BAB III

FUNGSI, PROSES KERJA KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
Oleh: M. Ade Erik, S.Pd. NIP. 19870911 2010 01 1006 Doc versi: 02.01/TIK/X-1/2010-2011 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMA NEGERI 1 TEGAL 2010

€ €

Materi
‡ Input, proses, output yang berkaitan dengan informasi

Kompetensi Dasar:
‡ Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi,

serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
€

Tujuan Pembelajaran:
‡ Peserta didik mampu mencari informasi tentang elemen siklus

pemrosesan informasi ‡ Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan antara input, proses dan output ‡ Peserta didik mampu mencari informasi tentang pengertian teknologi informasi dan komunikasi ‡ Peserta didik mampu mendeskripsikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sejak zaman prasejarah, sejarah sampai zaman modern
€

Indikator:
‡ Mengidentifikasi elemen siklus pemrosesan informasi

A. Sistem Informasi
y

Robert A. Leitch dan K.Roscoe Davis mendefiniskan sistem informasi sebagai suatu sistem yang berada dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan harian, mendukung informasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

y

Computer adalah alat elektronik yang dapat menerima input data, mengolah data, dan memberikan informasi menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, bekerja secara otomatis.

y y

Definisi Komputer menurut para ahli. V.C. Hamacher, Z.G Vranesic dan S.G. Zaky dalam Computer Organization, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat, dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memori. Donald H dalam Computer Today, komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksiinstruksi program yang tersimpan dimemori. Robert H. Blissmer dalam Computer Annual, komputer adalah alat elektronik yang mampu melakukan berbagai tugas diantaranya, menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.

y

y

Data dan Informasi Data merupakan segala sesuatu yang bisa diterima atau diolah oleh komputer. Data dapat berupa huruf, angka, letak dan sebagainya. y Informasi adalah data yang telah disusun rapi sehingga memiliki makna y Pengolahan Data Elektronik (PDE) adalah memanipulasi dari data dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik berupa komputer.
y y

Contoh: y Data
y

Rp. 2.000,00
y

Informasi
Biaya parkir di Tegal sebesar Rp. 2.000,00

Siklus Informasi y Tahapan dalam siklus pengolahan data (Data Processing Cycle) yaitu Input. Processing, dan Output.
y

Model Sistem y Model sistem sederhana
y

y

Model sistem dengan banyak input dan output

y

7(tujuh) tahapan dalam siklus informasi
Data Input Proses Output Penerima Keputusan Hasil tindakan

Sistem Komputer adalah jaringan elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. y Tujuan Pokok sistem komputer, adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi.
y

y

Elemen sistem komputer
Hardware, peralatan komputer yang secara fisik dapat dipegang Software, perangkat lunak yang berisikan perintah-perintah untk pengolahan data Brainware, user yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer

Hardware y Berdasarkan fungsinya perangkat komputer hardware dibagi menjadi lima kategori, yaitu:
y

Peralatan input Peralatan proses Peralatan penyimpanan Peralatan output Peralatan tambahan