You are on page 1of 57

KUNCI SUKSES MEMBANGUN

USAHA BERTERNAK BURUNG
PELUANG BISNIS BURUNG SANGAT
MENJANJIKAN

Oleh: Ibu Susilawati-Safari Bird Farm

“Bukan kecerdasan saja yang membawa sukses,
tapi juga hasrat untuk sukses, komitmen untuk
bekerja keras, dan keberanian untuk percaya
akan dirimu sendiri.”
― Jamie Winship

1

“Seorang calon pengusaha tidak
boleh cengeng dan mudah
menyerah,”
Chairul Tanjung.
Indonesia adalah kaya akan sumberdaya alam
hayati sayang kalau tidak dimanfaatkan. KERJA
KERAS NOMOR 1, daripada memfikirkan modal
usaha.

2

1. Membuat perencanaan yang baik
2. Mengambil keputusan dengan tepat
3. Mengatasi semua kendala dengan cerdas.

maka Tuhan akan menambahkan segala nikmat-Nya .3 Setelah Anda bekerja dengan optimal. “Syukuri apa yang diberikan Tuhan kepada kita. maka selanjutnya serahkan keputusan kepada Yang Maha Kuasa. jangan pernah berburuk sangka terhadap-Nya.

.

• Peluang mana yang akan kita kejar.• Tentukan Pilihan Usaha • Pelajari peluang bisnis yang ada di sekitar kita apa yang mungkin bisa kita kerjakan. .

.• Fokus dan Pelajari Ilmunya • Jangan terlalu terburu perlu pengetahuan yang cukup di bidang yang Anda dipilih.

• Mampu berpikir kreatif • Mencari inovasi baru • Mencari Peluang pasar .

.• janganlah takut dan menjadi pengecut • Berani menjalani sebuah peluang • Berani mengambil risiko • Berani melakukan perubahan untuk diri.

MELIHAT MENDENGAR MERASAKAN Akan menemukan kesuksesan .

• Tidak memandang Golongan: – etnis. – Pemerintah – pelaku usaha – Masyarakat. .

• Kegagalan adalah risiko usaha. • Jangan pernah menyalahkan sebuah kegagalan. • Kegagalan adalah prestasi yang tertunda .

.

Indonesia sebagai negara dengan mega biodiversity tinggi .

Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan tingkat kepunahan yang tinggi .

Akibat Eksploitasi Alam .

Pelaksanaan Konservasi • Alam Adalah Sumber Kehidupan – Biotik (hidup) – Abiotik (tak hidup) Untuk Tujuan EKONOMI Untuk Tujuan EKOLOGI Untuk Tujuan Penangkaran Burung BUDAYA .

memiliki keterampilan tekhnik 3. pengalaman adalah guru yang terbaik II. Ketrampilan inter personel atau sosial III. Penangkar profesional 1.mengemban tiga dimensi manfaat 2. menugasi tekhnik penangkaran .I.

1. BURUNG DILINDUNGI UNDANG-UNDANG B. Objek penangkaran. BURUNG TIDAK DILINDUNGI UNDANG-UNDANG . Adalah apa yang menjadi media dalam hal kegiatan yang berhubungan dengan penangkaran: A.

A. BURUNG DI LINDUNGI 1. PASUTRI JALAK BALI .

2. JALAK PUTIH .

.

B. BURUNG TIDAK DILINDUNGI 1. JALAK UREN .

2. KACER (JALAK GOCI) .

MURAI BATU .3.

DECU .4.

CUCAK ROWO .5.

6. CUCAK JENGGOT .

7. CUCAK HIJAU .

.

Kandang Penangkaran .

.

.

Tempat Bersarang .

.

.

Tempat Makan .

Bak Mandi .

Makanan saat indukan birahi (siap kawin) diberikan dengan porsi yang lebih. makanan hewan disediakan los (harus tetap ada) . makanan pokok tetap diberikan dan yang mengandung protein atau extra fooding dikurangi d. makanan pokok tetap. Makanan saat indukan mengeram. Makanan saat penetasan. tujuannya untuk memacu birahi pada burung terutama extra fooding yang banyak mengandung protein c. Makanan tergantung jenis burung (aves) dan disesuaikan dengan habitatnya b.a.

Bak Mandi .

Obyek penangkaran hasil pengambilan dari alam. izin oleh Dirjen atas persetujuan Menteri b.Perizinan adalah: Surat keputusan yang diberikan kepada penangkar yang membuat boleh atau tidaknya usaha penangkaran tersebut sesuai dengan undang-undang yang berlaku perizinan dikeluarkan. Obyek penangkaran hasil penangkaran (F2) (F3) dst. izin oleh BKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alama) Tingkat I . Berdasarkan obyek penangkaran: a.

jantan lebih dari 1 tahun c. Ciri-cirinya: a. baik betina maupun jantan d. Birahi ditandai dengan selalu berkicau. Sudah berumur minimal 8 bulan untuk betina. Bersahutan bila mendengar kicauan lawan jenisnya (untuk betina kadang- kadang membawa sarang ke tempat sarangnya . Memilih Burung Siap Kawin.1. Bulu mulus (tidak posisi rontok/ ngorak) b.

Caranya sebagai berikut: a. Dengan sangkar gantung 2. Masing-masing sangkar dengan satu satwa (satu jantan dan satu betina) b. Sistem Perjodohan dan Sarangnya 1. masing-masing kandang ada 2 pintu tembus yang bisa dibuka dan ditutup kembali Sistem perjodohan sama (baik dalam sangkar gantung maupun kandan permanent). Dua betina c. Satu pasang dengan satu pasang (satu jantan dan satu betina) .2. Dengan kandang permanen.

PINTU SEKAT .

Ciri-Ciri Burung Jodoh Dalam Sangkar Gantung  Saling mendekat jantan dan betina  Kicaunya saling bersahutan Kelebihan Dalam Sistem Ini  Tidak memerlukan tempat. cocok bagi lahan yang sempit  Biaya murah Kekurangan Dalam Sistem Ini  Waktu lebih lama  Tingkat keberhasilannya kurang karena sulit memantau burung yang benar-benar berjodoh .

Ciri-Ciri Burung Jodoh Dalam Sangkar Permanent  Saling mendekat jantan dan betina  Kicaunya saling bersahutan Kelebihan Dalam Sistem Ini  Waktu dalam perjodohan lebih cepat  Keberhasilannya lebih tinggi mengingat tempatnya luas Kekurangan Dalam Sistem Ini  Biaya lebih mahal  Memerlukan lahan yang agak luas .

SISTEM PENGEMBANG BIAKAN 1. 14 hari) 2.d. Pengembangbiakan alami yaitu pengembangbiakan dengan dierami induknya (13 s. Pengembangbiakan semi alami (semi buatan) yaitu pengembangbiakan dengan 7 hari dierami induknya 7 hari telur dimasukkan dalam mesin tetas (30 derajat) .

burung menjadi jinak KEKURANGANNYA  Memerlukan waktu dan tenaga yang exstra .CARA MERAWAT HASIL YANG DITANGKARKAN PERAWATAN ALAMIAH OLEH INDUKNYA KELEBIHANNYA  Sangat cocok untuk burung yang akan dilepas di alam dan cocok bagi orang yang sibuk KEKURANGAN  Produksi yang dihasilkan berkurang. sering terjadi pembuangan anakan karena faktor makanan burung agak gesit PERAWATAN OLEH MANUSIA KELEBIHANNYA  Produksi yang dihasilkan lebih tinggi.

.

jangan terlalu kenyang  Alat yang digunakan 1.RANSUM (PAKAN)  Cara Pemberiannya Takaran pakan untuk meoloh piyikan  Dua (2) sendok kroto dengan satu sendok makanan buatan dari pabrik dicampur dengan air panas sampai lumat. Dengan plastik dilubangi . Dengan bambu ditipiskan. dinginkan lalu dilolohkan  Pemberian pakan minimal satu jam sekali. atau 2.

(LIHAT GAMBAR) .

SERTIFIKASI UNTUK BURUNG DI LINDUNGI Sertifikasi (oleh penangkar di tandatangani oleh Kepala BKSDA) sertifikasi adalah Keterangan tertulis tentang legalitas hasil penangkaran. Gambar : Contoh Sertifikat Jalak Bali (Leocopsar rothschildi) .

SERTIFIKASI UNTUK BURUNG MERAK HIJAU DI LINDUNGI .

SERTIFIKASI UNTUK BURUNG PAK SURAT PENANGKAR MERAK DI LINDUNGI .

TERIMA KASIH .