You are on page 1of 15

PANCA SILA

Pancasila
Dasar negara
Ideologi Negara
Nilai-nilai pancasila
sebagai dasar negara
Nilai-nilai pancasila
sebagai ideologi negara
Sikap proaktif terhadap nilai
pancasila dalam hidup berbangsa,
bernegara dan bermasyarakat

Untuk sampai kepada causa finalis tersebut diperlukan kausa atau asal mula sambungan. Dalam hal ini BPUPKI memiliki peran yang sangat menentukan. Causa materialis (asal mula bahan) berasal dari bangsa Indonesia sendiri. 4. Causa formalis (asal mula bentuk) Pancasila dibentuk rumusannya sebagaimana terdapat pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Causa efisien (asal mula karya) asal mula Pancasila dari calon dasar negara menjadi Pancasila yang sah sebagai dasar negara. kebudayaan dan dalam agama-agamanya.Asal mula Pancasila dasar filsafat Negara : 1. Causa finalis (asal mula tujuan) adalah tujuan dari perumusan dan pembahasan Pancasila yakni hendak dijadikan sebagai dasar negara. . 3. PPKI sebagai pembentuk negara yang kemudian mengesahkan dan menjadikan Pancasila sebagai dasar filsafat Negara setelah melalui pembahasan dalam sidang-sidangnya. 2. dari adat kebiasaan.

Sansekerta (panca-Syila) Dlm Kitab Suci Budha : Tripitaka & Vinayapitaka. merupakan 5 ajaran menuju surga .Pancasila Ideologi Bangsa Indonesia Berasal dari bhs.

•Empu prapanca menulis “negara kertagama” (1365).pancasila filsafat hidup (pandangan hidup). dalam kitab tersebut telah terdapat istilah “pancasila” . • Majapahit (1293) dimana hindu dan budha hidup berdampingan dengan damai dalam satu kerajaan. nilai dan fungsi filsafat pancasila telah ada jauh sebelum indonesia merdeka.

• Empu tantular dlm buku “sutasoma” yang di dalamnya memuat seloka yang berbunyi : “Bhineka Tunggal ika tan Hana Dharma Mangrua”. • Sumpah palapa yang diucapkan Mahapatih Gadjah mada dalam sidang ratu dan para menteri di pasebahan keprabuan Majapahit pada tahun 1331. yang berisi cita- cita mempersatukan seluruh nusantara raya . artinya walaupun berbeda namun satu jua adanya.

selain mempunyai arti “Berbatu sendi yang lima” (dari bahasa Sangsekerta) Pancasila juga mempunyai arti “Pelaksanaan kesusilaan yang lima” (Pancasila Krama). Dalam buku Sutasoma . yaitu sebagai berikut: 1. Tidak boleh melakukan kekerasan 2. Tidak boleh berbohong 5. Tidak boleh berjiwa dengki 4. Tidak boleh mencuri 3. XVIII/MPR/1998. kembali Pancasila sbg Dasar Negara . Tidak boleh mabuk minuman keras / obat-obatan terlarang Tap MPR No. II/MPR/1978 …. P4 (Pencabutan oleh : Tap MPR No.

Moh. Mr Soepomo/31-5 & Ir. (22 Juni 1945) SIDANG BPUPKI. UUD’45) 2.Yamin/29-5.2 PPKI Pembagian wilayah. mempersiapkan persyaratan Merdeka SIDANG. dibentuk Panitia 9 (panitia kecil) Menerima rumusan Panitia 9. Memilih Presiden & Wakil Sidang. Piagam Jakarta sbg Dasar hukum (pemb.1 PPKI Menetapkan : (18 Agustus 1945) 1.1 Mengajukan rumusan Dasar Negara (Mr.1I Pembentukan PPKI (10 – 17 Juli ) (9 Agustus 1945) Sidang. dan menetapkan Piagam Jakarta rancangan Hukum Dasar (Piagam Jakarta). Sukarno/1-6). KELAKHIRAN PANCASILA Menuju Indonesia Merdeka dibentuk BPUPKI (29 April 1945) dan dilantik (28 Mei 1945). (29 MEI-1 Juni) Prof. dan pembentukan departemen (19 Agustus 1945) .

Muh. 2. Rasa Kemanusiaan yg adil & Beradab. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia . Peri Kerakyatan. yang disampaikan dalam pidato “Asas dan Dasar Negara Kebangsaan Republik Indonesia” (Rumus I ): Peri kebangsaan. Rumusan dari Mr. II) : Ketuhanan YME. Peri Ketuhanan. Yamin tanggal 29 Mei 1945.Rumusan dari Mr.Rumusan Pancasila sebelum Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959 ini ada tujuh yakni: 1. Kesejahteraan Rakyat). Yamin tanggal 29 Mei 1945. Persatuan Indonesia. yang disampaikan sbg usul tertulis yang diajukan dalam Rancangan Hukum Dasar (Rumus. Muh. Peri Kemanusiaan. Kerakyatan yg dipimpin olh hikmah kebijaksanaan dlm permusyawaratan/ Perwakilan.

Kadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kemanusiaan yang adil dan beradab. tanggal 1 Juni 1945 dalam pidato Dasar Indonesia Merdeka. 1. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.Rumusan Pancasila sebelum Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959 ini ada tujuh yakni: 3. Kesejahteraan sosial. . 3. Soekarno. 4. Persatuan Indonesia. dengan istilah Pancasila (Rumus.III): Nasionalisme(Peri kemanusiaan). tanggal 22 Juni 1945. Ketuhanan yg berkebudayaan) 4. Internasionalisme (Peri kemanusiaan). dengan susunan yang sistematik hasil kesepakatan yang pertama (Rumusan IV). Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk- pemeluknya. Piagam Jakarta. 2. Mufakat atau Dmokrasi. 5.

4. tetapi sila keempatnya berbunyi Kedaulatan Rakyat. 3. Mukaddimah KRIS tanggal 27 Desember 1949. dan Mukaddimah UUDS 1950 tanggal 17 Agustus 1950 (Rumusan VI).kerakyatan 5. seperti mukaddimah UUDS. kebangsaan. tidak jelas asalnya (Rumusan VII). 2. 1. . Rumusan dalam masyarakat. Pembukaan UUD’45 tanggal 18 Agustus 1945 adalah rumusan pertama yang diakui secara formal sebagai Dasar Filsafat Negara (Rumusan V). perikemanusiaan. dan keadilan sosial 7. ke-Tuhanan Yang Maha Esa. 6.5.

termasuk di dalamnya seluruh unsur-unsurnya yakni pemerintah.PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA Menjadikan Pancasila sbg sumber dari segala sumber hukum Dasar negara merupakan alas/pondasi atau fundamen yang menjadi pijakan dan mampu memberikan kekuatan kepada berdirinya sebuah negara. Pancasila dalam kedudukannya seperti inilah yang merupakan dasar pijakan penyelenggaraan negara dan seluruh kehidupan negara Republik Indonesia. merupakan sumber kaidah hukum yang mengatur negara Republik Indonesia. Pancasila. Negara Indonesia dibangun juga berdasarkan pada suatu landasan atau pijakan yaitu Pancasila. dalam fungsinya sebagai dasar negara. . wilayah dan rakyat.

. 1. Penegakan hukum. Nilai Persatuan. d. Norma hukum . E. Norma kesopanan. Norma beragama. Ekonomi & Bisnis. . Norma moral/etika : Pancasila sebagai suatu nilai : . Nilai Kerakyatan 5. Nilai Kemanusiaan. 4. Pancasila dlm Pendekatan Filsafat Pancasila norma bernegara a. 2. E. E. Keilmuan & Disiplin. Nilai Keadilan c. Nilai Ketuhanan. b. 3.

. yang dengan jelas menyatakan “…….. Kembali Kepada Konstitusi Pancasila sebagai DASAR NEGARA Pancasila digunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan atau penyelenggaraan negara. Hal ini sesuai dengan bunyi pembukaan UUD 1945.” .maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu undang-undang dasar negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada….

Dasar negara sebagai Norma Dasar Btg. idealisme yg terkandung diobjektifkan sgb motifator bernegara.tubuh UUD’45 (Staatfundamentalnorm). pancasila harus mampu mengikuti trend (kontemporer). terutama bagi penyelenggara. Grundnorm (norma hukum UU/Perpu tertinggi dalam negara). dlm arti nilai yg terkandung d dlmnya.Prof. Koento Wibisono Siswomihardjo (2004) Reposisi Pancasila : Pancasila diletakan kembali sbd Dasar Negara dgn keutuhan dengan Pembukaan UUD 45 yg dieksflorasikan pada dimensi yg melekat. PP/Perpres/Kepres/Perd a/Peraturan lain . sbg cermin objektif yg tumbuh dan berkembang di masyarakat. Dimensi realitasnya. Hans Kelsen. pancasila bukan barang yg baku/dogmatis. teori jenjang norma Pemb. Pancasila IMPLEMENTASI. Tanpa kehilangan nilai. Dimensi Fleksibilitasnya. yakni : a. b. c. UUD’45 (ahli filsafat). Dimensi Idealitasnya.

Tapi Tanyakan Apa yang sudah kita baktikan kepada Negara .Jangan Tanyakan Apa yang Sudah Negara Berikan pada Kita.