You are on page 1of 15

Ilmu Sosial Dasar

KELOMPOK 4 Alif laila 1711211024 Syiffa kurnia fitri 1711211020 Sri wahyuni 1711212048 Aprilianisa putri 1711213028 Muhammad ilham 1711211024 Suci yulia saputri 171121102 .

Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional. sehingga pemuda Definisi merupakan sumber daya manusia pemuda pembangunan baik saat ini maupun masa datang. sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya. .

Permasalahan pemuda .

1. 4. Tidak terpenuhinya generasi muda terhadap masa depannya kebutuhan giz 3. Kurangnya lapangan patriotisme. Pergaulan bebas 7. Menurunnya jiwa idealisme. Tingginya jumlah putus sekolah 6. Meningkatnya kenakalan remaja . dan nasionalisme pekerjaan 2. Kekurangpastian yang dialami oleh 5.

5. Keberanian mengambil resiko 4. Dinamika dan kreatifitas 3.Potensi-Potensi Pemuda 1. Idealisme dan daya kritis 2. Optimis dan bersemangat. Sikap Mandiri dan disiplin .

6. Keanekaragaman dalam 8. Sikap Kesatria 10. Terdidik 7. persatuan dan kesatuan 9. Kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi 11. Patriotisme dan nasionalisme .

. Pendidikan pada hakekatnya Definisi adalah usaha sadar manusia untuk pendidikan mengembangkan kepribadian di dalam maupun di luar sekolah yang berlangsung seumur hidup. .

Jalur pendidikan formal Non formal informal .

Lembaga pendidikan non formal 3.Lembaga pendidikan 1. Lebaga pendidikan formal 2.Lembaga pendidikan informal .

berakhlak mulia. . Di dalam UU. sehat. berilmu. cakap. 20 Tahun 2003 Tentang sistem pendidikan nasional pasal 3 disebutkan tentang tujuan pendidikan yakni mengembangkan Tujuan potensi peserta didik agar menjadi pendidikan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. No. mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis juga bertanggung jawab. kreatif.

.Fungsi pendidikan • Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah. • Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi. • Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat. • Melestarikan kebudayaan.

privilise. • Memperpanjang masa remaja. Fungsi lembaga pendidikan • Mengurangi pengendalian orang tua terhadap anak- anaknya • Menyediakan sarana untuk pembangkangan • bisa mensosialisasikan kepada anak-anak didiknya guna menerima perbedaan prestise. serta status yang ada dalam masyarakat. .

Peran Pemuda Dalam Pendidikan Pendekatan yang digunakan Dalam Mewujudkan Peran Pemuda Dalam Pemberdayaan Masyarakat di bidang pendidikan. yaitu: Pendekatan individu Pendekatan sosial .

TERIMA KASIH .