You are on page 1of 10

By Ns. Wahyuni Dwi Rahayu, S.

Kep

Vulva dikenal sebagai organ eksterna yang terdiri atas bagian-bagian berikut:  Mons veneris  Labia Mayora (bibir besar)  Labia Minora (bibir kecil)  Klitoris (kelentit)  Vestibula .

pengambilan secret vagina dan lain lain.Vulva Hygiene adalah suatu tindakan memelihara kebersihan dan kesehatan organ eksternal genetalia wanita. Merupakan tindakan keperawatan yang dilakukan oleh klien yang tidak mampu secara mandiri dalam membersihkan vulva serta merupakan serangkaian tindakan yang dilakukan dalam prosedur asuhan keperawatan. . pemeriksaan dalam pada masa inpartu.

Mencegah terjadinya infeksi pada vulva Mencegah masuknya mikroorganisme pada urogenital tractus Memberikan rasa nyaman pada pasien .

Alat Bahan Sarung tangan Kapas Sublimat atau desinfektan Bengkok Disinfektan sesuai Pispot dengan kebutuhan Botol cebok Pengalas Selimut Mandi .

Menjelaskan pada pasien mengenai prosedur yang akan di lakukan Mencuci tangan lalu memasang sarung tangan Memasang selimut mandi Mengatur posisi pasien dengan posisis dorsal recumbent Memasang pengalas dan pispot .

mengambil pispot dan mengatur posisi pasien . Setelah selesai.Melakukan tindakan perawatan kebersihan vulva dengan tangan kiri membuka vulva memakai kapas sublimat dan tangan kanan menyiram vulva Mengambil kapas sublimat. lalu membersihkan vulva dari atas ke bawah Kemudian kapas yang kotor di buang ke bengkok. Hal ini dilakukan hingga bersih.

Mencuci alat Melepas sarung tangan Mencuci tangan Merapikan alat .

seperti Toxso. contohnya infeksi jamur vagina. • Terjadi keputihan • Terjadi bau yang tidak sedap pada area vagina • Terjadi gatal-gatal.• Terjadi infeksi pada area vagina. • Beresiko menimbulkan penyakit. Torch. dan Gonorhea .