You are on page 1of 15

VITAMIN LARUT LEMAK

VITAMIN A, E DAN K

REVIEW ARTIKEL ILMIAH Pilih 3 artikel ilmiah (Jurnal) untuk di review 01 Bahas tujuan dan metode dalam jurnal 02 Bahas hasil dan ilmu baru 03 Kritik kelemahan dan kekuatan 04 Kritik untuk perbaikan tulisan 05 .

STATUS VITAMIN A. status • Menggukan metode Cross Sectional vitamin A dan status gizi subjek Study • Mengidentifikasi karakteristik anak dan • Menetapkan beberapa kriteria guna keluarga penilaian subjek untuk mendapatkan • Mengidentifikasi konsumsi pangan. hasil penelitian status gizi dan status vitamin A subjek • Jumlah subjek 31 anak sekolah dasar • Menganalisis hubungan tingkat usia 7-9 tahun yang merupakan siswa kecukupan energi dan protein dengan aktif di kelas 2 dan 3 status gizi subjek • Data yang digunakan adaah data • Menganalisis hubungan tingkat primer dan data sekunder kecukupan vitamin A dengan status • Analisis data menggunakan uji korelasi vitamin A subjek Pearson dan Spearman • Menganalisis hubungan status gizi dengan status vitamin A subjek . JURNAL VITAMIN A ASUPAN VITAMIN A. KABUPATEN BOGOR Tujuan Metode • Mempelajari asupan vitamin A. DAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN LEUWILIANG.

Karena di dalam data Karena kondisi status gizi status social ekonomi. kami Tidak ada hubungan yang memperoleh pengetahuan Berdasarkan studi korelasi signifikan antara tingkat bahwa status Vitamin A yang dilakukan tidak kecukupan Vitamin A pada seorang lebih di terdapat hubungan yang dengan status Vitamin A. Status Vitamin A dengan status Vitamin A Berdasarkan jurnal yang dengan Status Gizi kami baca. dominasi oleh factor signifikan antara ketiga Karena status Vitamin A kebiasaan dan factor factor tersebut dengan anak dipengaruhi ekonomi. kesehatan dan subjek sebagian besar keluarga. ketersediaan cadangan Vitamin A dalam Vitamin A pada seseorang. status gizi. asupan Vitamin tingkat kecukupan gizi dipengaruhi factor social A yang cukup dan tidak mempengaruhi status ekonomi. beberapa factor antara lain. pangan sumber vitamin hati dan energi serta factor . Hasil Penelitian Hubungan Tingkat Hubungan tingkat Ilmu baru yang diperoleh Kecukupan Energi. status gizi. kecukupan Vitamin A Protein.

pembaca.Kelemahan dan Kekuatan Jurnal Kekurangan Kelebihan Tidak focus menggunakan satu Data yang disajikan tiap factor penelitian karena di akhir jurnal penelitian dilengkapi oleh table disebutkan bahwa dalam untuk memperjelas penelitian ini juga menggunakan metode recall Vitamin A Kekurangan Kelebihan Tidak terfokus pada status Menyajikan hubungan korelasi Vitamin A pada subjek antara factor kelebihan dengan Antara table dan penjelasan fariabel dependen (status gizi dalam jurnal terkadang tidak dan status Vitamin A) dengan sama sehingga membingungkan Bahasa yang mudah dipahami. .

Kritik untuk Perbaikan Tulisan Kritik Metode Cross Sectional Study yang digunakan sebagai metode dalam penelitian di jurnal ini kurang dijelaskan bagaimana prosesnya sehingga dapat menggambarkan hasil data yang diperoleh oleh peneliti. Saran Metode Alangkah lebih baiknya menggunakan Studi Cross Sectional di bandingkan recall karena pada study crossectional beberapa fariabel dalam satu waktu tertentu untuk merumuskan hipotesis hubungan kausalnya. Hasil Hasil data yang disuguhkan tidak sesuai dengan kriteria awal yang ditetapkan sehingga simpulan hasil pun tidak sesuai dengan data yang ada. Sedangkan metode recall merupakan nilai yang menunjukan perolehan hasil dengan membandingkan factor independent dengan factor dependen. .

lembar pengumpul data dan kemudian dilakukan pengolahan data secara deskriptif . JURNAL VITAMIN D Kadar Serum Vitamin D (25[OH]D) pada Pasien Dermatitis Atopik (Serum Level of Vitamin D (25[OH]D) in Patient with Atopic Dermatitis) Tujuan Metode • Menjelaskan Pengertian vitamin • Menggukan metode observasional D dan penyakit DA deskriptif dan potong lintang • Menganalisis hubungan vitamin • Hasil pemeriksaan kadar serum D dengan penyakit Dermatitis Ato vitamin D (25[OH]D) dicatat pada pik (DA).

kami upakan keradangan kulit kr Hubungan antara DA memperoleh pengetahuan onis. berulang. dan disertai dengan vitamin D. tidak hanya pada monosit tetapi juga di dalam keratinosit . vitamin D dapat jenis kelamin perempuan meningkatkan ekspresi lebih banyak daripada Vitamin D merupakan AMP dan mencegah infeksi lakilaki. yang mengekspresikan rendah cathelidin. Serta Defisiensi imunomodulator dan pada kulit. dan merupakan regulator utama Vitamin D (25[OH]D) yang mengurangi inflamasi. Hasil Penelitian Pengertian vitamin D Hubungan vitamin D Ilmu baru yang diperoleh dan penyakit DA dengan penyakit Dermatitis Atopik (DA Berdasarkan jurnal yang Dermatitis Atopik (DA) mer kami baca. yaitu bahwa pasien DA dengan rasa gatal. vitamin D dapat terjadi berperan penting dalam Penelitian menunjukkan pada pasien DA dengan patogenesis DA yang bentuk aktif vitamin D kadar serum menghambat infeksi.

vitamin D dapat terjadi pada pasien DA dengan kadar serum Vitamin D (25[OH]D) yang rendah.Kelemahan dan Kekuatan Jurnal Kekurangan Kelebihan belum dilengkapi keterkaitan Data yang disajikan tiapr dengan derajat keparahan DA penelitian dilengkapi oleh table yang lebih lanjut untuk memperjelas serta dilengkapi dengan diagram Box- Plot Vitamin D Kekurangan Kelebihan Hubungan vitamin D dengan Penelitian ini memberikan hasil penyakit DA yang dipaparkan bahwa defisiensi penelitian lain. .

Karena masih ada kekurangan penelitian lebih lanjut. serta jelaskan secara singkat bagaimana metode tersebut dapat menghasilkan data terhadap penelitian yang anda lakukan Hasil Hasil data atau leteranganya kurang sesuai dengan tujuan awal. Saran Metode Alangkah lebih baiknya penelitian ini terus berkelanjutan dengan metode-metode yang lebih dimantapkan dengan desain yang lebih baik supaya hasilnya dapat maksimal.Kritik untuk Perbaikan Tulisan Metode Apakah metode observasional deskriptif dan potong lintang sudah maksimal hasilnya. .

Djamil Tujuan Metode • Mengetahui gambaran pendarahan • Menggukan metode Deskriptif intrakranial paada perdarahan akibat Retrospektif defisiensi Vitamin K di Bangsal Anak • Data yang digunakan adalah data data RSUP Dr. M. • Mengidentifikasi karakteristik bayi M. Djamil • Analisis data dengan menentukan presentase masing-masing variable yang diteliti . M. JURNAL VITAMIN K Gambaran Perdarahan Intrakranial pada Perdarahan akibat Defisiensi Vitamin K (PDKV) di RSUP Dr. Djamil sekunder dari rekam Medis RSUP Dr. Djamil • Sampel yang digunakan adalah data reka medis seluruh pasien yang dirawat di RSUP Dr. M.

Usia paling banyak yaitu lahir relative kekurangan 8 hari – 6 bulan dan . Hasil Penelitian Ilmu baru yang diperoleh . Sehingga pemberian profilaksis Vitamin K saat lahir dapat mencegah perdarahan intrakranial .Terdapat 32 bayi yang . kami diantaranya melakukan diberikan Vitamin k memperoleh pengetahuan persalianan spontan profilaksis pada saat bahwa bayi baru lahir .Hampir semua bayi mengalami perdarahan diberikan Asi tetapi Berdasarkan jurnal yang intrakranial dan 27 hanya 4 bayi yang kami baca.Terdapat 28 bayi pulang Vitamin K karena berbagai terjadi terbanyak pada setelah diberikan alasan. Defisiensi Vitamin laki-laki perawatan dan 4 bayi k dapat menyebakan meninggal dalam perdarahan pada bayi dan perawatan meningkatkan resiko perdarahan intrakranial.

Kelemahan dan Kekuatan Jurnal Kekurangan Kelebihan Tidak dijelaskan alasan Data yang disajikan tiap factor mengapa variable jenis kelamin penelitian dilengkapi oleh table yaitu pada bayi laki-laki lebih untuk memperjelas sering mengalami perdarahan intrakranial Vitamin K Kekurangan Kelebihan Terdapat table tetapi tidak Hasil Penelitian yang dilakukan dilengkapi grafik sehingga sejalan dengan hasil penelitian menyulitkan pembaca untuk yang pernah dilakukan mengetahui hasil penelitian sebelumnya mengalami penurunan atau penaikan dalam periode yang ditentukan .

.Hasil data bisa ditambah penjelasan hubungan antara tiap variable dan perdarahan intrakranial.Bisa menambahakan grafik agar lebih memudahkan pembaca dalam membaca hasil penelitian mengalami penurunan atau kenaikan .Kritik untuk Perbaikan Tulisan .Variabel bisa lebih di fokuskan pada beberapa factor agar bisa lebih dijelaskan hubungannya .

Thank you .