You are on page 1of 9

PLANNING MEMBUKA BISNIS

APOTEK

ELVA RIANI
KHGA 15061

sudah saatnya para apoteker bertindak sebagai PSA. sehingga tidak hanya memikirkan bisnis semata melainkan adanya peningkatan peranan apoteker di apotek sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas. manajemen apotek maupun kewirausahaan jadi sebetulnya tinggal keberanian untuk mengambil resiko yang harus dilatih dari setiap diri apoteker untuk menjadi PSA sekaligus APA.Sebagai seorang apoteker sebetulnya secara teoritis sudah memiliki dasar untuk membuka sebuah apotek baik itu ilmu kefarmasian. .

Lokasi lokasi di pinggir jalan kota/kabupaten/kecamatan atau di dalam komplek sangat mempengaruhi omzet penjualan langsung ke konsumen (obat bebas/OTC).1. biasanya senioritas para dr spesialis ini masih terjaga klo ada yang lebih senior yang yunior biasanya ga mau praktek deket2 seniornya. apalagi dr spesialis harus di perhatikan disekitar lokasi ada dr spesialis jg ga. dan lokasi sedikit mempengaruhi para dokter untuk mau ikut praktek di apotek tsb. .

prosentase 20%. termasuk operasional air.2. bagaimana caranya survei harga obat pesaing. nah jumlah perkiraan operasional apotek pesaing dikali aja perkiraan prosentase keuntungan apotek tersebut. kita bisa estimasi dari perkiraan biaya operasionalnya coba saja cari tahu berapa jumlah pekerjanya. syrup dan antibiotik. nah klo pengen tahu berapa omzet minimal apotek tersebut. Survei Pesaing Artinya kita harus punya nilai lebih dengan apotek atau toko obat di sekitar. jangan salah ada beberapa konsumen beda 100 rupiah pun dikejar (usahakan buat harga jangan dibulatkan). berarti omzet minimalnya 100/20 x 3 jt = 15jt perbulan . apalagi nilai tambah ada obatnya murah. listrik tentunya kita harus mengetahui berapa standar gaji APA. coba random saja beli obat bebas tablet. telp. misalkan operasional 3 jt. AA dan pekerja lainnya.

Modal – Perizinan Perizinan membuat SITU sekitar 1jtan tergantung daerahnya. perizinan apotek (bisa dibaca dipostingan sebelumnya) estimasi sekitar 3jtan. syukur2 udah ada. timbangan dll) – Etalase Etalase lumayan mahal ya termasuk lemari2nya. (buku dan alat2 yang sesuai UU beli atau pinjam seperti tabung pemadam.3. . estimasi 7-10jt yang sederhana.

minimal 1 box. cuman sebaiknya kerjasama dengan apotek lagi karena kalo PBF kecuali syrup dan salep tidak bisa beli satuan. sewa tempat selama belum menghasilkan laba) Jangan lupa sediakan modal minimal untuk 6 bulan kedepan. estimasi 10 jt. itulah jumlah modal yang harus disediakan. telpon. kita harus bisa mengkalkulasi berapa sebulan pengeluaran operasionalnya.listrik. beli dengan jumlah per item sedikit maksimal 2 fls/strp. dengan cara ini biaya pengadaan obat 15-20jt Cukup lengkap – Operasional (karyawan. caranya bisa saja menggunakan nama apotek teman yang sudah diberikan kredit oleh PBF. air.– Pengadaan obat-obatan Nah obat2an bisa kredit asalkan sudah punya chanel dengan PBF atau Apotek. kalo merintis sendiri tentunya modal operasional bisa ditekan . Kalo tidak memiliki kenalan saran saya cari apotek disekitar sodara yang paling murah. dikali 6. biasanya 1 bulan pembayarannya.

Strategi pengembangan apotek Pada dasarnya Omzet apotek ada dua sumber. dari sales) nah dua sumber omzet inilah yang harus kita pikirkan bagaimana cara meningkatkannya.4. . saran saya sumber penjualan langsung dari luar walaupun bisa kita tingkatkan tp peranan lokasi sangat berperan jadi hemat saya sebaiknya kalo mau mendirikan apotek fokus pengembangannya adalah sumber dari dalem alias gimana caranya apotek ini bisa hidup dengan jemput konsumen tidak menunggu konsumen. sumber penjualan langsung dari luar (omzet dari konsumen yang memang niat ke apotek untuk beli obat atau dari resep dokter yg berada diluar apotek) dan sumber dari dalam (dari resep dari praktek dr di apotek.

Hati2 dalam bermain kredit 3. Anasisis perkembangan apotek selama 6-12 bulan. Lokasi sangat menentukan strategi apa saja bisa kita lakukan untuk meningkatkan omzet 7. karena sistem kredit sebulan walaupun ke PBF qt bisa kredit sebulan.1. kerjasama dengan industri. Yang ini memang butuh modal besar. tapi harus punya dana cadangan minimal dalam tempo sebulan . Promosi itu penting. Biasanya dalam jangka waktu 6 bulan kita sudah bisa memprediksi obat apa saja yang sering keluar 4. buat grafik 5. dan promosi dari (m2m) mulut ke mulut adalah paling jitu 8. Dalam jangka waktu 6 bulan qt sudah tau sumber2 PBF dan subdis PBF yang murah2 2. Usahakan alias diwajibkan punya dr praktek untuk mendongkrak omzet dari dalam 6. BUMN dll. pemerintahan.