih banyak komponen biaya yang dihitung.

Manfaat Accrual basis • dapat menyajikan laporan posisi keuangan pemerintah dan perubahannya • memperlihatkan akuntabilitas pemerintah atas penggunaan seluruh sumber daya • menunjukkan akuntabilitas pemerintah atas pengelolaan seluruh aktiva dan kewajibannya yang diakui dalam laporan keuangan • memperlihatkan bagaimana pemerintah mendanai aktivitasnya dan memenuhi kebutuhan kasnya • memungkinkan user untuk mengevaluasi kemampuan pemerintah dalam medanai aktivitasnya dan dalam memenuhi kewajiban dan komitmennya • membantu user dalam pembuatan keputusan tentang penyediaan sumber daya ke atau melakukan bisnis dengan entitas • user dapat mengevaluasi kinerja pemerintah dalam hal biaya pelayanan. efisiensi dan penyampaian pelayanan tersebut. .

. Pemberian jasa Tidak dicatat Dicatat pendapatan kepihak lain dan piutang Tagihan dikirim Tidak dicatat Tidak dicatat. Pembayaran diterima Dicatat menambah Dicatat penurunan kas dan mengakui piutang dan pendapatan penambahan kas.Perlakuan Aset dan Pendapatan Pada Cash & Accrual Transaksi Perlakuan metode Perlakuan metode Cash Accrual Aset dibeli tetapi Tidak dicatat Dicatat sebagai aset belum dibayar dan menimbulkan kewajiban. Aset digunakan Tidak dicatat Dicatat penurunan terhadap aset. Aset dibayar Dicatat penambahan Dicatat penurunan aset dan penurunan kewajiban dan kas penurunan kas.

Perlakuan Barang Pada Cash dan Accrual Sistem Kejadian Cash Basis Accrual Basis Barang diorder ke Tidak ada pencatatan Tidak ada pencatatan supplier Barang persediaan Tidak ada pencatatan Dicatat penambahan datang kewajiban dan persediaan Persediaan digunakan Tidak ada pencatatan Dicatat pengurang persediaan dan ekuitas dana Persediaan dibayara Dicatat sebagai Dicatat sebagai pengurang kas dan pengurang kas dan ekuitas dana kewajiban .

Kewajiban .Posting .Jurnal / Entries . Standar & Sistem Akuntansi STANDAR AKUNTANSI Input Process Output Transaksi Proses Akuntansi Lap.Neraca/L/R/LAK Complete .Keuangan . Reliable .CALK Comparable SISTEM AKUNTANSI Formulasi Bagan Hardwaere Pengaturan Personil Prosedur Perkiraan Dan Kelembagaan Terampil Transaksi Standar Software .Kekayaan . Keuangan Relevan .Analisa Transaksi -LRA.

Interkoneksi Accrual Basis Sistem Akuntasi Dalam Analisis Biaya Rumah Sakit .

Informasi Statistik Yang Akurat . Sistem Akuntansi Yang Tepat  Pelaksanaan Sistem Akuntasi Biaya  Berbasis Accrual Basis 3. Struktur Organisasi Rumah Sakit yang Jelas 2. Syarat Pelaksanaan Analisis Biaya RS 1.

Biaya didefinisikan sebagai waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dan menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang. Penggunaan kata beban adalah pada saat biaya sudah habis terpakai • Ada tiga pendekatan yang biasa dilakukan untuk akuntansi biaya: biaya standar (standard costing). dan analisa terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa. dan biaya berdasarkan hasil (throughput accounting .• Akuntansi biaya adalah proses pelacakan. biaya berdasarkan kegiatan (activity-based costing). pencatatan.

serta penafsiran terhadapnya. peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk jasa. dengan cara-cara tertentu. penggolongan. Pengertian • Akuntansi biaya adalah proses pencatatan. • Objek kegiatan akuntansi biaya adalah biaya .

Pengendalian biaya 3. Pengambilan keputusan khusus . Penentuan harga pokok produk 2. Tujuan akuntansi biaya 1.

Siklus akuntansi biaya • Siklus kegiatan perusahaan jasa secara umum dimulai dengan persiapan penyerahan jasa dan berakhir dengan penyerahan jasa kepada pemakainya. • Akuntansi biaya di rumah sakit bertujuan untuk menyajikan informasi harga pokok persatuan jasa yang diserahkan kepada pasien . • Siklus akuntansi biaya di rumah sakit sangat dipengaruhi oleh siklus kegiatan (work flow) di rumah sakit itu sendiri.

contoh • Biaya satuan untuk layanan pasien rawat jalan sangat tergantung kebutuhan biaya- biaya yang digunakan agar pelayanan di rawat jalan dapat berjalan misal biaya investasi. biaya operasional dan biaya pemeliharaan yang digunakan di rawat jalan .