MAKALAH

INSTALASI LISTRIK

Presentated By Group 4

1

SISTEM KELISTRIKAN AIR CONDITIONER KENDARAAN

Presentated By Group 4

2

Kelistrikan merupakan suatu rangkaian yang secara sistematis menghubungkan satu komponen dengan komponen lain dengan menggunakan arus listrik. Setiap komponen mempunyai cara kerja dan fungsi yang berbeda tetapi mempunyai tujuan untuk mendukung system secara keseluruhan.
Presentated By Group 4 3

Motor untuk fan evaporator 6. Kabel 4. Magnetic clutch/Kopling magnet. Relay 3. Thermostat Presentated By Group 4 4 . Saklar 2. Fuse/Sekring 5. Motor untuk fan kondenser 7. 8.Komponen Kelistrikan AC Kendaraan 1.

4. thermostat akan bekerja sesuai dengan seting yang telah ditetapkan. 3. yaitu mengubah wujud refrijeran dari uap menjadi cairan. yaitu menghubungkan terminal normaly open menjadi menutup. Pada waktu saklar AC dinyalakan pada posisi 1. maka kipas evaporator akan bekerja dengan putaran rendah. arus listrik dari baterai atau accu mengalir melalui fuse atau sekring pengaman.Cara Kerja Sistem Kelistrikan AC Kendaraan 1. Ketika saklar AC dinyalakan pada posisi 1. Thermostat akan memutuskan arus listrik pada magnetic clutch. 6. ketika saklar AC dinyalakan. Pada waktu yang bersamaan. ketika seting temperatur ruangan kabin telah tercapai. arus listrik akan mengalir pula pada relay kedua untuk menyalakan magnetic clutch (kopling magnet) kompresor sehingga kompresor bekerja dan motor fan kondenser bekerja pula. kipas kondenser. Arus listrik sudah stand by di ujung kabel saklar AC. 5.Pada waktu relay bekerja. 2. Presentated By Group 4 5 . Thermostat dapat diseting dengan memutar atau menggeser saklarnya yang ada di dashboard dekat dengan saklar AC.Setelah dari thermostat. maka komponen yang akan menyala adalah thermostat. untuk mendapatkan putaran kipas yang lebih kencang saklar diputar pada posisi 2 dan untuk putaran maksimum pada posisi 3.Pertama kali kunci kontak dinyalakan dan mobil telah hidup. Fan kondenser berfungsi untuk mempercepat proses kondensasi. magnetic clutch (kopling magnet) dan kipas evaporator. Fungsi fan evaporator yaitu untuk mensirkulasikan udara dingin ke seluruh kabin mobil. kerena arus listriknya melalui dua buah tahanan (R1 dan R2). relay kedua. relay pertama akan menyala. Dan akan menghubungkan kembali jika temperatur ruangan kabin kembali naik.

INSTALASI LISTRIK AC KENDARAAN Presentated By Group 4 6 .

Saklar untuk mengatur seting temperatur. Presentated By Group 4 7 . menurunkan atau menaikan temperatur ruangan pada thermostat.Saklar/Switch Saklar adalah alat untuk memutuskan dan menghubungkan arus listrik sehingga AC mobil dapat bekerja/hidup. Saklar yang biasa digunakan pada AC mobil secara umum ada dua macam yaitu saklar putar dan saklar geser. Bentuk dan jenis saklar beragam sesuai dengan fungsinya masing-masing. mematikan kipas dan mengatur putaran kipas evaporator pada dashboard mobil. baik yang diputar ataupun yang digeser. Saklar untuk menghidupkan. Saklar yang digunakan pada AC mobil pada umumnya ada tiga fungsi yaitu untuk menghidupkan atau mematikan sistem AC mobil.

Presentated By Group 4 8 .

Mengaktifkan dan menonaktifkan clutch fan drive radiator selama tekanan sistem bervariasi.Mematikan clutch kompresor pada saat tekanan pada sistem terlalu tinggi.SWITCH TRINARY (pada unit alat berat) Switch ini dipasang pada receiver drier dan mempunyai fungsi. Presentated By Group 4 9 .Mematikan clutch kompresor pada saat tekanan pada sistem terlalu rendah. 2. sesuai dengan namanya: 1. 3.

Presentated By Group 4 10 .

Ketika tekanan turun antara 140-195 psi. low pressure switch dan high pressure switch. kontak switch putus dan fan clutch tidak bekerja lagi. Terminal 3 dan 4 di bagian dalam disambung melalui normally opened switch yang digunakan untuk mengontrol clutch penggerak fan radiator. kontak switch terhubung dan clutch kompresor bekerja lagi. Temperatur berhubungan langsung dengan tekanan. Presentated By Group 4 11 .Switch putus dan clutch kompresor tidak bekerja jika tekanan sistem turun diantara 15-30 psi.Terminal 1 dan 2 di bagian dalam disambung melalui normally closed pressure switch. Pada saat tekanan naik di atas 40 psi. jika udara luar terlalu dingin. switch kontak akan terhubung dan clutch kompresor akan bekerja kembali Fungsi switch akan ter-reset secara otomatis pada saat tekanan sistem kembali normal. tekanan sistem akan turun dibawah standard dan pressure switch akan menonaktifkan kerja clutch kompresor. Tekanan rendah . Switch terhubung yang menyebabkan cooling fan bekerja pada saat tekanan sistem naik antara 200-230 psi.Switch putus dan clutch kompresor tidak bekerja jika tekanan sistem naik di antara 300-350psi. Setelah tekanan antara 210-250psi. Tekanan Tinggi .

kontak tersebut pada umumnya terbuka (Normally Open). Relay digunakan untuk menghantarkan arus listrik kurang dari 20 Ampere. Relay banyak digunakan untuk sistem pendingin. terutama untuk rangkaian kontrol.Relay Relay adalah alat pengaman listrik yang berfungsi untuk menghubungkan arus listrik pada tiap komponen. Relay ada juga yang dilengkapi dengan pengaturan waktu (Time relay). AC mobil atau pemanas. Pada keadaan normal. Presentated By Group 4 12 . yaitu alat untuk mengontrol relay dan kontaktor lain. Relay berfungsi pula sebagai pengaman dari kelebihan arus listrik pada suatu rangkaian listrik. Relay atau saklar magnetik yaitu alat untuk membuka dan menutup satu atau lebih kontak untuk menghantarkan arus listrik. Relay dapat pula digunakan untuk Pilot Duty. Relay biasanya digunakan untuk arus listrik yang kecil sehingga kumparannya juga berukuran kecil.

Presentated By Group 4 13 .

Sekring dalam instalasi kelistrikan biasanya digambarkan dengan kotak persegi panjang yang diarsir penuh Presentated By Group 4 14 . apabila arus tersebut melebihi harga arus kawat tersebut maka kawat akan terputus. Di setiap sekring pengaman terdapat sutas kawat yang mempunyai harga arus tertentu.Fuse atau Sekering Sekring adalah alat pembatas arus listrik yang berfungsi untuk pengaman apabila penghantar kelebihan arus atau kenaikan arus.

termasuk juga apabila terjadi proses defrosting terjadi pada evaporator atau pada saat blower dimatikan.Clutch Kompressor dan Motor Kipas Pendingin Kondensor Clutch elektromagnetik digunakan sebagai perantara thermostat untuk memutus kerja kompresor pada saat tidak dibutuhkan. Presentated By Group 4 15 .

Pada saat armatur berhubungan dengan rotor maka kompresor bekerja selama field tetap bekerja. Pada saat itulah proses refrigeration berjalan untuk memompa refrigeran di dalam sistem. arus akan terputus. arus menuju field maka gaya magnetik di antara field dan armatur dapat menghubungkan ke rotor. Presentated By Group 4 16 . Armatur akan diam kembali dan rotor terus berputar. Pemompaan pada kompresor akan berhenti sampai arus mengalir ke field lagi. switch pengaman rangkaian elektrik clutch kompresor mengontrol kerjanya clutch. Ketika switch atau thermostat terputus. Sebagai tambahan. Ketika thermostat atau switch terhubung. jika tekanan dalam sistem tidak normal maka clutch tidak bekerja lagi.Clutch Kompressor dan Motor Kipas Pendingin Kondensor Ketika tidak ada arus ke field maka tidak ada gaya magnetik pada clutch dan rotor berputar bebas pada armatur sesuai dengan putaran yang terjadi pada crankshaft engine.

Clutch Kompressor dan Motor Kipas Pendingin Kondensor Motor kipas kondensor biasanya paralel dengan kopling magnet. Presentated By Group 4 17 . bekerjanya juga diatur oleh sakelar kontrol temperatur.

Rangkaian Clutch Komprssor dan Motor Kipas Presentated By Group 4 18 .

Presentated By Group 4 19 . Sementara itu. plastik. Penghantar listrik dari baja digunakan untuk kawat tegangan tinggi. kayu. busa. gabus digunakan sebagai bahan penyekat atau isolasi. Penghantar listrik yang baik adalah semua logam dan penghantar listrik yang paling baik adalah tembaga yang sering digunakan untuk alat sistem kelistrikan. bahan seperti : karet.Kabel Kabel merupakan alat untuk menghantarkan listrik (penghantar listrik).

Penamapang Kabel Presentated By Group 4 20 .

Rangkaian Evaporator Instalasi listrik pada evaporator biasanya terbagi atas komponen-komponen sebagai berikut : ‡ Motor blower dan pengatur putaran ‡ Termostat Presentated By Group 4 21 .

Rangkaian Evaporator Motor blower dan pengatur putaran Presentated By Group 4 22 .

Motor putaran rendah .Motor putaran tinggi Presentated By Group 4 23 .Motor mati .Motor putaran medium .O L M H .

Rangkaian Evaporator Termostat 1.Terminal 2.Selektor temperature Presentated By Group 4 24 .Pipa kontrol temperatur 3.

yaitu untuk memberi fungsi yang sama. walkin cooler. Apapun penggunaan thermostat. freezer untuk industri. Pada sistem air conditioning dan heating. Beberapa thermostat harus diisolasi dari panas atau dingin. Thermostat pada sistem pendinginan menutup pada saat temperatur naik. . Thermostat untuk cooling dan heating dapat digunakan untuk system penginginan dan pemanas. Terdapat beberapa tipe thermostat yang digunakan di industri dan berbagai bentuk saklar yang digunakan. misalnya refrigerator. Thermostat cooling dan heating biasanya dibuat sebagai saklar untuk sistem pendinginan dan pamanas tanpa posisi tengahtengah.Rangkaian Evaporator Penggunaan termostat Fungsi dasar dari thermostat yaitu untuk merespon perubahan temperatur oleh membuka dan menutupnya kontak listrik. Thermostat pada sistem heating menutup pada saat temperatur turun dan membuka pada saat temperatur naik. dengan kata lain : saklar satu phasa dua arah (single pole double throw). thermostat digunakan sebagai alat kontrol temperatur untuk kenyamanan manusia. display case. Thermostat digunakan dalam berbagai macam kegunaan. Thermostat moderen mempunyai system switch yang dapat digunakan untuk system Presentated By Group 4 25 pendingin atau pemanas. seperti : outdoor thermostat dan safety thermostat. Hal tersebut merupakan factor yang sangat penting pada waktu menentukan pembelian dan pemasangan thermostat. bereaksi dengan temperatur dengan membuka dan menutup saklar. dan membukla pada saat temperatur turun. Thermostat pada system refrigerasi di desain untuk mengatur temperatur yang spesifik di dalam ruang refrigerasi. Terdapat beberapa tipe thermostat yang khusus diaplikasikan untuk industri. dan harus dipisahkan penggunaanya dari panas atau dingin.

jika temperatur pada bulb menurun juga akan terjadi penurunan tekanan. hal itu akan bergerak turun dan naik sesuai dengan temperatur yang mengelilinginya. Tekanan akan menekan diaprahma pada tangkai mekanik yang akan membuka dan menutup kontak. Jika bimetal tersebut melekat pada sisi. maka sisi yang satu akan terlepas. Jika temperatur bulb meningkat akan terjadi peningkatan tekanan.Rangkaian Evaporator Termostat Jenis-jenis Thermostat dan Elemen Pengontrol : 1. Sensor Bulb Thermostat Elemen penggerak yaitu bulb dan diaprahma yang dihubungkan dengan pipa kecil. Thermostat Bimetal Hati dari hampir semua tipe thermostat adalah bimetal. Kedua metal tersebut di las menjadi satu. maka metal yang satu akan lebih panjang dari metal yang lain karena perbedaan koefisien perpanjangan. Pada saat temperatur bulb berubah maka tekanan akan menekan diaprahma. Bimetal merupakan kombinasi dari dua bagian metal dimana akan memanjang pada temperatur tertentu. Setiap metal mempunyai koefisien perpanjangan yang berbeda. Hal ini menyebabkan bimetal melengkung (Gambar 13a dan 13b). Bulb diisi dengan cairan atau gas kemudian ditutup (seal). Penurunan dan penaikan tekanan menyebabkan kontak akan membuka dan menutup. Jika temperatur pada kedua metal tersebut meningkat. 2. begitulah thermostat dibuat. Presentated By Group 4 26 . Bimetal digunakan untuk menggerakan kontak membuka dan menutup.

Presentated By Group 4 27 .

Thermostat tegangan rendah lebih akurat. pemindah otomatis dari pemanas ke pendingin. diagram pengawatan lebih kecil dibanding dengan tegangan thermostat.Rangkaian Evaporator Tegangan Thermostat Tegangan thermostat dibuat untuk mengoperasikan pada saluran tegangan 120 dan 230 volt. AC mobil dan beberapa untuk komersial dan industri. fan manual. Tegangan thermostat digunakan untuk industri pada air conditioning dan refrigerasi. Sedangkan thermostat tegangan rendah digunakan untuk alat kontrol dengan tegangan 12 dan 24 volt. Biasanya thermostat tegangan rendah digunakan untuk pendingin dan pemanas di rumah-rumah. fan otomatis. Pada tegangan thermostat lebih banyak memerlukan tekanan untuk membuka dan menutup kontak dan itu membutuhkan bimetal yang besar. Perbedaan tegangan thermostat dan thermostat tegangan rendah yaitu pada ukuran bimetal. Presentated By Group 4 28 . murah. pendingin. Thermostat tegangan rendah dapat digunakan untuk mengoperasikan pemanas.

Presentated By Group 4 29 .

Pengontrol temperature Presentated By Group 4 30 .RANGKAIAN PENGONTROL PADA AC 1.Pengontrol tekanan tinggi 2.Pengontrol tekanan rendah 3.

Presentated By Group 4 31 .Pengontrol tekanan tinggi Komponen ini dipasang pada saluran tekanan tinggi atau pada filter/saringan dalam keadaan normal kontak akan terhubung. bila tekanan zat pedingin sudah melebihi kira-kira 23 bar kontak akan terbuka.RANGKAIAN PENGONTROL PADA AC 1. aliran listrik ke kopling magnet terputus/tidak bekerja.

sementara kompresor terus bekerja. Presentated By Group 4 32 . Pendinginan kompresor juga dilakukan oleh zat pendingin yang kembali kesaluran hisap (S). Pengontrol tekanan rendah Kontak akan memutuskan hubungan bila tekanan zat pendingin dalam sistem kurang dari 1. maka pendingin kompresor juga akan sedikit.5 bar. karena kebocoran atau pada waktu pengisian. akan menimbulkan kerusakan karena panas. volume yang masih kurang.RANGKAIAN PENGONTROL PADA AC 2. karena tekanan zat pendingin kecil. hal ini menyebabkan kompresor cepat panas.

Relay Pengontrol tekanan tinggi Pengontrol tekanan rendah Pengontrol temperature Presentated By Group 4 . 33 1. yang bekerja berdasarkan temperatur.RANGKAIAN PENGONTROL PADA AC 3. Pengontrol temperature Tekanan dan temperatur akan selalu berkaitan. 3. kontak akan memutuskan listrik ke kopling magnet bila sudah mencapai temperatur tertentu pada zat pendingin. tekanan yang tinggi pada zat pendingin akan mengakibatkan temperaturnya akan tinggi pula. . 2. biasanya sebagai ganti pengontrol tekanan tinggi digunakan pengontrol temperatur. 4.

Rangkaian listrik AC pada mobil VOLKSWAGEN minibus tahun buatan 1985 Presentated By Group 4 34 .

SEKIAN DAN TERIMA KASIH Presentated By Group 4 35 .

Ahmad Syarif Al Asy ari 2.Nama Kelompok Penyusun 1. Herman. A 3. Muhammad Iqbal Presentated By Group 4 36 .

files. Air Conditioning System.2008.pdf http://www.sapto & hasan.Daftar Pustaka Widodo. Malang: PPGT VEDC MALANG Anonim. Departemen Pendidikan Nasional.upi.scribd. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.com/2010/01/ac-mobil-6. Listrik Automotif & AC. Jakarta: Komatsu Training http://file.Sistem Refrigerasi Dan Tata Udara Jilid 1&2.doc ‡ Presentated By Group 4 37 .com/doc/24846973/materi-mesin-pendingin http://bpdikjurotomotive. 2000.2005.%20PEND.%20TEKNIK%20MESI N/196709261997021%20%20KAMIN%20SUMARDI/Kelistrikan%20Pendingin /AC%20Mobil/Job%20Kelistrikan%20AC%20Mobil.syamsuri.wordpress. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.edu/Direktori/E%20%20FPTK/JUR. Anonim.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful