You are on page 1of 16

FAKTOR-FAKTOR YANG

MEMPENGARUHI KEHAMILAN

Himiah Yuliana, Amd. Keb

 Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang faktor Psikologis pada ibu hamil dengan benar tanpa melihat catatan. OPS  Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Gaya Hidup yang mempengaruhi Ibu Hamil tanpa melihat handout secara baik dan benar sesuai dengan penjelasan yang diberikan.  Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Stresor internal dan eksternal dengan benar tanpa meliahat hand out .

2008 3. Jakarta Timur. Ari sulistyawati. Salemba medika . Bina Pustaka. MKM 2009. Buku Perawatan Ibu Hamil Yogyakarta : Fitra Maya. S. Ilmu Kebidanan. suhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta. SST 2008. 2. 2009. Jakarta. 4. Yuni Kusmiyati. Ai Yeyeh Rukiah.1. Buku Asuhan Kebidanan 1(Kehamilan ).SiT. Prawirohardjo.

A. Gaya Hidup Selain pola makan yang dihubungkan dengan gaya hidup masyarakat sekarang. ternyata ada beberapa gaya hidup lain yang cukup merugikan kesehatan seorang wanita hamil .

yang membahayakan kehamilan dan ada takhayul atau yang mendukung terhadap pemeliharaan kepercayaan kesehatan selama hamil. Mitos. Kebiasaan salah satu kebiasaan yang minum jamu beresiko bagi wanita hamil. takhayul atau kepercayaan tertentu sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan adat istiadat tertentu . karena efek minum jamu dapat membahayakan tubuh kembang janin Perlu dikaji ada beberapa mitos tertentu 2. Mengenai tertentu mitos. Minum jamu merupakan 1.

Pekerjaan aktivitas bagi ibu hamil bukan atau aktivitas hanya pekerjaan luar rumah sehari-hari atau institusi tertentu. Berdasarkan konsep evidence bahwa ibu hamil tidak harus menghentikan aktivitas seksual ataupun secara khusus mengurangi 3.Selanjutnya………. Bahkan ada sebagian kalangan yang menganggap bahwa hal ini tabu untuk dibicarakan Menurut analisis profesioanal bahwa maksud pekerjaan atau 4. Mengenai aktifitas seksual jarang sekali diklarifikasi ataupun didiskusikan dengan ibu hamil. Aktivitas seksual aktivitas seksual. termasuk pekerjaan sehari-hari dirumah dan mengasuh anak .. tetapi juga pekerjaan atau aktifitas sebagai ibu rumah tangga didalam rumah.

Exercise atau senam hamil Senam hamil atau latihan memberi keuntungan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan fisik ibu hamil. mengurangi keluhan kram atau pega- pegal. memperlancar peredaran darah. . aktivitas otot dan panggul untuk menghadapi proses persalinan. 5. dan mempersiapkan pernafasan.

. Faktor psikologis Status emosional dan psikologis ibu turut menetukan keadaan yang timbul sebagai akibat atau diperburuk oleh kehamilan sebagai proses fisiologi menjadi kehamilan patalogis. B.

Faktor psikologi yang dapat mempengaruhi kehamilan diantaranya : 1 .

.

DUKUNGAN KELUARGA Dalam menjalani proses itu. ibu hamil sangat membutuhkan dukungan yang intensif dari keluarga dengan cara menunjukan perhatian dan kasih sayang .SELANJUTNYA. 3..

Penyalahgunaan 0bat Pasien dengan riwayat ini biasanya tumbuh dengan kepribadian yang tertutup.4. .

. Kekerasan yang dilakukan oleh pasangan ( Partner Abuse) Setiap bentuk kekerasan yang dilakukan oleh pasangan harus selalu diwaspadai oleh tenaga kesehatan jangan sampai kekerasan yang terjadi akan membahayakan ibu dan bayinya.5.

Faktor stressor internal dan Eksternal .c.

dan kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh pasangan. merokok. kebiasaan bergadang. penyalahgunaan obat.  Faktor psikologis yang terjadi pada ibu hamil terdiri dari faktor stressor internal. berpergian jauh minum jamu-jamuan.  Ada 2 macam stressor yang mempengaruhi ibu hamil yaitu faktor stresor internal dan faktor stresor eksternal . faktor stressor eksternal. dukungan keluarga. KESIMPULAN  Faktor yangmempengaruhi gaya hidup pada ibu hamil yaitu pola makan yang tidak teratur.

TERIMA KASIH .