You are on page 1of 25

KELOMPOK 6

LIFT NET (BAGAN)

PERIKANAN B
METODE PENANGKAPAN IKAN

• Dini Rismariyanti 230110150088

• Sapin 230110150095

• Basma Emeralda H 230110150106

• Zahara Pujie Insanie 230110150111

• Hendra Nopandi 230110150127

• M Donny Ericson 230110150130

Sejak tahun 1950-an bagan sudah mulai diperkenal kan di indonesia. bagan rakit sampai saat ini bagan perahu (Unar 1978 dala m Notanubun J 2010). Hal ini dikarenakan alat tangkap bagan merupakan alat yang efektif digunakan untuk nelayan dan tidak merusakan ekosistem dibawah laut seperti terumbu karang. namun ada alat tangkap yang pasif salah satunya alat tangkap bagan. dimulai dari bagan tancap. Pendahuluan • Penangkapan ikan di Indonesia umumnya memiliki berbagai jenis alat tangkap. . dan hasil tangkapan yang diperoleh cukup banyak. hingga saat ini bagan sudah mulai banyak mengalami perubahan. • Alat tangkap bagan ini telah banyak digunakan oleh masyarakat nelayan yang mata pencariannya hasil melaut. Alat tangkap bagan merupakan salah satu alat tangkap yang ramah lingkungan. namun alat yang digunakan tidak semuanya aktif.

Jaring angkat (lift net) memilki bentuk yang menyerupai kotak atau persegi empat yang dalam pengoprasiannya sering menggunakan alat bantu yaitu lampu ataupun umpan sebagai daya tarik bagi ikan yang akan ditangkap. .• Jaring angkat (lift net) merupakan alat penangkapan ikan yang metode pengoprasian nya digunakan dengan cara menurunkan dan mengangkat alat secara vertikal. • Alat tangkap ini merupakan alat tangkap pasif karena sangat bergantung pada ketertarikan ikan terhadap alat bantu cahaya. • Bagan merupakan salah satu alat tangkap yang termasuk kedalam golongan alat tangkap jaring angkat (lift net).

besi atau kayu • Dilengkapi lampu dan umpan sebagai menarik perhatian ikan . Konstruksi Bagan • Berbentuk 4 persegi panjang • Memiliki rangka yang terbuat dari bambu.

Bagan Rakit 3. Bagan Tancap 2. 1. Jenis-Jenis Bagan Menurut Sudirman dan Mallawa (2004) alat tangkap lift net (Bagan) terbagi menjadi bagan tancap. Bagan Perahu 4. Bagan Bandrong . bagan rakit dan bagan perahu.

Bagan Tancap KONSTRUKSI • Bangunan yg ditancapkan di perairan • Di bagian tengah terdapat rumah mini (untuk istirahat) • Lampu (pengumpul ikan) • Jaring (waring) dgn rangka berbentuk segiempat • Pemberat • Roller pengangkat jaring .

.

Bagan Anco KONSTRUKSI • Berbentuk empat persegi panjang • Terdiri dari jaringyang keempat ujungnya diikat pada dua bambu yang dibelah dan kedua ujungnyadihaluskan (diruncingkan) • Kemudian dipasang bersilangan satu sama lain dengansudut 90 derajat .

. Bagan Perahu Bagan perahu merupakan alat tangkap yang beroperasi dengan menggunakan perahu motor sehingga kendala yang terjadi sulitnya menentukan daerah penangkapan ikan serta hasil tangkapan yang dihasilkan tidak pasti menurut Adam M et al. (2018).

Bagan Bandrong KONSTRUKSI • Berbentuk empat persegi panjang • Ujung-ujung salah satu sisinya diikat pada patok • Ujung yang lain dipasang tali untuk proses pengangkatan • kapal dengan ukuran 20-100 GT bahkan ada yang lebih besar • Biasanya terbuat daribahan polyamide .

b) Pengumpulan ikan c) Penurunan jaring perlahan-lahan d) Soaking e) Lifting f) brailing. g) Penyortiran ikan . Metode Pengoperasian a) Persiapan menuju fishing ground.

Alat bantu bagan lain yang digunakan dalam penangkapan seperti serok (scoop net). Alat bantu penangkapan Alat bantu penangkapan ikan berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk menarik perhatian ikan maupun untuk membantu menghasilkan hasil tangkapan yang banyak. oleh karena itu alat bantu yang berperan dalam penangkapan ikan yaitu lampu. roller dan atraktor (rumpon). . Cara mengoperasikan bagan biasanya dilakukan pada malam hari. LACUBA.

Hal ini dikarenakan hampir semua makhluk hidup yang hidupnya di air salah satunnya ikan. oleh sebab itu mereka akan mendekati sumber cahaya tersebut yang telah di letakan lampu-lampu yang digunakan dalam penangkapan ikan dengan alat tangkap bagan biasanya menggunkan lampu pet romaks atau (kerosene pressure lamp) untuk menarik perhatian ikan. . jumlah yang diletakan dalam bagan biasanya bervariasi berjumlah antara 2-5 buah (Sudirman dan Mallawa 2004). akan terangsang dengan adanya cahaya dari lampu (phototaxis positif) ini. Lampu Alat bantu penangkapan (light fishing) atau dikenal dengan lampu ini berfungsi sebagai alat untuk memikat atau merangsang ikan agar mendekati daerah bagan tersebut.

LACUBA(lampu LACUBA (Lampucelup Celupbawah Bawahair) Air) LACUBA sendiri berfungsi sebagai alat pemanggil ikan dengan dicelupkan kedalam air. Lacuba ini dirakit sesuai prinsipnya yaitu untuk mengurangi efek pemantulan dan ketidakstabilan cahaya lampu sehingga di rakit tahan air dan kedap air . sama seperti lampu umumnya. namun LACUBA ini diperuntukan bagi nelayan yang hobi mancing dilaut dan berbeda dengan lampu yang ditempatkan dibawah bagan tersebut.

Atraktor (Rumpon) Rumpon atau biasanya dikenal dengan sebutan fish agregation device ini merupakan alat tangkap yang berfungsi sebagai pemancing atau pengikat perhatian ikan agar mendekat ke area bagan tersebut .

Roller Roller Roller atau disebut dengan alat penggulung tali dalam pengoperasiannya digunakan sebagai alat untuk penarik jaring saat jaring telah dilepaskan kebawah. sehingga dengan menggunakan alat bantu roller dapat membantu untuk menarik jaring ke atas lagi. Roller ini dapat memudahkan nelayan saat menangkap ikan Scoop Net Scoop net atau serok merupakan slah satu alat bantu penangkapa. Scoop net bekerja saat jaring telah diangkat dengan bantuan roller untuk naik keatas. oleh sebab itu scoop net dapat dijadikan alat bantu untuk alat tangkap bagan. untuk selanjutnya dipindahkan kedalam keranjang atau tempat ikan . saat jaring telah diangkat maka pengambilan hasil tangkapan dengan menggunakan scoop net.

dan Sulawesi Selatan. dan Sulawesi Selatan. Perairan Makassar. Daerah Pengoperasian Alat Tangkap Menurut Subani dan Barus (1989) daerah penangkapan ikan dengan menggunakan bagan tancap adalah di Teluk Banten. NTB. Malang. Pantai Utara Jawa . Sukabumi. Sulawesi Tengah. Jepara. . Daerah dangkal lumpur berpasir dengan kedalaman 8 sampai 15 meter merupakan tempat penancapan tiang dari bagan. NTT. Hal ini dapat ditemui di daerah Kedung.

Kecamatan Polewali. Sulawesi Selatan merupakan salah satu tempat pengoera sian dari Jaring Angkat Tancap (Subani 1970 diacu dalam Hayat 1996). . Jaring Angkat Tancap Jaring Angkat Tancap (shore operated stationary lift nets) Daerah pantai merupakan daerah yang cocok untuk pen goperasian Jaring Angkat Tancap.

Bagan Jaring perahuAngkat Perahu • Jaring Angkat Perahu (boat operated lift nets) • Pada umumnya perairan yang subur. Palu. selalu tenang.Luwuk (Subani dan Barus 1989). seperti: Teluk Tomini. Teluk Bone. . Morotai. Jaring angkat perahu hampir digunakan diseluruh daerah perikanan laut di Indonesia. Palu. tidak banyak dipengaruhi oleh adanya gelombang besar. anginkencang dan arus yang kuat adalah daerah pengoperasian alat tangkap bagan perahu. Dan perairan teluk umumnya merupakan daerah yang cocok untuk pengoperasian jaring angkat perahu (Subani 1970 diacu dalam Fathul 2008).

(Sudirman dan Achmar. 2004). Jaring Angkat Anco • Jaring Angkat Anco ( portable lift nets) • Jaring Anco biasanya digunakan pada perairan dengan kedalaman yang dangkal dan dilakukan secara menetap. . sehingga jaring anco tidak dapat dioperasikan pada daerah yang berarus deras.

dan muara sungai hingga sepanjang aliran sungai. Kabupaten Barru. . dan daerah lainnya di Sulawesi Selatan (Subani dan Barus 1989). daerah karang. (Assir 1986). Pare-pare. Mandar. Jaring Angkat Bandrong • Jaring Angkat Bandrong (Bouke ami) • Jaring angkat bandrong tidak cocok dioperasikan di perairan dengan gelombang besar. Jaring bandrong digunakan di beberapa daerah yaitu di Jeneponto.

cumi-cumi. . ikan selar. ikan kembung. ikan alu-alu. ikan layang.Hasil Tangkapan Hasil Tangkapan Utama ikan-ikan pelagis Misalnya bagan. ikan kwee. banyak menangkap ikan teri. ikan tembang.

Kesimpulan Bagan merupakan alat tangkap yang termasuk jenis jaring angkat (lift net).Bagan Anco . Bagan ter bagi atas 4 jenis yaitu . Hasil tangkapan yang biasanya didapat yaitu ikan-ikan pelagis .Bagan Perahu . lacuba. Daerah pengoperasian dari bagan yaitu daerah pantai dangkal dengan dasar lumpur berpasir. scoop net. Dalam pengoperasiannya bagan memiliki alat bantu di antaranya lampu.Bagan Tancap .Bagan Bandrong Setiap bagan memiliki cara pengoperasian yang sama yaitu dengan menaik dan men urunkan jaring secara vertikal. roller.

Terima Kasih .