You are on page 1of 12

ASUHAN KEPERAWATAN

PERKEMBANGAN
PSIKOSOSIAL LANJUT USIA

Sulastri

tidak merasakan hidupnya bermakna . menyesali masa lalunya. Pengertian  Usia 65 tahun ke atas  Tahap mencapai integritas diri yang utuh  Paham makna hidup  Menuntun generasi berikutnya  Bila tidak mencapai integritas dirinya akan berputus asa.

Karakteristik Perilaku: Generativity  Memandang sesutau secara keseluruhan  Menerima nilai dan keunikan orang lain  Siap menghadapi kematian  Bersyukur terhadap kehidupannya selama ini  Mempunyai harga diri yang tinggi .

Karakteristik perilaku Lansia menyimpang: Despair (putus asa)  Merasa kehidupannya selama ini tidak berarti  Merasakan kehilangan  Memandang rendah/menghina/mencela orang lain  Masih ingin berbuat banyak tetapi takut tidak punya waktu lagi .

Diagnosa Keperawatan  Potensial generatifitas  Risiko keputusasaan .

Tindakan Keperawatan  Tujuan: – Lansia merasa hidupnya bermakna – Lansia merasa disayangi dan dibutuhkan oleh keluarganya – Lansia mengikuti kegiatan sosial dan keagamaan di lingkungannya – Memiliki harga diri tinggi .

Tindakan Keperawatan Lansia generativitas  Menjelaskan ciri perilaku perkembangan lansia yang normal dan menyimpang: – Melakukan kegiatan yg disenangi setelah pensiun – Ikut serta dalam aktivitas sosial mengisi waktu luang – Menilai kehidupannya selama ini bermakna – Merasa dirinya berharga – Memiliki sistem nilai dan keyakinan spiritual yg mendukung – Menerima dan menyesuaikan diri dengan kematian pasangan .

 Mendiskusikan cara yg dapat dilakukan oleh lansia untuk mencapai integritas diri yang utuh: – Makna hidup bagi lansia – Keberhasilan yg telah dicapai lansia – Mengikuti kegiatan sosial – Melakukan kegiatan berkelompok – Melakukan life review  Membimbing lansia membuat rencana kegiatan untuk mencapai integritas diri yg utuh  Memotivasi lansia untuk menjalankan rencana yg telah dibuat .

Tindakan Keperawatan Lansia dg Keputusasaan (despair)  Mendiskusikan penyebab tidak bersosialisasi  Membantu lansia bersosilisasi secara bertahap  Memfasilitasi lansia ikut kegiatan kelompok lansia .

Tindakan Keperawatan Keluarga lansia  Tujuan: keluarga dapat – Menjelaskan perilaku lansia yg menggambarkan perkembangan psikososial dan menyimpang – Menjelaskan cara memfasilitasi perkembangan lansia – Melakukan tindakan untuk memfasilitasi perkembangan lansia .

Tindakan Keperawatan perkembangan Normal lansia: generativitas  Menjelaskan perkembangan psikosial lansia normal dan menyimpang  Mendiskusikan cara memfasilitasi perkembangan lansia yg normal  Melatih keluarga untuk memfasilitasi perkembangan psikososial lansia .

Tindakan keperawatan Lansia Putus asa: Despair  Mendorong dan memfasilitasi lansia bersosialisasi  Memotivasi lansia untuk mengikuti perkumpulan lansia di wilayahnya .