You are on page 1of 20

PRAKTIK KERJA LAPANGAN

(PKL)

DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2015

Tujuan Pembelajaran

Peserta mampu:
1. Memahami konsep Praktik Kerja Lapangan;
2. Mejelaskan tujuan Praktik Kerja Lapangan;
3. Menyusun perencanaan program Praktik Kerja
Lapangan;
4. Menjelaskan pelaksanaan program Praktik Kerja
Lapangan;
5. Melakukan penilaian Praktik Kerja Lapangan.

PENGUATAN PEMAHAMAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK DIT. P SMK TAHUN 2015 Ruang Lingkup Materi  Konsep Praktik Kerja Lapangan  Tujan Praktik Kerja Lapangan  Perencanaan Praktik Kerja Lapangan  Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan  Penilaian Praktik Kerja Lapangan 3 .

 Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembentukan karakter peserta didik  Pembelajaran berlangsung di sekolah. A. KONSEP PKL  Landasan Hukum  Permendikbud No. 61 Tahun 2014 Lamp III C. IIIB.  Permendikbud No.7 tentang Tuntutan Dunia Kerja. tentang PraktIk Kerja Lapangan. dan masyarakat. 4 .  Pembelajaran yang berlangsung di masyarakat / industri disebut dengan Praktik Kerja Lapangan. i-l.60 Tahun 2014 Lamp 1a. keluarga.

5 . Membagi topik-topik pembelajaran dari Kompetensi Dasar yang dapat dilaksanakan di sekolah (SMK) dan yang dapat dilaksanakan di Institusi Pasangan (DU/DI) sesuai dengan sumber daya yang tersedia di masing-masing pihak. B. Mengaktualisasikan model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) antara SMK dan Institusi Pasangan (DU/DI) yang memadukan secara sistematis dan sistemik program pendidikan di sekolah (SMK) dan program latihan penguasaan keahlian di dunia kerja (DU/DI). 2. TUJUAN PKL Tujuan PKL antara lain adalah: 1.

B. 4. TUJUAN PKL 3. Memberikan pengalaman kerja langsung (real) kepada peserta didik dalam rangka menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja. Memberikan bekal etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja dalam menghadapi tuntutan pasar kerja global.. 6 .

dilakukan sebelum penyusunan program PKL  Tujuan Pemetaan Industri o Memperoleh kesesuaian institusi pasangan/industri dengan KD yang ditekuni peserta didik. o Meningkatkan jalinan hubungan kerjasama antara sekolah dengan institusi pasangan/industri 7 . DESKRIPSI PKL 1. C. Perencanaan Program PKL  Pemetaan industri merupakan proses analisis Kompetensi Dasar (KD) dan topik pembelajaran/pekerjaan pada mata pelajaran paket keahlian serta memetakannya berdasarkan kemungkinan atau peluang dilaksanakan pembelajaran topik-topik tersebut di masing-masing DU/DI yang menjadi Institusi Pasangan.

.... Analisis KD dan Topik Pembelajaran Contoh: Format Analisis Kompetensi Dasar Pada Paket Keahlian Nama Sekolah : . Topik Pelaksanaan Pembelajaran *) Kompetensi Dasar Pembelajaran/ Institusi Pasangan/ Sekolah (√) Pekerjaan Industri (√) 4............ 8 ... Program Keahlian : .....2 4.3 4..........1 4........................4 *) Keterangan: Topik-topik pembelajaran/pekerjaan yang belum mendapat porsi pembelajaran yang cukup di sekolah (daya dukung sekolah belum optimal) diprioritaskan untuk pembelajaran di institusi pasangan /industri...... Paket Keahlian : ..

............................ Mata Topik Peluang Pembelajaran di Institusi Pasangan/ Pelajaran/ Pembela Industri/Du-Di Kompetensi jaran/Peker Dasar jaan Du-Di A*) Du-Di B*) Du-Di C *) Dst.... 4..3 *) Keterangan: Kolom Du-Di diisi dengan ada atau tidak ada sesuai hasil 9 analisis bersama antara pihak sekolah dengan industri/du-di ...... Pemetaan Industri Contoh: Format Pemetaan Industri Untuk Pembelajaran Di Institusi Pasangan/Industri Nama Sekolah : . Paket Keahlian : .1 4................ Program Keahlian : ...2 4............

.................. ................................ Nama Pembimbing : ............ Contoh: Format Program PKL Nama Peserta Didik : ................................ Semester : .......................................................................... Alamat : .................................... Waktu PKL : ... dan Tanggal Pelaksanaan diisi sesuai hasil kesepakatan antara sekolah dengan institusi 10 pasangan/industri.......................................................... Topik Pembelajaran/Pekerjaan............... Topik Pembelajaran/ Kompetensi Dasar Tanggal Pelaksanaan Pekerjaan *) *) Keterangan: Kolom KD............ Nama Industri : .. Kelas : ....................................

11 . pembelajarannya di kerja kurang dari 6 hari per satuan pendidikan minggu. sekolah perlu (setelah kembali dari PKL) mengatur sirkulasi/per= dengan jumlah jam setara putaran kelompok peserta dengan jumlah jam satu PKL. semester. kel A dan B tidak • Pemerataan jumlah jam di terintegrasi dalam kegiatan industri yang memiliki jam PKL. setiap hari 8 jam • Jika pembelajaran mapel selama 1 semester. seminggu. Waktu Pelaksanaan PKL • PKL menggunakan sistem • PKL menggunakan semi blok blok selama setengah yaitu masuk 3 hari dalam semester (sekitar 3 bulan).

 Keterlaksanan program PKL dapat dilakukan alternatif pengaturan sebagai berikut: 1. Jika program PKL akan dilaksanakan pada semester 4 kelas XI. 12 . agar pelaksanaan PKL tidak mengurangi waktu untuk pembelajaran materi semester 4 sehingga sebagian dari semester 4 tersebut dapat ditarik ke semester 5. sekolah harus menata ulang topik-topik pembelajaran pada semester 4 dan semester 5. Waktu pelaksanaan PKL dapat dilakukan pada kelas XI atau kelas XII.

3. Mengingat kebijakan UN yang tidak lagi menjadi salah satu faktor penentu kelulusan. Jika program PKL akan dilaksanakan pada semester 5 kelas XII. sekolah harus melakukan pengaturan yang sama untuk materi materi pada kedua semester tersebut. maka program PKL dapat dilaksanakan sebelum UN pada semester 6 secara blok penuh selama 3 bulan (12 minggu).2. 13 .

14 . konsumsi dan transportasi selama pelaksanaan di lokasi PKL (Life cost). Pembekalan PKL Materi pembekalan PKL bagi peserta didik al:  Karakteristik budaya kerja di industri  Tata krama di industri  Penyusunan jurnal  Pembuatan laporan Pemberian informasi progam PKL bagi organgtua:  Maksud dan Tujuan PKL  Budaya kerja industri  Tata krama di industri  Pembiayaan operasional peserta didik yakni akomodasi.

Alamat : .........3..1.................................... Waktu PKL : ......................... ................... Nama Pembimbing : ....... 4... Nama Industri : ....... Contoh Format Jurnal Pkl Nama Peserta Didik : ........ 2.... Topik Tanggal Tanda Tangan Kompetensi Dasar Pembelajaran/ Pelaksanaan Pembimbing Pekerjaan *) 4.............. *) diisi topik pembelajaran dan jenis pekerjaan serta kejadian kejadian penting (pengalaman belajar) yang dilakukan peserta didik terkait kompetensi dasar 15 yang dipelajari selama kegiatan PKL.... Semester : ................................................. Pelaksanaan PKL SMK ................................. dst.........................................................................................

Sistematika laporan PKL sekurang-kurangnya memuat : Halaman Judul Halaman Pengesahan Daftar Isi Daftar Gambar (jika ada) Daftar Lampiran BAB I. PROSES DAN HASIL BELAJAR DI INDUSTRI/DU-DI BAB III. PENUTUP 16 . Pelaporan PKL Pembuatan laporan dilakukan dengan cara mengkompilasi catatan- catatan pengalaman belajar dari seluruh pekerjaan/ kegiatan pembelajaran di industri/Du-Di yang berasal dari jurnal kegiatan PKL. PENDAHULUAN BAB II. kemudian dituangkan dalam bentuk laporan.

Penilaian PKL 1. Peserta didik 2. pengetahuan dan perencanaan dan keterampilan.  Penilaian hasil belajar PKL  Contoh format instrumen prinsipnya sama dg di penilaian penyelenggaraan sekolah yang dilakukan PKL dapat menggunakan oleh pembimbing industri daftar cek 17 . instrumen pelaksanaan disiapkan oleh sekolah. Penyelenggaraan PKL  Penilaian hasil belajar PKL  Lingkup penilaian dilaksanakan secara penyelenggaraan program menyeluruh pada ranah PKL meliputi aspek sikap. 3.

Contoh Format Instrumen Penilaian Penyelenggaraan PKL 18 .

b. a. Buatlah pemetaan industri mitra/ pasangan yang dimiliki oleh sekolah. Sempurnakan contoh format penilaian penyelenggaraan PKL di atas! 19 . Buatlah daftar penempatan peserta didik pada institusi pasangan/industri berdasarkan hasil pemetaan industri. D. Isilah contoh jurnal kegiatan praktik kerja lapangan sesuai dengan paket keahlian pada program keahlian yang ada di SMK dengan menggunakan contoh format di atas! 3. c. LATIHAN 1. 2. Tetapkan kompetensi dasar dan topik pembelajaran/jenis pekerjaan yang akan dipelajari peserta didik selama PKL di institusi pasangan/industri (menggunakan contoh format peta industri). Lakukan analisis kompetensi dasar dan topik pembelajaran / jenis pekerjaan untuk program PKL yang dapat dipelajari oleh peserta didik di institusi pasangan/industri (menggunakan contoh format analisis KD).

Dit. PSMK 20 .