You are on page 1of 8

Gaya dan

Model Inti
Disusun Oleh
1. Zanna Noor Syafira
(4211415012)
2. Kukuh Eka K (4211415026)
3. Heni (4201415066)

Gaya Inti dan Model Inti Gaya Inti Model Inti Model Tetes Model Inti Teori Zat Cair Butiran Meson (Liquid Drop (Sheel Model) Model) .

Hal ini yang menyebabkan nukleon-nukleon tetap terikat dalam inti atom walaupun terjadi gaya tolak menolak antara proton dan neutron. .Gaya Inti • Gaya inti merupakan gaya tarik menarik antar nukleon dan merupakan gaya terkuat dibandingan gaya gravitasi dan gaya elektrostatis.

Karakteristik Gaya Inti Menurut Yukawa 1.10-15 m gaya inti sudah tidak bekerja lagi. Gaya inti tidak bergantung muatan listriknya. Gaya ini hanya efektif ketika jarak antar dua nukleon kira-kira 3. (gaya inti akan mencapai titik jenuh ketika sebuah nukleon secara sempurna dikelilingi oleh nukleon lain). 4. Gaya inti hanya efektif pada jangkauan pendek. Pada Jarak yang sangat dekat ±5 fm atau lebih dari 3. Nukleon yang berada diluar selubung tidak dapat merasakan interaksi dari nukleon yang berada didalam selubung. 2. Memiliki sifat efek jenuh.10-15 m. . 3. Gaya inti merupakan gaya yang terkuat dibanding gaya Couloumb atau gaya gravitasi.

“Jika neutron melempar meson makan proton akan menarik meson tersebut.Pertukaran Meson Pertukaran ini di usulkan oleh Yukawa tahun 1935 yang dikenal sebagai Teori Medan Meson. Gaya tarik dan gaya tolak timbul karena pertukaran partikel (Beiser. 1987)” .

1) Dalam waktu singkat Δt. neutron memancarkan energi (mn c2) dan memancarkan(kehilangan energi) meson (m .1 Δt = ħ/ΔE m → massa partikel yang dipertukarkan meson Δt = ħ/m. c2) tetap sebagai neutron. bisa dapat menentukan energi ΔE dari persamaan 2.c2 = ch/X Orde jangkauan gaya inti ~1 fm =10-15m maka m c2 = 200 MeV partikel dengan energi tersebut merupakan partikel elemeter.Pada keadaan neutron yang berinteraksi dengan proton. Δt~ħ (persamaan 2. Δt atau m. . Berdasarkan asas ketidakpastian Heisenberg ΔE .c2 jarak terjauh yang dicapai meson x = c .

Model Inti Mengapa harus ada model-model dari inti atom? .

terdapat beberapa model inti yaitu : 1.atom maka dibuatlah model. Model tetes zat cair ( liquid drop model ) 2. Berdasarkan data-data tentang inti atom yang dikumpulkan oeh para ilmuan. Model inti butiran ( Shell model ) .