You are on page 1of 19

KONSEP DASAR KEPERAWATAN

JIWA

By Ns Sri Atun Wahyuningsih, M.Kep.Sp.Kep.J

SEHAT??????? 2 .

ODGJ 3 .

hidup harmonis dan produktif sebagai bagian yang utuh dari kualitas hidup individu. dari semua segi kehidupan manusia dengan ciri:  Menyadari sepenuhnya kemampuan dirinya  Mampu menghadapi stress kehidupan secara wajar  Mampu bekerja produktif dan memenuhi kebutuhan hidupnya  Dapat berperan serta dalam lingkungan hidup 4 . Kesehatan Jiwa  Kondisi mental sejahtera.

5 .

Psikososial Ggn Jiwa 6 . RENTANG SEHAT SAKIT KESEHATAN JIWA ADAPTIF MALADAPTIF Sehat Jiwa Mas.

 Bertanggung jawab terhadap keputusan dan tindakan yang diambi  Mempunyai persepsi yang realistik dan menghargai perasaan serta sikap orang lain  Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. 7 . berkembang dan mencapai aktualisasi diri  Mampu mengatasi stress atau perubahan pada dirinya. Sehat Jiwa  Perilaku sesuai  Pikiran dan persepsi logis  Emosi konsisten  Bersikap positif terhadap diri sendiri  Mampu tumbuh.

Masalah Psikososial  Setiap perubahan dalam kehidupan individu baik yang bersifat psikologis ataupun sosial yang mempunyai pengaruh timbal balik dan dianggap berpotensi cukup besar sebagai faktor penyebab terjadinya gangguan jiwa (atau gangguan kesehatan)  Atau sebaliknya masalah kesehatan jiwa yang berdampak pada lingkungan sosial. 8 .

9 . Masalah Psikososial  Cemas. otot tegang. takut  Mudah tersinggung dan mudah merasa kecewa  Sulit konsentrasi  Bersifat ragu-ragu/merasa rendah diri  Pemarah dan agresif  Reaksi fisik seperti : jantung berdebar.  Sakit kepala  Pikiran kadang menyimpang  Reaksi emosional berlebihan  Perilaku kadang tidak sesuai  Menarik diri. khawatir berlebihan.

fisik dan sosial. yang menimbulkan penderitaan pada individu bahkan keluarga dan masyarakat dan atau hambatan individu dalam melaksanakan peran sosial. 10 . Gangguan Jiwa  Suatu perubahan-perubahan akibat masalah (bio-psycho-sosial-cultural) yang menyebabkan adanya gangguan pada fungsi jiwa.

Ciri-ciri Gangguan Jiwa  Halusinasi  Marah tanpa sebab  Mengurung diri  Bicara kacau  Bicara sendiri atau bicara kacau  Tidak mampu merawat diri  Waham  Perilaku Bisarre  Ketidakmampuan mengendalikan emosi 11 .

NURSING VS MEDICINE MODEL OF CARE NURSING MEDICINE Etiology : Etiology: Vulnerability Cause Assessment : Assessment: Risk Factors Disease Diagnosis: Diagnosis: Human Responses Health Problems Nursing Care Medical Treatment 12 .

PERAN DAN FUNGSI PSYCHIATRIC NURSE  Psychiatric nursing dianggap sebuah profesi sejak akhir abad ke-19 dan sejak awal abad ke 20 profesi tersebut muncul sebagai spesialisasi dengan peran dan fungsinya yang unik.Psyhiatrist psychologist social workes dan marriage dan family therapist 5/30/2018 13 .  Praktek psyhiatric nursing kontemporer.

kelompok dan masyarakat 14 . 1998)  Klien dari psyhiatric nurse : individual. Lanjutan  Psyhaitric nursing is an interpersonal process that promotes and maintaining patient behavior that contributes to integrated fungtional (Stuart dan Sundeen. keluarga.

Menggunakan pengetahuan dari blophysical.Phylosophical belief of Nursing Practice . psychosocial. Praktek keperawatan jiwa pada akhir-akhir ini mengacu pada sejumlah premise atau kepercayaan sebagai berikut : . Science teory personality dan human behavior .Pemilihan dari model -model konseptual  Era globalisasi 15 .

promote vocational. Tertier : -Residual impairment or disability. Sekunder : Illness by eart detection dan treatment of the problem. dan rehabilitation. Primer : Insiden gangguan jiwa. home visit. illness prevention dan penyuluhan 2. Skreening. praktek harus dapat dipertanggungjawabkan karena nurse-patient relationship berubah menjadi nurse-patient partnership yang mengembangkan peran dari perawat jiwa profesional yang elemennya terdiri dari :  Tingkat Pencegahan 1. and crisis intervention 3. health promotion.-Organisation after care programeProviding partial hospitalization 5/30/2018 16 .

 Pada 1994. Perawat Generalis Kesehatan Jiwa-Psikiatrik 1. Fungsi a. the Coalition of Psychiatric Nursing Organizations dan ANA bersama-sama menerbitkan deskripsi dua tingkat praktik. Gelar yang didapat setelah sertifikasi ini adalah RN. kelompok dan komunitas untuk mengkaji kebutuhan kesehatan jiwa. 2.C. yaitu praktik umum dan spesialis. 5/30/2018 17 . Pendidikan yang dibutuhkan adalah sarjana keperawatan. Perawat generalis bekerja dengan individu. merencanakan. keluarga. A. 3. Sertifikasi adalah proses formal yang diatur oleh the American Nurses Credentialing Center (ANCC) yang memvalidasi kompetensi klinis. dan mengimplementasikan serta mengevaluasi asuhan keperawatan. mengembangkan diagnosis.

penyuluhan klien dan membantu mereka dalam aktivitas perawatan diri. krisis dan konseling. skrining dan evaluasi masukan.. Perawat generalis kesehatan jiwa psikiatrik menggunakan intervensi-intervensi yang mencakup peningkatan dan pemeliharaan kesehatan. pemberian dan pemantauan program pengobatan psikobiologik.  Perawat spesialis 5/30/2018 18 . serta aktivitas program outreach di rumah dan di komunitas. b. penyediaan lingkungan yang terapeutik(mis. terapi milieu). intervensi. manajemen kasus.

19 .