You are on page 1of 34

Oleh

PSAP 09 AKUNTANSI
Muhammad Hafizni – Muhammad Syarif Fadillah –
Muhammad Ruzaini
KEWAJIBAN
C1C115093
C1C115033 C1C115032

Jurusan S1 Akuntansi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Lambung Mangkurat

PSAP 09 AKUNTANSI
KEWAJIBAN

Akuntansi Kewajiban

Definisi kewajiban menurut Peraturan
Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 adalah
utang yang timbul dari peristiwa masa lalu
yang penyelesaiannya mengakibatkan aliran
keluar sumber daya ekonomi pemerintah.

The Power of PowerPoint |
thepopp.com
3

Klasifikasi Kewajiban One Column Menurut PSAP nomor 9.com 4 . Kewajiban diklasifikasikan sebagai kewajiban jangka pendek dan kewajiban jangka Panjang The Power of PowerPoint | thepopp.

1 Utang Kepada Pihak Ketiga Utang Bunga dan Utang Kewajiban jangka 2 Transfer pendek adalah kewajiban yang Utang Perhitungan Pihak diharapkan dibayar 3 Ketiga dalam waktu 12 (dua Bagian Lancar Utang Jangka belas) bulan setelah 4 Panjang tanggal pelaporan.com 5 . Utang Surat Perbendaharaan Kewajiban jangka 5 Negara pendek antara lain terdiri dari: 6 Utang Jangka Pendek Lainnya The Power of PowerPoint | thepopp.

com 6 . 1 Utang Luar Negeri Utang Dalam Negeri – Sektor 2 Perbankan kewajiban jangka panjang adalah Utang Dalam Negeri – kewajiban yang 3 Obligasi diharapkan dibayar dalam waktu lebih 4 Utang Pembelian Cicilan dari 12 (dua belas) bulan setelah 5 Utang Jangka Panjang Lainnya tanggal pelaporan 6 The Power of PowerPoint | thepopp.

Maksud tersebut didukung dengan adanya suatu perjanjian pendanaan kembali (refinancing). 7 . dan 2. Jangka waktu aslinya adalah untuk periode lebih dari 12 (dua belas) bulan. Entitas bermaksud untuk mendanai kembali (refinance) kewajiban tersebut atas dsar jangka panjang. atau adanya suatu perjanjian kembali terhadap pembayaran. Aturan tambahan Kewajiban jangka panjang yang telah jatuh tempo dan akan diselesaikan dalam waktu 12 (dua belas) bulan setelah tanggal pelaporan tetap diklasifikasikan sebagai kewajiban jangka panjang jika: 1. yang diselesaikan sebelum laporan keuangan disetujui. dan 3.

com 8 . Pengakuan Kewajiban Berdasarkan PP 71 Tahun 2010. Kewajiban diakui jika besar kemungkinan bahwa pengeluaran sumber daya One Column ekonomi akan dilakukan untuk menyelesaikan kewajiban yang ada sampai saat pelaporan. Keberadaan peristiwa masa lalu (dalam hal ini meliputi transaksi) sangat penting dalam pengakuan kewajiban The Power of PowerPoint | thepopp. dan perubahan atas kewajiban tersebut mempunyai nilai penyelesaian yang dapat diukur dengan andal.

com 9 . Pengakuan Kewajiban One Column Saat pengakuan kewajiban adalah saat dana pinjaman diterima oleh pemerintah atau dikeluarkan oleh kreditur sesuai dengan kesepakatan. Kewajiban dapat timbul dari: The Power of PowerPoint | thepopp. dan atau pada saat kewajiban timbul.

acknowledged related events) events).com 10 . The Power of PowerPoint | thepopp. (government. Kewajiban dapat timbul dari 4 icons and items Transaksi Transaksi Kejadian yang Kejadian yang dengan tanpa berkaitan diakui pertukaran pertukaran dengan pemerintah (exchange (non exchange pemerintah (government- transaction) transaction).

com 11 . Kewajiban dicatat sebesar nilai wajar sumber daya ekonomi yang digunakan pemerintah untuk memenuhi kewajiban yang bersangkutan. Pengukuran Kewajiban Dalam Kerangka Konseptual SAP Akrual disebutkan bahwa pengukuran adalah proses penetapan nilai uang untuk mengakui dan memasukkan setiap pos dalam laporan keuangan. Dalam PSAP 01 paragraf 83. Pengukuran pos-pos dalam laporan keuangan menggunakan nilai perolehan historis. disebutkan bahwa kewajiban dicatat sebesar nilai nominal. The Power of PowerPoint | thepopp. Kewajiban dalam mata uang asing dijabarkan dan dinyatakan dalam mata uang rupiah.

Pendek 12 .Pengukuran Kewajiban Jk.

Bila Ketiga kontraktor membangun fasilitas atau peralatan sesuai dengan spesifikasi yang ada pada (Account kontrak perjanjian dengan pemerintah. termasuk barang dalam perjalanan yang telah menjadi haknya. The Power of PowerPoint | thepopp. jumlah yang dicatat harus berdasarkan realisasi fisik kemajuan pekerjaan sesuai dengan berita Payable) acara kemajuan pekerjaan. pemerintah harus Pihak mengakui kewajiban atas jumlah yang belum dibayarkan untuk barang tersebut. Utang kepada Pada saat pemerintah menerima hak atas barang.com 13 .

– Utang Transfer karena daerah penghasil belum dapat diidentifikasi/diketahui sampai dengan akhir tahun anggaran. yaitu pengukuran Utang Transfer (DBH.com 14 . DAU. The Power of PowerPoint | thepopp. Transfer – Utang Transfer karena penundaan penyaluran dinilai sebesar jumlah kekurangan transfer akibat penundaan tersebut. maka Utang Transfer dinilai sebesar jumlah kekurangan transfer. – Utang Transfer karena realisasi penerimaan ternyata melebihi proyeksi penerimaan yang digunakan sebagai acuan dalam menyusun APBN. Dalam paragraf 39 PSAP 09 disebutkan bahwa utang transfer diakui dan dinilai sesuai dengan peraturan yang berlaku. Otsus dan lainnya) yang timbul dan diakui dilakukan sesuai dengan PSAP 09 paragraf 18 yaitu sebagai berikut: Utang – Utang Transfer karena kesalahan tujuan dan/atau jumlah transfer dinilai sebesar jumlah kekurangan transfer akibat kesalahan tersebut. Penjelasan lebih lanjut terdapat pada Bultek Nomor 8. maka Utang Transfer dinilai sebesar total dana bagi hasil yang belum ditransfer karena rincian daerah penerimanya belum dapat ditentukan. DAK.

Utang Utang bunga atas utang pemerintah harus dicatat Bunga sebesar biaya bunga yang telah terjadi dan belum dibayar.com 15 . Bunga dimaksud dapat berasal dari utang pemerintah baik dari dalam maupun luar negeri. Utang bunga atas utang pemerintah yang belum dibayar harus diakui pada setiap akhir periode pelaporan sebagai bagian dari kewajiban yang berkaitan. The Power of PowerPoint | thepopp. (Accrued Besaran bunga tersebut pada naskah perjanjian pinjaman biasanya dinyatakan dalam persentase Interest) dan periode tertentu yang telah disepakati oleh para pihak.

com 16 . The Power of PowerPoint | thepopp. Jumlah pungutan/potongan PFK yang dilakukan an Fihak pemerintah harus diserahkan kepada pihak lain sejumlah yang sama dengan jumlah yang Ketiga dipungut/dipotong. saldo Utang pungutan/potongan berupa PFK yang belum disetorkan kepada pihak lain harus dicatat Perhitung pada laporan keuangan sebesar jumlah yang masih harus disetorkan. Pada akhir periode pelaporan. Jumlah saldo pungutan/potongan tersebut harus dicatat pada laporan keuangan sebesar jumlah yang masih harus disetorkan. Pada akhir periode pelaporan biasanya masih terdapat saldo (PFK) pungutan/potongan yang belum disetorkan kepada pihak lain.

.Kewajiban Pendapatan diterima di muka Nilai yang dicantumkan dalam neraca untuk Lancar akun ini adalah sebesar bagian barang/jasa yang belum diserahkan oleh pemerintah Lainnya kepada pihak ketiga sampai dengan tanggal neraca. (Other Utang biaya Nilai yang dicantumkan dalam neraca untuk Current akun ini adalah sebesar biaya yang belum dibayar oleh pemerintah sampai dengan Liabiliti tanggal neraca. Kewajiban kepada pihak lain es) Nilai yang dicantumkan dalam neraca untuk akun ini adalah sebesar dana yang belum 17 diserahkan kepada yang berhak.

Pengukuran Kewajiban Jk. Panjang 18 .

19 . Negeri seperti transaksi pembayaran. perubahan penilaian dikarenakan perubahan kurs valuta asing. dan perubahan lainnya selain perubahan nilai pasar. Nilai nominal atas utang mencerminkan nilai utang pemerintah pada saat pertama kali transaksi berlangsung Luar seperti nilai yang tertera pada lembar surat utang pemerintah. Utang dalam mata uang asing dijabarkan dan dinyatakan dalam mata uang rupiah berdasarkan nilai tukar (kurs tengah BI) pada Utang tanggal neraca. diperhitungkan dengan menyesuaikan nilai tercatat utang tersebut. Aliran ekonomi setelahnya.

sehingga Negeri— jumlah yang dicantumkan dalam neraca untuk utang dalam negeri sektor perbankan Sektor adalah sebesar jumlah dana yang telah ditarik oleh penerima pinjaman. Dalam Penerima pinjaman belum tentu menarik seluruh jumlah pendanaan tersebut. pembayaran pokok pinjaman akan mengurangi jumlah utang sehingga jumlah yang dicantumkan dalam neraca adalah sebesar total penarikan dikurangi dengan pelunasan. Jumlah utang yang tercantum dalam naskah perjanjian merupakan komitmen maksimum Utang jumlah pendanaan yang disediakan oleh pemberi pinjaman. 20 . Dalam Perbankan perkembangan selanjutnya.

aliran ekonomi setelahnya. Dalam Dalam hal utang obligasi yang pelunasannya diangsur. ditambah premium atau dikurangi diskon yang disajikan pada akun terpisah. seperti transaksi Negeri— pembayaran. 21 . dan perubahan lainnya selain perubahan nilai pasar. sedangkan diskon atau premium dikapitalisasi untuk diamortisasi sepanjang masa berlakunya surat utang obligasi. maupun di atas nilai par (dengan premium). Nilai nominal Utang Obligasi Negara/Daerah tersebut Utang mencerminkan nilai yang tertera pada lembar surat utang pemerintah dan merupakan nilai yang akan dibayar pemerintah pada saat jatuh tempo. diperhitungkan dengan menyesuaikan nilai tercatat (carrying amount) utang Obligasi tersebut. Utang Obligasi Negara/Daerah dicatat sebesar nilai nominal/ par. maka nilai pokok utang tersebut adalah sebesar nilai nominalnya atau nilai jatuh temponya. Apabila surat utang obligasi dijual di bawah nilai par (dengan diskon).

Serah. baik yang bunganya dinyatakan secara eksplisit maupun yang bunganya disamarkan dalam bentuk cicilan anuitas. Utang Utang kemitraan diukur berdasarkan nilai yang disepakati dalam perjanjian kemitraan BSK Jangka sebesar nilai yang belum dibayar. Utang Kemitraan merupakan utang yang berkaitan dengan adanya kemitraan pemerintah dengan pihak ketiga dalam bentuk Bangun. dicatat sebesar nilai nominal 22 . Kelola (BSK). Utang pembelian cicilan. Panjang Utang cicilan adalah kewajiban yang timbul karena perolehan barang/jasa pemerintah Lainnya dilakukan dengan membayar secara angsuran.

Penliaian Kewajiban Utang Pemerintah yang Tidak Diperjualbelikan (Non-traded Debt) Nilai nominal atas utang pemerintah yang tidak diperjualbelikan (non-traded debt) merupakan kewajiban entitas kepada pemberi utang sebesar pokok utang dan bunga sesuai yang diatur dalam kontrak perjanjian dan belum diselesaikan pada tanggal pelaporan .

Penliaian Kewajiban Utang Pemerintah yang Diperjualbelikan (Traded Debt) Utang pemerintah yang dapat diperjualbelikan biasanya dalam bentuk sekuritas utang pemerintah Jenis sekuritas utang pemerintah harus dinilai sebesar nilai pari (original face value) dengan memperhitungkan diskonto atau premium yang belum diamortisasi. Sekuritas utang pemerintah yang dijual sebesar nilai pari tanpa diskonto ataupun premium harus dinilai sebesar nilai pari. Sekuritas yang dijual dengan harga diskonto akan bertambah nilainya selama periode penjualan dan jatuh tempo. sedangkan sekuritas yang dijual dengan harga premium nilainya akan berkuran .

Perubahan Valuta Asing Utang pemerintah dalam mata uang asing dicatat dengan menggunakan kurs tengah bank sentral pada saat terjadinya transaksi. Namun perubahan kurs yang terjadi setiap saat menimbulkan kesulitan tersendiri dalam pencatatannya menggunakan kurs tanggal transaksi tersebut. PSAP mempermudah dengan memperkenankan pencatatan dengan penggunaan kurs yang mendekati kurs tanggal transaksi . Untuk itu.

Namun perubahan kurs yang terjadi setiap saat menimbulkan kesulitan tersendiri dalam pencatatannya menggunakan kurs tanggal transaksi tersebut. PSAP mempermudah dengan memperkenankan pencatatan dengan penggunaan kurs yang mendekati kurs tanggal transaksi . Untuk itu. Perubahan Valuta Asing Utang pemerintah dalam mata uang asing dicatat dengan menggunakan kurs tengah bank sentral pada saat terjadinya transaksi.

selisih tersebut harus disajikan sebagai surplus/defisit dari kegiatan non operasional pada laporan operasional serta diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan sebagai bagian dari pos kewajiban yang berkaitan . Penyelesaian Kewajiban sebelum Sekuritas utang pemerintah yang diselesaikan Jatuh Tempo sebelum jatuh tempo karena adanya fitur untuk ditarik (call feature) atau karena memenuhi syarat untuk penyelesaian oleh permintaan pemegangnya memungkinkan adanya selisih antara nilai perolehan kembali dengan nilai tercatat (carrying value).

Tunggakan pemerintah harus menyajikan daftar umur (aging schedule) pada catatan atas laporan keuangan atas jumlah tunggakan pinjaman yang ada sebagai bagian dari pengungkapan kewajiban. Tunggakan kewajiban didefinisikan sebagai jumlah kewajiban yang telah jatuh tempo namun pemerintah tidak mampu membayar jumlah pokok dan/atau bunganya sesuai jadwal. .

Restrukturisasi utang dapat terjadi sebelum. serta dari peraturan hukum. pada. atau sesudah tanggal jatuh tempo utang yang tercantum dalam perjanjian . Keringanan semacam ini dapat berasal dari perjanjian antara kreditur dengan debitur. atau darikeputusan pengadilan. Restrukturisasi Utang Restrukturisasi utang merupakan kesepakatan antara kreditur dan debitur untuk memodifikasi syarat- syarat perjanjian utang dengan atau tanpa pengurangan jumlah utang.

dimungkinkan adanya penyelesaian utang melalui penyerahan asset kas maupun non kas dari debitur kepada kreditur dengan nilai di bawah nilai utang tercatat. . Dalam hal penghapusan utang. Penghapusan Utang Penghapusan utang merupakan pembatalan tagihan oleh kreditur kepada debitur baik sebagian maupun seluruh jumlah utang debitur dalam bentuk perjanjian formal di antara kedua pihak.

Biaya-biaya tersebut meliputi: 1. dan sebagainya 5.bunga dan provisi atas penggunaan dana pinjaman. Biaya-Biaya Biaya-Biaya yang Berhubungan yang Berhubungan dengan Utang dengan Utang Pemerintah Pemerintah adalah biaya bunga dan biaya lainnya yang timbul dalam kaitan dengan peminjaman dana.perbedaan nilai tukar pada pinjaman dengan menggunakan mata uang asing sejauh hal tersebut diperlakukan sebagai penyesuaian atas biaya bunga.commitment fee atas dana pinjaman yang belum ditarik 3. ahli hukum.amortisasi diskonto atau premium yang terkait dengan pinjaman 4. .amortisasi kapitalisasi biaya yang terkait dengan perolehan pinjaman seperti biaya konsultan. baik pinjaman jangka pendek maupun jangka panjang 2.

Penyajian dan Pengungkapan Kewajiban Dalam Lampiran I.10 Peraturan Pemerintah Nomor 71Tahun 2010. untuk penyajian dan pengungkapan kewajiban secara akrual dinyatakan sebagai berikut: .

untuk penyajian dan pengungkapan kewajiban secara akrual dinyatakan sebagai berikut: Utang pemerintah harus diungkapkan secara rinci dalam bentuk daftar skedul utang untuk memberikan informasi yang lebih baik kepada pemakainya Untuk meningkatkan kegunaan analisis. Konsekuensi dilakukannya penyelesaian kewajiban sebelum jatuh tempo. informasi-informasi yang harus disajikan dalam Catatan atas Laporan Keuangan adalah: a.com 33 . The Power of PowerPoint | thepopp. Jumlah saldo kewajiban jangka pendek dan jangka panjang yang diklasifikasikan berdasarkan pemberi pinjaman. d. Penyajian dan Pengungkapan Kewajiban Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010. b. Jumlah saldo kewajiban berupa utang pemerintah berdasarkan jenis sekuritas utang pemerintah dan jatuh temponya. Bunga pinjaman yang terutang pada periode berjalan dan tingkat bunga yang berlaku. c.

Penyajian dan Pengungkapan Kewajiban Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010. Pengunduran jatuh tempo pinjaman. untuk penyajian dan pengungkapan kewajiban secara akrual dinyatakan sebagai berikut: e. Perlakuan biaya pinjaman. 3. dan 3.com 34 . 5. 4. 2. f. Jumlah biaya pinjaman yang dikapitalisasi pada periode yang bersangkutan. Jumlah tunggakan pinjaman yang disajikan dalam bentuk daftar umur utang berdasarkan kreditur. Perjanjian restrukturisasi utang meliputi: 1. dan 6. Pengurangan jumlah bunga terutang sampai dengan periode pelaporan. g. Pengurangan pinjaman. Modifikasi persyaratan utang. 2. Biaya pinjaman: 1. Pengurangan nilai jatuh tempo pinjaman. Pengurangan tingkat bunga pinjaman. Tingkat kapitalisasi yang dipergunakan The Power of PowerPoint | thepopp.