You are on page 1of 13

KESEHATAN REMAJA

Wiwik Akhtawati, SST

Definisi Kesehatan Remaja Kesehatan remaja adalah keadaan sejahtera fisik. mental dan sosial yang utuh dalam segala hal yang berkaitan dengan fungsi. peran & sistem reproduksi pada remaja .

Pengertian Remaja Remaja adalah masa perubahan/ transisi dari anak-anak menuju dewasa (10-19 tahun) .

ANATOMI REPRODUKSI Organ Reproduksi Perempuan .

Organ Reproduksi Laki-laki .

Perempuan Badan tambah tinggi dan besar. pinggul membesar dan pinggang mengecil kayak gitar Payudara mulai membesar dan terasa nyeri bila tersentuh Tumbuh rambut pada ketiak dan kelamin Wajah mulai berjerawat . PERUBAHAN PADA REMAJA 1.

Laki – Laki  Badan tambah tinggi dan besar. otot dada. tumbuh kumis dan jenggot  Wajah mulai berjerawat  Mimpi basah . 2. bahu dan dada melebar  Tumbuh jakun dan suara berubah jadi parau (serak)  Tumbuh rambut ketiak dan kelamin.

Makan makanan dengan menu seimbang (cukup karbohidrat. Kurangi ngemil yang tidak sehat (boleh ngemil tapi buah) 4. vitamin dan mineral) 2. Makan makanan sumber zat besi .Kebutuhan Gizi Remaja 1. Biasakan sarapan 3. protein.

 Obesitas/ kegemukan Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan.Masalah Gizi pada Remaja  Anemia keadaan dimana kadar Haemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari normal (< 12 gr %)  KEP (Kekurangan Energi Protein) KEP adalah keadaan kurang gizi yang disebabkan oleh rendahnya konsumsi energi dan protein dalam makanan sehari-hari dan atau gangguan penyakit tertentu sehingga tidak memenuhi Angka Kecukupan Gizi (AKG). .

Penyakit yang sering terjadi pada Remaja Kelainan pada mata Padangan tidak jelas dan terasa pusing Saluran pernafasan akut Disebabkan oleh virus. pusing dll Penyakit pada kulit Seperti kudis. panu . kadas. bakteri yang menimbulkan gejala demam ber ingus. batuk.

Keputihan dikatakan tidak normal bila cairan tersebut berwarna kuning kehijauan dan gatal INFEKSI SALURAN KENCING (ISK) Merasa demam dan terasa panas/ sakit pada saat buang air kecil.Lanjutan … KEPUTIHAN Cairan yang keluar dari vagina berwarna putih. .

Kepada yang lebih tua  Remaja harus menyadari bahwa dirinya sendiri yang paling mengenal keadaan masing masing  Menghargai dan bersikap hormat terhadap yang lebih tua . Kepada orang tua  Bersikap hormat kepada orang tua  Menggangap ortu telah melewati masa remaja dan pasti mempunyai banyak pengalaman 1.Bagaimana remaja harus bersikap ? 1.

Lanjutan … 1. Kepada sebaya  Menghargai teman sebaya sebagai seorang yang sama sama sama mempunyai kemampuan  Mencari sahabat yang memiliki pandangan yang positif 1. Kepada yang lebih muda  Bersikap melindungi dan membantu apabila seseorang yang lebih muda minta bantuan  Memperlihatkan sikap teladan dalam bertingkah laku sehari-hari .