You are on page 1of 21

Pengertian PHBS
10 Indikator PHBS

Mampu menjelaskan indikator PHBS .Tujuan Pembelajaran Umum : Setelah mengikuti sesi ini peserta mengatahui dan dapat menjelaskan tentang PHBS Khusus : 1. Mampu menjelaskan pengertian PHBS 2.

PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas dasar kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dalam hal kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan kesehatan masyarakat di lingkungannya .

 anggota rumah tangga giat bekerja  pengeluaran biaya rumah tangga lebih hemat .Manfaat PHBS Manfaat PHBS bagi keluarga antara lain :  setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit.  anak tumbuh sehat dan cerdas.

Tidak merokok di dalam rumah . Melakukan aktivitas fisik setiap hari 10. Menggunakan jamban sehat 8. Menimbang bayi dan balita 4. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan 2. Menggunakan air bersih 7. Memberi ASI eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan 3. Memberantas jentik di rumah 5. Makan buah dan sayur setiap hari 9.1. Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir 6.

 Lingkungan rumah menjadi bersih dan sehat. Chikungunya. Malaria. dan Kaki Gajah. .Manfaat Rumah Bebas Jentik  Populasi nyamuk menjadi terkendali sehingga penularan penyakit dengan perantara nyamuk dapat dicegah atau dikurangi.  Kemungkinan terhindar dari berbagai penyakit semakin besar seperti Demam Berdarah Dengue (DBD).

Menutup. .Menguras. .plus Menghindari gigitan nyamuk .Mengubur. .Lanjutan  Pemeriksaan jentik nyamuk berkala ini dilakukan dengan cara 3 M plus .

CUCI TANGAN .

PENGERTIAN Mencuci tangan adalah menggosok air dengan sabun secara bersama-sama seluruh kulit permukaan tangan dengan kuat dan ringkas kemudian dibilas dibawah aliran air .

TUJUAN  Supaya tangan bersih  Membebaskan tangan dari kuman dan mikroorganisme  Menghindari masuknya kuman kedalam tubuh  Mencegah penularan melalui kontak .

Typhus.Manfaat mencuci tangan  Membunuh kuman penyakit yang ada di tangan. flu burung atau Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). .  Mencegah penularan penyakit seperti Diare. kecacingan. Infeksi Saluran Pemapasan Akut (ISPA). penyakit kulit.  Tangan menjadi bersih dan bebas dari kuman. Kolera Disentri.

Waktu mencuci tangan  sebelum makan  sebelum menyiapkan makanan.  setelah membersihkan atau membuang sampah.  sebelum dan setelah mengobati luka.  setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan  setelah menyentuh orang sakit .  sesudah menggunakan kamar mandi  setelah batuk atau bersin atau membuang ingus.  setelah mengganti popok atau pembalut.

Gosok kedua telapak dan sela-sela jari . Ambil sabun gosok. ratakan pada tangan yang telah dibasahi 4. Gulung lengan baju sampai atas pergelangan tangan .lepaskan cincin. LANGKAH MENCUCI TANGAN 1. Basahi tangan sampai sepertiga lengan dibawah air mengalir 3. jam tangan dan perhiasan tangan lain 2.

Jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci 7. Gosok ibu jari kiri berputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya 8. lanjutan 5. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya 6. Gosokkan dengan memutar ujung- ujunga jari tangan kanan ditelapak tangan kiri dan lakukan sebaliknya 9. Bilas kedua tangan dengan air .

bebas pasir. busa. tidak pahit. busuk. . atau bau belerang. anyir.Menggunakan air bersih  Syarat air bersih :  Air bening/jernih tidak berwarna  Air tidak keruh. dan kotoran lainnya.  Air tidak berasa.  Air tidak berbau seperti bau amis. tidak payau. tidak berasa asam. lumpur. debu. sampah. dan harus bebas dari bahan kimia beracun. tidak berasa asin.

Thypus. Kolera Disentri.  Tidak berbau. Kecacingan.  Sumber air yang ada disekitar tidak tercemar  Tidak mengundang datangnya lalat atau serangga yang dapat menjadi penular penyakit Diare. .Manfaat Menggunakan Jamban  Lingkungan bersih lingkungan terjaga.

 Zat Iritan (zat yang dapat menyebabkan iritasi) mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru.  Zat Karsinogen memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. menyebabkan batuk. Kandungan Zat Berbahaya pada Rokok  Nikotin ketagihan. . merusak jantung dan aliran darah  Tar kerusakan sel paru-paru kanker  Karbon Monoksida gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.

 Stroke dan serangan jantung.  Menyebabkan kemandulan dan impotensi.  Osteoporosis  Kanker mulut.  Menyebabkan kanker rahim dan keguguran. . kanker tenggorokan & kanker paru-paru  Merusak gigi dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Bahaya Merokok  Penyakit paru-paru kronis.

PERAN PENDAMPING  Memberikan informasi kepada RTSM tentang pentingnya PHBS bagi  Melakukan pendekatan kepada kepala desa/lurah. tokoh masyarakat. tokoh agama untuk memperoleh dukungan  Menjadi inisiator dan mengembangkan kegiatan-kegiatan yang mendorong terwujudnya perilaku PHBS .

TERIMA KASIH .